Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu

Mengkudu atau yang juga disebut dengan noni ternyata memiliki berbagai macam khasiat yang berguna bagi kesehatan. Meskipun bentuknya kurang menarik, ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Manfaat mengkudu ini sangat banyak sekali terutama bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, mengkudu sering dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, tumor dan jenis penyakit lainnya. Buah mengkudu ini berbentuk lonjong, berwarna hijau dan terdapat bintik bintik kecil berwarna coklat di seluruh bagian kulitnya. Untuk pohonnya sendiri bervariatif, mulai dari 4 sampai 8 meter tingginya.

Kandungan mengkudu, menurut penelitian sangatlah beragam, namun rata-rata merupakan senyawa organik atau nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

manfaat buah mengkudu

Kandungan Buah Mengkudu

1. Senyawa Terpenoid

Ini adalah senyawa hidrokarbon isometric yang juga ditemukan pada lemak esensial. Senyawa ini sangat berguna bagi tubuh untuk membantu proses sintesa organic serta memulihkan kondisi sel.

2. Zat anti bakteri

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu atau pace atau noni mengandung banyak sekali senyawa anti bakteri. Beberapa di antara zat anti bakteri tersebut ternyata mampu membantu tubuh untuk mengontrol keberadaan dan aktivitas dua jenis bakteri pathogen yang mematikan, yakni shigella dan salmonella. Hal ini berarti, pace atau mengkudu sangat baik jika digunakan untuk merawat infeksi pada kulit, demam, pilek serta berbagai masalah kesehatan utamanya yang disebabkan oleh bakteri.

3. Beberapa macam asam

Asam askorbat adalah sumber dari vitamin C yang berarti adalah sumber dari senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kemudian, terdapat pula asam kaprik, kaproat dan kaprilat yang tyermasuk ke dalam golongan asam lemak.

4. Bermacam zat scopoletin

Zat Scopoletin adalah zat yang dipercaya mampu mengikat serotonin yang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Scopoletin ini juga berkhasiat untuk membuka kembali pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Di samping itu, senyawa ini juga diketahui mampu membunuh beberapa jenis bakteri yang merugikan kesehatan serta memiliki sifat anti inflamasi atau radang.

5. Zat Damnacanthal

Buah yang dikenal memiliki bau yang tidak sedap dan cenderung busuk ini ternyata memiliki zat-zat damnacanthal atau anti-kanker. Bahkan di antara berbagai macam tumbuhan, penelitian menemukan bahwa mengkudu memiliki efektifitas yang lebih baik dalam melawan keberadaan sel-sel kanker.

6. Xeronin dan proxeronin

Xeronin adalah salah satu jenis alkaloid penting yang merupakan salah satu kandungan mengkudu. Zat ini berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim di dalam tubuh manusia serta mengatur fungsi protein yang terdapat di dalam sel. Penelitian menemukan bahwa memang mengkudu mengandung jumlah xeronin yang terbilang cukup sedikit tetapi di lain pihak justru memiliki bahan-bahan pembentuknya atau disebut proxeronin dalam jumlah besar. Proxeronine ini adalah sejenis asam koloid yang sama sekali tidak mengandung unsur gula, asam nukleat atau asam amino. Konsumsi proxeronine dalam jumlah besar maka juga akan meningkatkan jumlah xeronine di dalam tubuh.

Khasiat & Manfaat Buah Mengkudu

Nah apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah mengkudu ini, silahkan baca lebih lanjut penjelasannya di bawah.

Buah mengkudu memiliki rasa dan bau yang kurang enak, namun manfaat dari buah mengkudu lebih besar pengaruhnya dan karena itulah kebanyakan dari orang yang mengkonsumsinya diolah menjadi sebuah jus segar dan nikmat.

Manfaat Mengkudu :

  • Mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita karena kaya akan anitoksidan alami.
  • Membantu mencegah akan menyebarnya sel sel kanker.
  • Mampu mencegah tumor.
  • Membantu mengobati sakit perut, batuk dan juga demam.
  • Sebagai obat pereda rasa nyeri.
  • Merupakan salah satu zat anti bakteri.
  • Membantu menormalkan tekanan darah.
  • Sebagai zat anti peradangan dan anti alergi.
  • Membantu mengatur fungsi sel sel dalam tubuh.
  • Membantu regenerasi sel sel jaringan tubuh yang rusak.

Itulah beberapa manfaat dari buah mengkudu yang bisa kita dapatkan. Di balik bentuknya yang jelek dan kurang bagus terdapat banyak manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Cara Kerja Jus Mengkudu Dalam Melawan Penyakit

Jika Anda ingin menjaga kesehatan sebenarnya caranya sangat mudah yaitu hanya perlu mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup serta rajin berolahraga. Jika perlu Anda bisa menambahkan suplemen makanan kedalam menu sehat sehari – hari.

Saat ini ada banyak sekali jenis suplemen kesehatan yang beredar di pasaran. Kebanyakan suplemen menggunakan bahan kimia buatan yang cenderung kurang sehat jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Meski demikian, menggunakan bahan-bahan alami sejauh ini dipercaya sebagai cara yang paling aman. Berkaitan dengan mengkudu, kita bisa mengkonsumsi buahnya langsung ataupun berupa jus mengkudu.

Berikut ini adalah cara kerja jus mengkudu dalam menjaga kesehatan Anda:

  1. Jus mengkudu mengandung senyawa aktif Alkaloid Proxeroninya. Zat ini merupakan senyawa khusus yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel – sel abnormal yang merupakan penyebab utama penyakit tumor dan kanker.
  2. Jus mengkudu mengandung senyawa proseronin yang snagat bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada pancreas. Pancreas merupakan organ utama dalam tubuh yang berfungsi menghasilkan insulin yang berperan aktif dalam menjaga kadar gula dalam darah serta memecah gula darah menjadi energi. Jus mengkusu bisa merevitalisasi sel – sel rusak pancreas sehingga organ ini bisa kembali bekerja secara maksimal kembali.
  3. Cara kerja jus mengkudu selanjutnya adalah menjaga kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengkudu terbukti ampuh dalam menrunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol ini merupakan penyebab utama dari beberapa penyakit berbahaya seperti jantung koroner hingga stroke.
  4. Jus buah mengkudu juga bisa Anda konsumsi secara rutin untuk menjaga vitalitas dan kesegaran tubuh. Dalam jus mengkudu terdapat senyawa adaptogini yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan, vitalitas, stamina, serta kesegaran tubuh sehingga Anda bisa beraktifitas dengan lancar tanpa gangguan kesehatan atau kelelahan.

Asam Amino Dalam Buah Mengkudu dan Manfaatnya

Jenis asam amino pada buah mengkudu sangatlah kompleks. Beberapa jenis asam amino bermanfaat dalam tubuh.

Mari kita lihat manfaat kesehatan apalagi yang bisa Anda nikmati dalam kandungan buah mengkudu ini!

  • Isoleusin; Isoleusin terkait dengan produksi glukosa dan digunakan dalam pengobatan penyakit hati atau gagal ginjal.
  • Leusin; Asam amino ini berperan dalam produksi energi, metabolisme otot dan manajemen stres. Ketika ada kelaparan atau trauma fisik, asam amino ini diperlukan dalam jumlah yang lebih tinggi. 5% pasien Parkinson merespon dengan baik terhadap penggunaan dosis tinggi dari leusin yang menurunkan kadar dopamin otak. 95% pasien yang mengambil sari buah Mengkudu menunjukkan peningkatan kadar dopamin, sehingga pasien mengalami kemudahan dalam bergerak dan mengucap yang merupakan gejala lain dari penyakit Parkinson. Leusin juga membantu pertumbuhan anak dan penyembuhan luka fisik.
  • Asam Amino!Lisin; Lisin adalah asam amino utama yang diperlukan untuk produksi elastin dan kolagen – jaringan ikat. Ini juga merupakan komponen hormon yang bertindak sebagai pengikat vitamin B pada enzim, dan merupakan komponen penting dari materi genetik dalam sel juga dapat membantu penyembuhan infeksi herpes.
  • Metionin; Metionin mendukung detoksifikasi hati dan sering digunakan dalam terapi pendukung hati. Hal ini diperlukan untuk pembentukan asam nukleat, protein, kolagen, lesitin dan antibodi dalam tubuh. Metionin adalah agen antioksidan dan ini sangat signifikan dalam produksi neurotransmitter asetilkolin juga hormon adrenalin.
  • Asetilkolin; Asetilkolin adalah zat yang digunakan saraf untuk mengirimkan impuls pada satu sama lain. Adrenalin adalah stimulan yang paling ampuh pada tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung, pernapasan, juga sejumlah fungsi tubuh lainnya dalam merespon stres mendadak.
  • Fenilalanin; Fenilalanin dibutuhkan untuk membuat dopamin, noradrenalin, tiroksin dan melanin. Penurunan kadar noradrenalin di otak akan menyebabkan depresi dan kelelahan. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu menyaring sinar ultra-violet. Fenilalanin juga dikenal sebagai analgesik yang merupakan pereda nyeri, dan meningkatkan sekresi asam lambung dalam membantu pencernaan.
  • Prolin; Komponen asam amino utama ini membantu produksi jaringan ikat. Jaringan ikat membentuk lapisan dermis pada kulit, tendon, ligamen, tulang rawan dan matriks tulang.
  • Serine; Serin adalah neurotransmitter yang mengurangi rangsangan saraf tulang belakang dan merupakan komponen utama dari zat penting pada otak. Serin membungkus dan melindungi isi sel dan penting untuk struktur membran sel. Ini mengatur masuk dan keluarnya berbagai zat kimia yang dibutuhkan sel (excretes). Hal ini memungkinkan keutuhan struktur membran, fleksibilitas dan integritas sel.
  • Treonin; Asam amino ini bertindak tembok penghalang bagi glycine dan serin. Juga diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan normal.
  • Triptofan; Asam amino ini umumnya digunakan untuk mengobati depresi, terutama jika insomnia adalah faktor utamanya. Triptofan juga diperlukan untuk memproduksi vitamin B, hormon melatonin dan serotonin, serta merangsang sintesis protein. Serotonin mengatur selera/keinginan dan tidur. Kekurangan neurotransmitter ini dikaitkan dengan agresi, depresi dan gangguan obsesif-kompulsif. Melatonin mengatur siklus tidur kita.
  • Tirosin; Seperti Triptofan dan Fenilalanin, tirosin digunakan untuk mengontrol depresi. Zat ini menciptakan hormon tiroid, hormon adrenal, dopamin, noradrenalin dan melanin. Ini juga membantu pigmentasi kulit, mengatur tekanan darah dan meningkatkan konsentrasi.
  • Valin; Asam amino ini membantu mempertahankan selubung myelin di sekitar saraf dan merupakan salah satu asam amino penting untuk produksi energi dan perbaikan pada otot.

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Kulit

Miranda May Kerr adalah model asal Australia. Miranda dikenal oleh publik semenjak ia menjadi salah seorang Victoria’s Secret Angels, Miranda sendiri ialah orang Australia pertama yang berpatisipasi dalam iklan Victoria’s Secret. Miranda Kerr mengungkapkan bahwa buah noni atau mengkudu sebagai rahasia kecantikannya.

Buah yang berasal dari kawasan Pasifik Selatan, atau lebih tepatnya di Asia Tenggara ini, diyakini sangat ampuh sebagai antioksidan dan mengandung hampir 170 vitamin dan mineral. Miranda mengaku, sejak usia 14 tahun ia sudah kerap meminum Noni Juice yang terbuat dari buah mengkudu murni. Buah mengkudu merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m dengan tinggi pohon mencapai 3-8 meter, serta memiliki bunga bongkol berwarna putih.

Miranda mengatakan dirinya dulu sangat tergantung pada minuman jus dari buah mengkudu tersebut. “Rasanya dulu, sehari tidak minum, ada yang kurang dan tidak bisa hidup tanpa itu,” ujarnya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa buah yang baunya tidak sedap ini memiliki banyak sekali manfaatnya? Hal ini sudah di buktikan oleh beberapa penelitian di dunia. Buah mengkudu memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor. Fitokimia (zat-zat kimia alami yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan) memiliki khasiat untuk pencegahan penyakit dan kaya akan kandungan antioksidan.

Mengkudu memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas, beberapa diantaranya hanya terdapat di dalam Mengkudu. Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang mengagumkan. Itulah manfaat mengkudu yang cukup baik untuk kita manfaatkan zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Jus Mengkudu Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak-anak dan Remaja

Mungkin ada yang berpikir bahwa hanya orang sakit saja yang mengonsumsi sari buah Mengkudu atau Noni. Sebenarnya tidak demikian, orang yang berada dalam kondisi sehat bisa juga mengonsumsi sari buah Mengkudu termasuk anak-anak.

Ketika anak-anak memasuki usia belasan akan sangat menguntungkan bila mereka mulai dibiasakan mengonsumsi sari buah Mengkudu setiap hari karena dapat membantu mengatasi banyak proses transisi atau perubahan yang sedang dialami. Jus Mengkudu dapat membantu menghaluskan kulit mereka yang mulai ditumbuhi jerawat, menstabilkan suasana hati (mood), menghilangkan sakit pertumbuhan dan mempercepat masa penyembuhan akibat kecelakaan.

Berapa lama mengonsumsi juga tergantung pada efek positif yang timbul setelah mengonsumsi. Sebagian orang mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan atau bahkan lebih sebelum merasakan efek yang signifikan.

Sebelum mulai mengonsumsi sari buah Mengkudu, sebaiknya dipastikan alasan apa yang memotivasi kita untuk mengkonsumsinya.

Mengkudu Sebagai Obat Kanker Payudara

Penggunaan mengkudu untuk pengobatan kanker akhir-akhir ini semakin populer dengan semakin banyaknya penelitian mengenai manfaat mengkudu untuk kanker.

Tim peneliti Universitas Hawai yang dipimpin Annie Hirazumi mendapati bahwa jus mengkudu meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh (terutama sel makrofag dan limfosit) tikus putih yang diinduksi dengan sel kanker paru Lewis, sehingga mampu bertahan hidup 50 hari lebih. Padahal tikus yang tidak diberi mengkudu hanya mampu bertahan hidup antara 9-12 hari saja. Annie juga meneliti bahwa jus mengkudu bermanfaat untuk mengatasi sarcoma.

Tim peneliti Universitas Negeri Lousiana, AS, yang dipimpin Conrad A. Hornick, Ph.D menemukan bahwa jus mengkudu dalam kadar 10% dapat menghentikan pembentukan pembuluh darah (anti angiogenesis) pada sel kanker payudara dan merusak pembuluh darah kanker yang sudah ada, sehingga sel-sel kanker mati.

Sedang Maria Gabriela Manuele dan kawan-kawan berhasil membuktikan bahwa scopoletin dapat mengaktifkan limfosit sekaligus membasmi sel kanker limfoma.

Tanaman mengkudu memiliki 150 neutraceutical (zat gizi berkhasiat obat), lima di antaranya merupakan zat antikanker:

  1. Polisakarida yang banyak terdapat pada mengkudu mencegah menempelnya sel yang rusak/bermutasi ke sel lain, sehingga dapat mencegah terjadinya metastase.
  2. Damnacanthal, sejenis anthraquinon, menghambat pertumbuhan sel ganas. Alizarin, anthraquinon lain, menghentikan aliran darah ke jaringan tumor, sehingga menghentikan perkembangannya.
  3. Epigollocatechin gallate (EGCg). Antioksidan golongan flavonoid polifenol yang banyak terdapat dalam mengkudu ini mencegah mutasi sel dan menginduksi apoptosis (bunuh diri) pada sel-sel abnormal.
  4. Terpenoid dalam mengkudu mencegah pembelahan sel ganas dan juga menginduksi apoptosis. Salah satu terpenoidnya, limonen, terbukti efektif untuk mengatasi kanker payudara, kanker liver, kanker paru, dan juga leukemia. Terpenoid yang lain, betakaroten, membantu merangsang kelenjar thymus untuk memproduksi lebih banyak sel Limfosit T yang dapat langsung menghancurkan sel kanker. Sedang asam ursolat yang juga golongan triterpenoid dapat mencegah pertumbuhan sel abnormal (kanker) sekaligus menyuruh sel abnormal yang sudah ada untuk bunuh diri (apoptosis).
  5. Menurut hasil penelitian Dr. Heinicke, proxeronine sangat banyak terdapat dalam mengkudu. Di dalam usus proxeronine diubah menjadi xeronine. Xeronine yang juga diproduksi tubuh dalam jumlah terbatas ini dibutuhkan untuk mengaktifkan protein sel sebelum digunakan dalam seluruh proses kimiawi tubuh. Xeronine juga memperbaiki struktur dan menormalkan fungsi sel-sel tubuh yang rusak. Karena pada dasarnya setiap sel mengandung protein, maka kecukupan xeronine dapat memperbaiki segala jenis sel yang tidak normal. Dari sini diperoleh penjelasan, mengapa efek xeronine berbeda pada tiap orang, namun umumnya menunjukkan perbaikan kondisi sesuai penyakit masing-masing.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah mengkudu, konsumsi buah yang sudah tua atau matang, hasil penelitian menunjukan semakin matang maka zat-zat yang bermanfaat semakin bertambah. Diantaranya adanya kandungan senyawa anthraquinone sebagai anti bakteri dan jamur, terpenten berfungsi meremajakan sel tubuh, dammacanthel yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dan melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium pra kanker. Buah berkadar air 52% ini juga menyimpan beragam vitamin, diantaranya asam askorbat, asam kaproat, asam kaprik dan asam kaprilat yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.