Cara Cepat Hamil (Tips Lengkap)

Kehadiran seorang buah hati pasca menikah adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pasangan. Bagaimana tidak, kehadiran buah hati bisa melengkapi perjalanan rumah tangga dan juga membuat kebahagiaan bertambah bagi mereka yang mendambakannya. Sehingga tidak sedikit dari mereka berusaha agar segera mengandung.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kehamilan segera menghampiri. Namun, tidak sedikit yang mengalami kegagalan dan keberhasilan. Oleh karena itu, untuk membuat program kehamilan Anda sukses, maka berikut ini adalah cara cepat hamil yang bisa Anda lakukan.

Cara-cara ini tidak akan berhasil jika hanya sepihak saja yang berusaha. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha dan kerja keras dari Anda dan pasangan.

Mau tahu apa saja cara tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

cara cepat hamil untuk bunda

cara cepat hamil

Mengetahui Masa Subur

Cara yang pertama adalah mengetahui masa subur. Dengan mengetahui masa subur, maka besar kemungkinan Anda akan cepat hamil. Lantas bagaimana, sih, cara mengetahui masa subur Anda? Yaitu dengan cara melakukan perhitungan sebelum dan setelah menstruasi.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui kapan Anda mengalami ovulasi. Ovulasi adalah suatu proses di mana sel telur telah matang dan bergerak ke tuba falopii untuk segera dibuahi oleh sel sperma. Jika tidak ada sel sperma yang membuahi maka inilah yang disebut menstruasi. Di mana sel telur yang telah menempel pada dinding rahim akan meluruh.

Ovulasi terjadi sekitar 12 hingga 14 hari sebelum hari pertama menstruasi. Lamanya hari tersebut sangat tergantung dari siklus menstrusi Anda.
cara cepat hamil untuk bunda

Umumnya, masa subur bisa dihitung dengan mengacu kepada catatan siklus menstruasi Anda. Catatan ini bisa Anda lihat dengan mengecek siklus menstruasi Anda selama delapan bulan terakhir.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin menandai kalender atau membuat catatan untuk jadwal menstruasi Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki catatan seperti itu, maka masa subur bisa diketahui pada 12-16 hari sebelum menstruasi, atau pada hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah menstruasi.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menghitung masa subur Anda dengan cara mengetahui siklus terpendek menstruasi Anda. Misal, jika Anda memiliki siklus sekitar 27 hari, maka angka 27 ini dikurangi dengan 18, hasilnya adalah 9. Angka 9 merupakan hari pertama di mana Anda berada pada masa paling subur.

Selain mengetahui siklus terpendek, ada pula cara dengan mengetahui siklus terpanjang Anda. Caranya sama, yaitu misalnya 30 hari dikurangi dengan 11, maka akan muncul angka 19. Angka 19 ini merupakan hari terakhir saat Anda berada pada masa subur.

Berdasarkan dua perhitungan ini, maka dapat disimpulkan bahwa masa subur Anda berada pada hari ke-9 hingga 19.

Kalkulator Masa Subur

Sebagai bantuan, anda bisa menggunakan kalkulator masa subur di bawah ini untuk memperkirakan kemungkinan hari-hari masa subur anda. Cukup isi dua kolom pertama, dan secara otomatis datanya akan muncul nanti.

Kalkulator Masa Subur

Apa Saja yang Harus Dilakukan saat Melakukan Program Hamil?

Setalah memahami bagaimana cara mengetahui masa subur, maka sebaiknya Anda juga mengetahu apa saja yang harus dilakukan saat melakukan program hamil.

Beberapa hal berikut ini akan sangat membantu rencana Anda untuk memiliki buah hati. Apa saja hal tersebut? Yuk, disimak!

1. Rutin Mengecek Kondisi Kesehatan

Melakukan pengecekan kesehatan adalah hal yang paling penting, lantaran Anda pasti tidak ingin kondisi kesehatan Anda yang terganggu memengaruhi kesehatan kandungan. Oleh karena itu, sebelumnya periksakanlah kondisi Anda.

Serangkaina tes bisa dilakukan seperti tes kadar gula darah, pemeriksaan rahim, pengecekan kesehatan reproduksi, pap smear, fungsi tiroid, dan berbagai tes lainnya yang dianjurkan oleh dokter.

Hal ini berguna untuk mengetahui siap atau tidak siapnya Anda mengandung. Jika misalnya ditemukan beberapa penyakit, maka akan lebih mudah dilakukan pengobatan.

2. Melakukan Hubungan Intim dengan Timing yang Tepat

Sebelumnya, ketahuilah kapan Anda berada pada masa subur. Hal ini sangat berkaitan dengan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim. Jika Anda telah mengetahui kapan masa subur Anda maka cobalah untuk melakukan hubungan seksual pada saat tiga hari sebelum memasuki masa ovulasi, atau bisa juga pada waktu 12 hingga 24 jam setelah ovulasi.

Hal ini mengacu kepada kemampuan sel sperma bertahan hidup di dalam rahim setelah ejakulasi. Sel sperma bisa hidup di dalam rahim selama kurang lebih tiga hari, sedangkan sel telur hanya mampu bertahan satu hari setelah ovulasi terjadi. Sehingga jika Anda melakukan hubungan seksual yang tidak pas pada waktu ovulasi maka sel sperma akan mati sia-sia.

Selain itu, upayakan juga untuk melakukan hubungan seksual sesering mungkin. Tetapi tidak jga secara berlebihan. Idealnya, lakukanlah hubungan seksual sebanyak dua hingga tiga kali salam seminggu.

3. Memerhatikan Asupan Makanan

Dalam melakukan program hamil, asupan makanan merupakan faktor pendukung yang tak kalah pentingnya. Hal ini akan memengaruhi kondisi reproduksi Anda sehingga membuat Anda kuat dan sehat selama menjalani kehamilan nantinya.

Aturlah pola makan yang baik dan konsumsilah jenis makanan yang berguna secara maksimal untuk kesehatan.

Misal, Anda bisa mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seperti yang mengandung asam folat, kalsium, dan zat besi. Di samping itu, hindarilah makanan yang manis, berlemak tinggi, dan yang terlalu asin.

Upayakan untuk menghindari gorengan, dan lebih mengutamakan makanan yang direbus maupun dikukus.

4. Berhenti Merokok

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa merokok pasti akan merusak kesehatan. Terlebih, jika Anda sedang melakukan program hamil.

Baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki kebiasaan merokok pasti akan berdampak buruk terhadap organ-organ dalam tubuh, dan ini juga akan mengganggu kesehatan reproduksinya. Misalnya, pada laki-laki, di mana sel spermanya akan banyak mengalami abnormal.

Tentu saja, akan sangat susah untuk menghentikan hal tersebut, jika merokok telah menjadi kebiasaan. Oleh karean itu, cobalah untuk perlahan menguranginya. Hal ini juga demi mencapai keinginan Anda yang ingin segera memiliki buah hati.

cara cepat hamil untuk bunda

Cara Menjaga Kesuburan Wanita Sebelum Menikah

Pada usia yang masih muda, maka menjaga kesuburan adalah hal yang paling penting, lantaran kesuburan akan menentukan apakah Anda sanggup memiliki buah hati di kemudian hari. Salah satu hal yang mesti dilakukan untuk menjaga kesuburan adalah berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga secara rutin maka bisa dipastikan bahwa tingkat kesuburan Anda tidak bermasalah. Terutama, untuk proses ovulasi.

Dengan berolahraga, akan menjaga bobot tubuh Anda ke ukuran yang ideal. Selain itu, olahraga juga akan membantu menguatkan tulang dan juga otot. Untuk lebih optimalnya, maka lakukanlah olahraga setiap minggu dengan waktu selama satu jam.

Waktu yang Anda habiskan ini bisa mengurangi sebanyak tujuh persen risiko ketidaksuburan.

Selain berolahraga, mengonsumsi vitamin dan makanan yang sehat akan menjaga daya tahan tubuh dan juga memelihara kesehatan rerposuksi Anda. Oleh karena itu, mulailah menjalani gaya hidup sehat mulai hari ini.

Cara Cepat Hamil setelah Menstruasi

Kehamilan setelah menstruasi memiliki tingkat kemungkinan yang tinggi. Hal ini disebabkan lantaran masa subur wanita berada pada saat sebelum dan setelah menstruasi. Oleh karena itu, mengenali siklus menstruasi amatlah penting. Buatlah catatan setiap kali Anda memasuki masa menstruasi sehingga akan semakin memudahkan menghitung masa subur Anda.

Cara berikutnya, yang bisa Anda lakukan agar cepat hamil adalah dengan melakukan hubungan seksual setelah mengetahui bahwa Anda berada pada masa subur. Di samping itu, ketahui juga posisi terbaik dalam melakukan hubungan seksual.

Disarankan untuk wanita melakukan posisi telentang pada saat setelah berhubungan seksual. Hal ini lantaran vagina berada pada posisi miring ke bawah sehingga sel sperma akan lebih mudah mencapai sel telur.

Selain dua hal di atas, agar Anda cepat hamil maka mintalah pada suami untuk tidak memakai pelumas pada saat berhubungan seksual. Hal ini lantaran pelumas memiliki bahan atau zat yang kemungkinan akan merusak keseimbangan pH pada vagina, dan juga akan memengaruhi kualitas sperma. Baik dari segi mobilitas maupun kenormalan bentuknya.

Cara Cepat Hamil Menurut Islam

Beberapa cara agar cepat hamil menurut ajaran islam, akan selalu menyangkut pada berbagai aspek dalam kehidupan. Misal, melalui ikhtiar maupun melakukan zikir.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan, yang tentu saja juga dengan adanya bantuan dokter, serta menjauhi perasaan stres.

1. Berwudhu dan Berdoa

Dengan melibatkan Allah, maka buah hati yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Cara tersebut bisa dilakukan dengan berwudhu terlebih dahulu sebelum berhubungan seksual.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menyucikan diri. Setelah berwudhu, maka panjatkanlah doa dengan tujuan bahwa apa yang Anda lakukan merupakan bagian dari ibadah.

2. Posisi yang Tepat

Maksud dari posisi yang tepat pada poin ini adalah menerapkan posisi di mana peluang bertemunya sel telur dan sel sperma bisa terjadi secara maksimal.

Beberapa posisi yang dianjurkan adalah posisi istri berada di bawah.

3. Menunaikan Salat Sunnah Tahajud secara Rutin

Salat sunnah secara rutin sambil menyebut nama Allah adalah hal yang tidak salah untuk dilakukan. Berdoalah dengan dengan ketulusan, dengan begitu Allah akan melihat kesungguhan Anda.

Salat sunnah yang bisa Anda lakukan adalah salat tahajud, di mana doa-doa akan dikabulkan oleh Allah SWT pada waktu-waktu tersebut.

tips hamil lengkap

Cara Cepat Hamil setelah Keguguran

Kejadian keguguran pada awal kehamilan merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua calon Ibu. Tentu saja kejadian ini akan menimbulkan dampak bagi kesehatan, baik mental maupun fisik. Sehingga tidak sedikit yang membutuhkan waktu lama untuk bisa hamil kembali.

Namun, sebaiknya Anda tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan berusaha untuk mengikhlaskan semua yang terjadi. Bentuk keikhlasan ini bisa berupa tidak gampang menyerah dan segera move on untuk melakukan program hamil lagi.

Lantas, apa saja cara-cara yang bisa dilakukan agar bisa segera hami kembali setelah keguguran? Berikut adalah ulasannya.

1. Obat dan Vitamin

Dokter biasanya akan selalu memberikan obat untuk proses pemulihan dan juga persiapan untuk kehamilan berikutnya. Oleh karena itu, mengonsumsi obat yang sesuai dengan anjuran dokter tidak ada salahnya. Obat tersebut bisa berupa antibitoik maupun antidepresan.

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi vitamin juga. Vitamin berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga akan mengembalikan kesehatan reproduksi Anda setelah mengalami keguguran.

2. Makanan Peningkat Kesuburan

Untuk meningkatkan dan mengembalikan masa subur setelah keguguran, maka Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki dampak untuk kesehatan reproduksi.

Makanan tersebut bisa dari biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, susu, telur, maupun daging segar yang rendah lemak.

3. Olahraga

Cobalah untuk melakukan olahraga yang ringan dan tidak menguras terlalu banyak energi setelah Anda mengalami keguguran. Selain itu, sesuaikan juga kemampuan tubuh Anda dalam melakukan olahraga.

Dengan melakukan olahraga maka akan membuat perasaan Anda lebih rileks dan jauh dari stres. Olahraga ini bisa Anda lakukan di rumah maupun pergi ke gym, seperti yoga maupun jalan sehat.

4. Hindari Kafein dan Rokok

Kafein dan rokok adalah dua hal sangat perlu dihindari untuk wanita hamil maupun setelah hamil, termasuk juga setelah keguguran. Oleh karena itu, minuman yang mengandung kafein, seperti kopi sangat dianjurkan untuk dijauhi.

Selain kafein, hindari juga untuk merokok. Hal yang satu ini perlu kehati-hatian yang ekstra, lantaran menghirup asap rokok saja bisa dikatakan merokok pasif. Oleh karena itu, jagalah diri Anda dari asap rokok dengan sesering mungkin menggunakan masker jika berada di tempat umum.

5. Berhubungan Seksual pada Masa Subur

Kembali lagi pada cara agar cepat hamil yang pertama, yaitu mengetahui kapan Anda berada pada masa subur. Maka hal ini juga bisa dilakukan untuk Anda setelah mengalami keguguran. Cobalah untuk berhubungan seksual kembali pada masa-masa Anda sedang subur. Dan tentu saja tidak gampang menyerah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan agar kembali hamil setelah keguguran. Cara-cara yang kami infromasikan ini tentu saja tidaklah sulit jika dijalankan dengan niat tulus dan sungguh-sungguh.

Cara Cepat Hamil setelah KB

Jika di atas telah dibahas tentang cara cepat hamil setelah keguguran, maka pada bagian ini akan dibahas bagaimana, sih, cara cepat hamil setelah KB. Pada umumnya, perempuan yang masih menstruasi memiliki kemungkinan untuk hamil yang lumayan tinggi. Terlebih, jika alat kontrasespinya dihentikan.

Namun, hal ini juga akan tergantung pada masa kesuburan. Oleh karena itu, untuk mengetahui cara cepat hamil setelah KB, maka cara yang pertama adalah lagi-lagi Anda harus menghitung kapan Anda berada pada masa subur.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk mempersiapkan kehamilan setelah KB dihentikan, maka rajinlah mencatat kapan Anda memasuki siklus menstruasi. Hal ini akan sangat membantu menentukan kapan waktu yang tepat untuk Anda bisa berhubungan seksual dengan pasangan.

Cara kedua adalah lakukanlah hubungan seksual sesering mungkin dan jangan mudah menyerah. Namun, jika setelah menghentikan KB dan melakukan usaha yang maksimal tetapi Anda belum juga hamil, maka cobalah untuk berkonsultasi ke dokter, dan menanyakan penyebab dan solusi yang baik untuk masalah ini.

Dengan mengunjungi dokter, maka bisa jadi Anda juga akan diberikan obat atau terapi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi setelah KB dihentikan. Di samping itu, dokter juga lebih memahami tentang sistem reproduksi sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba.

Makanan Agar Cepat Hamil

Faktanya, makanan juga kerap memengaruhi cepat atau lambatnya Anda bisa hamil. Untuk Anda yang sedang menjalani program hamil, maka sebaiknya mengonsumsi makanan yang berguna untuk kesehatan reproduksi Anda. Seperti, makanan yang bisa meningkatkan kesuburan. Begitu pula dengan pasangan Anda, berikan dia makanan yang akan meningkatkan produksi sel spermanya.

Lantas, makanan apa saja yang bisa membantu program hamil Anda? Berikut adalah lima makanan yang dianjurkan.

1. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu yang dimaksud pada bagian ini adalah keju maupun yoghurt. Produk-produk ini tergolong makanan yang dianjurkan jika Anda melakukan program hamil.

Hal ini lantaran susu dan jenis olahannya akan membantu kesehatan tulang dan juga memelihara organ reproduksi. Selain itu, mengonsumsi jenis full-fat akan membantu masalah ovulasi.

2. Lemak dari Ikan

Lemak ikan, khususnya dari ikan salmon dipercaya mampu memperlancar peredaran darah ke seluruh organ, termasuk meningkatkan kinerja hormon reproduksi.

Hal ini karena lemak ikan salmon mengandung banyak omega-3. Omega-3 ini juga akan meningkatkan kesuburan.

3. Protein dari Hewan

Protein dari hewan bisa Anda temukan dari ayam, kalkun, maupun daging. Protein jenis ini merupakan sumber zat besi yang juga mengandung nutrisi tinggi yang akan membantu program Anda agar cepat hamil dengan meningkatkan kesuburan.

4. Sayuran

Jangan pernah meragukan kandungan sayuran dalam hal meningkatkan kemungkinan hamil. Jika Anda sedang melakukan program hamil, maka konsumi jugalah sayuran, seperti asparagus dan kale. Kedua contoh sayuran ini mengandung zat yang mampu meningkatkan metabolisme estrogen.

Selain sayuran, ternyata buah semangka juga disarankan. Buah semangka mengandung serat dan air yang lumayan tinggi. Di mana kandungan ini juga akan meningkatkan kerja metabolisme estrogen.

5. Udang

Ternyata udang tidak melulu buruk karena mengandung kolestrol tinggi. Nyatanya, udang juga mengandung zat besi, di mana kandungan ini berguna sebagai nutrisi untuk mempercepat kehamilan. Namun, jika Anda tidak menyukai udang, maka nutrisi yang sama bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi telur, kacang-kacangan, atau gandum.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh Ibu hamil maupun yang sedang menjalani program hamil. Selain itu, makanan dengan asam folat akan menyehatkan tubuh, serta mampu mengurangi beberapa risiko yang mungkin terjadi pada bayi. Di antaranya, mencegah lahir cacat, menurunkan risiko bayi terlahir prematur, dan menjaga fungsi sel.

Selain itu, asam folat juga akan menjaga kesehatan kulit dan juga kuku pada bayi, serta dapat membantu pembentukan sel darah merah dan DNA. Lantas, makanan apa saja yang dianjurkan dikonsumsi bagi Anda yang menjalani program hamil?

Buah-buahan; alpukat, tomat, jeruk, papaya, beet, pisang, dan melon kuning.

  • Sayuran hijau; bayam, brokoli, asparagus, sawi hijau, kubis, selada, dan lobak hijau.
  • Kacang-kacangan; kacang merah, kacang polong, kacang hijau, kacang kedelai, dna kacang tanah.
  • Ikan salmon.
  • Susu dan jenis produk olahannya.
  • Hati sapi.
  • Biji-bijian; gandum, jagung, dan sereal dengan kandungan asam folat tinggi.
  • Daging unggas.
  • Telur.

Diharapkan, Anda lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut. Banyak cara mengolah makanan yang bisa Anda coba, seperti direbus, dipangga, maupun dikukus, dan hindari makanan yang digoreng.
cara cepat hamil untuk bunda

Susu untuk Program Hamil

Seperti yang telah ditulis di atas, susu merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk Anda yang sedang berada pada program cepat hamil. Di pasaran terdapat banyak produk susu yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Sebelum membeli, perhatikan kandungan dari susu tersebut.

Biasanya produk susu yang tersedia ini sudah mengandung komponen yang bisa membantu program hamil Anda, seperti asam folat. Oleh karena itu, berikut ini adalah jenis-jenis susu yang dianjurkan.

1. EnfaMama A+

EnfaMama A+ diperkaya dengan nutrisi yang dapat membantu perkembangan otak pada janin. Di mana, susu jenis ini sudah mengandung asam folat, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Selain itu, juga menagndung sumber serat pangan dan protein.

2. Anmum Materna

Susu yang satu ini juga diperkaya dengan kandungan nutrisi lengkap yang akan membantu Anda mempersiapkan kehamilan. Hal ini lantaran Anmum Materna diperkaya dengan Neulipid, DHA, serat pangan, asam folat, kalsium, dan zat besi.

3. Frisomum Gold Dualcare+

Frisomum Gold Dualcare+ juga mengandung banyak nutrisi yang bisa melengkapi gizi Anda. Selain itu, susu ini juga mengandung prebiotik yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan lainnya adalah berupa protein, kalsium, zat besi, asam folat, dan nukelotida. Susu ini juga cocok untuk Anda yang sedang menyusui, sehingga bisa dikonsumsi secara terus menerus hingga Anda memasuki tahap menyusui si buah hati.

4. Prenagen Esensis

Susu Prenagen Esensis merupakan susu yang rendah lemak dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk program hamil Anda. Kandungan nutrisi tersebut, seperti kalsium, magnesium, fosofor, vitamin D, dan tentu saja terdapat juga asam folat.

Selain beberapa kandungan tersebut, Prenagen Esensis ini juga mengandung zinc, yang berguna menjaga funsi sistem reproduksi.

5. SGM Bunda

Susu yang satu ini mengandung zat besi yang tinggi, asam folat, minyak ikan, dan kalsium. Semua jenis nutrisi ini akan membantu program hamil yang sedang dijalani. Keseluruhan kandungan tersebut bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu susu SGM Bunda ini juga bisa dikonsumsi pada masa awal kehamilan karena kandungannya juga berguna untuk perkembangan otak dan mata pada janin.

Diharapkan juga agar Anda tidak hanya mengonsumsi susu, tetapi cobalah kombinasikan dengan beberapa makanan sehat lainnya, yang tentu saja dianjurkan untuk dikonsumsi ketika Anda menjalani program hamil.

Pantangan Makanan agar Cepat Hamil

Tentu saja, tidak semua jenis makanan bisa Anda konsumsi pada saat melakukan program hamil. Lantaran, mengonsumsi sembarang makanan yang tidak seharusnya bisa menghambat dan mengakibatkan program Anda gagal.

Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh makanan yang tidak dianjurkan karena bisa jadi mengandung zat yang berbahaya untuk kesehatan reproduksi Anda.

1. Makanan Kemasan

Mengapa makanan kemasan termasuk salah satu yang menjadi pantangan? Karena makanan kemasan biasanya dikemas dalam plastik yang tidak BPA free. Di mana makanan yang telah terpapar BPA free akan mengganggu kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Gangguan kesuburan ini bisa berakibat pada menurunnya kualitas sel sperma dan sel telur.

2. Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi

Merkuri adalah kandungan alami yang bisa ditemukan pada air laut, sehigga beberapa ikan yang berasal dari laut sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program hamil. Hal ini lantaran kadar merkuri yang lumayan tinggi pada makanan bisa menurunkan tingkat kesuburan pria dan wanita.

Di samping hal tersebut, kandungan merkuri juga akan tinggal di dalam tubuh dengan waktu yang lama, sehingga jika hal ini terjadi maka akan mengganggi sistem saraf janin dan juga otak.

Contoh ikan yang mengandung merkuri tinggi adalah ikan todak, ikan tuna mata besar, ikan marlin, dan tilefish.

3. Kafein dan Minuman Beralkohol

Sudah menjadi aturan bahwa kafein dan minumakn beralkohol tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, terlebih ketika menjalani program hamil. Hal ini lantaran kafein dan alcohol bisa menyebabkan penurunan tingkat kesuburan dan bisa menyebabkan meningkatnya risiko keguguran.

Namun, ada pula yang mengemukakan bahwa minum satu cangkir kopi merupakan takaran yang aman untuk Anda yang melakukan program hamil.

Begitu pula dengan minuman beralkohol. Hal ini dikuatkan dengan hasil sebuah penelitian, di mana mengungkap fakta bahwa mengonsumsi alkohol berlebih bisa meningkatkan risiko susah memiliki anak. Bagaimanapun, kurangilah mengonsumsi kafein dan alkohol demi keberhasilan program hamil Anda.

4. Lemak Trans

Lemak trans banyak ditemukan pada bumbu masak seperti minyak sayur yang mengalami hidrogenasi. Di mana, bahaya dari lemak trans ini mampu meningkatkan LDL atau kadar kolesterol jahat dengan sangat signifikan, sehingga memberikan efek yang buruk bagi kesehatan, seperti meningkatnya risiko penyakit jantung.

Contoh lain dari akibat yang bisa ditimbulkan adalah mampu meningkatkan risiko gangguan ovulasi. Berdasarkan hal tersebut, maka lemak trans ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program hamil. Di samping itu, sebagai informasi tambahan bahwa kebanyakan mengonsumsi lemak trans juga akan mengurangi kadar sensitivitas dari insulin.

Berdasarkan empat jenis makanan yang menjadi pantangan selama melakukan program hamil, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan menghindari makanan-makanan yang tidak sehat serta berolahraga secara teratur, maka program hamil Anda bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Vitamin untuk Cepat Hamil

Selain susu, makanan berupa sayuran dan buah-buahan, serta makanan yang lain yang mengandung asam folat tinggi, ternyata vitamin juga sangat dibutuhkan untuk Anda yang sedang menjalani program hamil. Dengan mengonsumsi vitamin bisa melengkapi asupan yang dibutuhkan tubuh.

Lantas, vitamin apa saja yang bisa menunjang program hamil? Berikut ini adalah lima macam vitamin yang dibutuhkan.

1. Asam Folat

Yang pertama adalah vitamin yang mengandung asam folat tinggi. Vitamin ini bisa berupa suplemen maupun dalam bentuk sayuran utuh, seperti sayuran hijau, kacang merah, alpukat, tomat, papaya, pisang, jeruk, dan bisa juga berasal dari hati sapi.

2. Vitamin E

Kebutuhan vitamin E tidak hanya dibutuhkan oleh wanita saja, akan tetapi pria juga membutuhkannya, sehingga Anda dan pasangan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ini. Untuk lebih jelasnya, bahwa manfaat vitamin E untuk wanita mampu membantu mengatur siklus menstruasi sehingga berjalan dengan baik.

Sementara untuk pria, vitamin E berguna untuk melindungi sel sperma dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi selama proses pembentukan sperma hingga perjalanan sperma menuju sel telur. Hal ini juga akan mendukung proses pembuahan sehingga berjalan baik. Vitamin E bisa Anda temukan pada beberapa makanan seperti daging ayam, kacang tanha, bayam, brokoli, kacang almon, tomat, asparagus, ikan kod, dan papaya.

3. Zinc

Makanan yang mengandung zinc juga dianjurkan. Hal ini lantaran zinc mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel sperma dari radikal bebas yang bisa menjadi penyebab menurunnya jumlah sel sperma yang dihasilkan.

Sementara untuk wanita, zinc akan membantu siklus ovulasi yang akan menentukan tingkat kesuburan. Makanan yang mengandung zinc termasuk di antaranya adalah makanan jenis kerang-kerangan, lobster, kepiting, produk olahan susu, gandum, dan termasuk pula daging sapi.

4. Kalsium

Vitamin yang mengandung kalsium bisa membantu sistem reproduksi berlangsung tanpa ada hambatan dan bekerja dengan baik. Dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium sekitar 1000 mg per hari.

Sementara itu, makanan yang mengandung banyak kalsium bisa kita jumpai di mana saja, misal tempe, tahu, kacang almon, dan produk olahan susu.

Di samping itu, mengonsumsi kalsium bisa membantu proses pertumbuhan gigi, tulang, saraf, gigi, dan otot pada masa kehamilan. Berdasarkan hal tersebut, maka konsumsilah kalsium dengan cara maksimal.

5. Zat Besi

Jenis vitamin yang terakhir ini bisa didapatkan dari mengonsumsi beragam sayuran hijau, oatmeal, biji labu, daging sapi tanpa lemak, kacang merah, dan aprikot.

Dengan mengonsumsi ini maka akan menghindari risiko anemia yang bisa berdampak pada siklus menstruasi. Di mana jika siklus mentruasi terganggu maka akan memengaruhi ovulasi, sehingga kesuburan juga akan terganggu.

Makanan dan Vitamin untuk Kesuburan Pria

Tidak hanya kesuburan wanita yang harus diperhatian pada saat menjalani program hamil, akan tetapi kesuburan pria juga tidak kalah penting. Dengan memerhatikan kesuburan maka sel sperma yang dihasilkan juga akan berkualitas.

Untuk meningkatkan kesuburan pria maka salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan dan vitamin yang dibutuhkan. Makanan tersebut haruslah mengandung likopen yang tinggi. Likopen adalah salah satu zat yang membantu pembentukan karotenoid, di mana zat ini merupakan faktor yang memberikan warna cerah pada buah maupun sayuran.

Likopen ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan untuk mendapatkannya maka kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini. Makanan tersebut bisa ditemukan dengan mudah dan juga memiliki harga yang murah. Likopen bisa dikonsumsi dari buah-buahan yang berwarna cerah, seperti semangka, papaya, aprikot, tomat, dan juga jambu biji.

Sebagai contoh, likopen merupakan zat yang membuat warna merah pada tomat. Likopen ini juga akan berfungsi sebagai antioksidan yang akan membantu menghalangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika radikal bebas berhasil mengikat sel di dalam tubuh, misal sel sperma maka sel sperma bisa rusak dan akan berakibat pada kemampuannya membuahi.

Dalam kasus ini, likopen akan berperan sebagai benteng yang akan mencegah kerusakan DNA pada sperma sehingga sel sperma bisa membuahi. Selain itu, salah satu organ yang akan mendapatkan asupan likopen yang banyak adalah testis, yaitu tempat berlangsungnya spematogonesis atau proses pembuatan dan pematangan sperma hingga siap membuahi.

Sementara itu, untuk vitamin yang bermanfaat untuk kesuburan pria bisa bisa berupa vitamin C, vitamin E, Zinc, dan selenium. Untuk lebih jelas, simak pemaparan berikut ini:

1. Vitamin C

Vitamin C banyak terkandung di dalam buah jeruk, stoberi, apel, dan beragam sayuran hijau. Semua jenis makanan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesuburan pria. Vitamin C juga akan meningkatkan motilitas sel sperma.

2. Asam Folat

Selain vitamin C, ternyata seorang pria juga akan membutuhkan makanan yang mengandung asam folat yang berguna untuk menjadikan kualitas sel sperma manjadi lebih baik. Makanan yang mengandung asam folat, seperti avokad, tomat, kacang merah, tomat, dan juga sayuran hijau.

3. Vitamin E

Ada pula vitamin E yang juga berfungsi sebagai antioksidan yang siap menangkal radikal bebas, di mana radikal bebas ini akan menjadi faktor untuk masalah infertilitas. Vitamn E bisa diperoleh dari bayam, avokad, kacang hazelnut, dan lobak hijau.

4. Zinc

Di samping itu, ada pula vitamin yang bisa meningkatka motilitas sel sperma sehingga memudahkan pergerakannya untuk bertemu sel telur. Vitamin tersebut merupakan Zinc, yang berasal dari hewan, seperti tiram dan kepiting.

5. Selenium

Jenis vitamin yang terakhir ini hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Meskipun begitu, jenis selenium ini juga mampu membantu mingkatkan motilitas sel sperma. Untuk memperolehnya, Anda bisa menemukannya pada jenis kacang-kacangan dan juga tuna.

Buah yang Baik Dikonsumsi agar Cepat Hamil

Pada bagian ini akan diinformasikan beberapa jenis buah yang juga akan membantu agar Anda cepat hamil. Mengonsumsi buah merupakan salah satu cara hidup sehat juga, lho! Keuntungan yang bisa diperoleh, tentu saja banyak. Di antaranya, mampu mencegah dan mengobati dari berbagai macam penyakit.

Dan untuk Anda yang sedang ingin cepat hamil, maka mengonsumsi buah tertentu akan meningkatkan kesuburan. Lantas, apa saja buah yang dimaksud? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

1. Jambu

Buah jambu yang mengandung asam folat akan membantu peningkatan kesuburan. Selain itu buah ini juga kaya vitamin C, vitamin B3 dan B6, vitamin A, dan antioksidan. Buah jambu juga memiliki indeks glikemik rendah yang baik untuk gula darah sehingga tidak meningkat, dan juga mampu menyeimbangkan hormon.

2. Mangga

Buah manga sangat kaya akan magnesium, potassium, vitamin C, vitamin E, vitamin B, dan antioksidan. Untuk Anda yang sedang menjalani program hamil, mangga juga mengandung vitamin B6 dan asam folat yang akan membantu kelancaran menstruasi.

3.  Avokad

Avokad merupakan buah yang mengandung banyak serat dan juga rendah kolesterol. Berdasarkan hal tersebut, maka avokad akan sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon. Lebih daripada itu, buah avokad juga mengandung asam folat yang tinggi sehingga akan meningkatkan kesuburan.

4. Pepaya

Buah yang bisa dengan sangat mudah ditemukan ini ternyata juga bagus untuk kesehatan kandungan dan juga mampu memberikan nutrisi pada masa program hamil.

Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan juga antioksidannya dapat melindungi sel sperma dan sel telur. Di samping itu, buah pepaya juga memiliki indeks glikemik rendah, di mana level insulin menjadi lebih sehat.

5. Delima

Delima mengandung vitamin C yang tinggi, di mana vitamin C ini akan berperan sebagai antioksidan untuk melindungi DNA dari sel sperma. Untuk wanita, buah delima mampu meningkatkan kesuburan karena juga mengandung vitamin A, vitamin B3, vitamin E, potasium, serat, dan juga asam folat.

Tidak hanya itu, buah delima jika dikonsumsi pada masa kehamilan maka akan melindungi otak bayi yang baru lahir.

6. Nanas

Siapa bilang buah nanas tidak bisa dikonsumsi pada saat ingin hamil. Sepertinya larangan ini merupakan mitos belaka. Idealnya, buah nanas baik dikonsumsi pada saat setelah ovulasi hingga menstruasi selesai. Di samping itu, nanas mengandung bromelain, yaitu berupa enzim yang dapat menurunkan gejala bengkak pada penderita infertilitas.

Sehingga, mengonsumsi nanas mungkin tergolong tidak berbahaya, asal tidak dalam jumlah yang banyak. Lantaran nanas juga mengandung asam yang akan menimbulkan efek di mana perut akan terasa panas.

7. Kiwi

Buah kiwi terkenal sangat baik untuk tubuh lantaran mengandung vitamin C, vitamin E, serat, magnesium, mangan, dan potasium. Manfaat bagi tubuh yang bisa dirasakan adalah gula darah menjadi lebih terkontrol, terutama bagi wanita yang mengalami PCOS (Polycstic Ovary Syndrome).

Polycstic Ovary Syndrome merupakan salah satu hal membuat wanita sulit untuk hamil. Di mana gejala ini ditandai dengan ketidakseimbangan hormon yang aktif pada masa subur. Sehingga dengan mengonsumsi buah kiwi maka keseimbangan hormon reproduksi akan lebih terkontrol.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah kiwi akan membantu dalam melindungi sel sperma dan sel telur dari proses oksidasi yang akan merusak struktur sel. Di mana proses oksidasi ini bisa terjadi karena adanya radikal bebas yang mencari pasangan di dalam tubuh.

Demikianlah ulasan dan juga cara-cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan ketika sedang ingin melakukan program hamil. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan juga memperlancar agar segera memiliki buah hati.

Tentu saja, cara-cara ini merupakan hal yang tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika selama menjalani Anda mengalami kesulitan maka tidak ada salahnya jika meminta bantuan dokter untuk mengatasinya. Selamat mencoba!