Berbagai Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Permanen

Manusia dilahirkan dengan kulit yang berbeda dan itu merupakan anugerah Tuhan yang wajib disyukuri. Warna kulit bisa saja mengalami perubahan baik dalam jangka panjang maupun pendek. Namun, data menunjukkan bahwa sebagian besar kaum hawa menginginkan untuk memiliki kulit yang putih.

Sebagian kaum wanita memang menikmati apapun warna kulit yang ia miliki dan sebagian lain lebih merasa percaya diri jika mempunyai kulit yang putih. Namun, yang paling penting sebenarnya adalah kesehatan kulit itu sendiri. Kulit yang sehat adalah kulit yang terbebas dari gangguan – gangguan atau masalah kulit. Apalagi jika anda memiliki kulit yang putih dan sehat, pasti bakal bikin happy.

Pada dasarnya, warna kulit orang Indonesia adalah kuning langsat, bukan putih. Namun, tidak sedikit juga orang Indonesia yang memiliki warna kulit putih. Entah itu putih porcelain seperti perempuan Korea, ataupun putih Gading seperi perempuan Jepang dan China.

Bagi sebagian  kaum adam, wanita dengan kulit putih memang lebih menawan. Kulit yang putih juga menjadi standar kecantikan bagi sebagian besar kaum wanita di Indonesia. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh ZAP Clinic dan Mark Plus yang menunjukkan bahwa sebanyak 59,6 % wanita Indonesia mengidamkan kulit yang cerah atau putih.

Kesimpulan dari riset yang dilakukan oleh ZAP Beauty Index didasarkan pada hasil yang menunjukkan bahwa produk kecantikan dengan khasiat memutihkan kulit menjadi produk paling atas yang dicari oleh wanita Indonesia. Riset tersebut dilakukan kepada lebih dari 17 ribu wanita di Indonesia. Padahal kulit putih belum tentu sehat. Oleh karena itu perlunya para wanita Indonesia menyadari untuk tidak hanya menginginkan kulit mejadi putih namun juga sehat.

Cara Memutihkan Kulit

Penyebab Kulit Kusam atau Hitam

Manusia diciptakan berbeda- beda termasuk warna kulit. Ada orang yang memiliki kulit putih, sawo matang, hitam, kuning langsat, dan lain lain. Meskipun begitu, adakalanya warna kulit tersebut bisa mengalami perubahan warna karena hal – hal tertentu baik terjadi dalam jangka panjang ataupun pendek.

Perubahan warna kulit yang biasa terjadi pada sebagian besar orang adalah dari warna kulit terang menjadi lebih gelap atau hitam. Proses ini biasa dikenal dengan proses penggelapan kulit.

Sebenarnya penyebab utama yang membuat kulit bisa menjadi gelap adalah karena terjadinya pigmentasi pada kulit. Pigmentasi dapat terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu, anda perlu memerhatikan faktor yang dapat menyebab kulit menjadi kusam atau hitam agar kulit anda terhindar dari penggelapan kulit.

Beberapa hal berikut ini dapat menyebabkan kulit anda menjadi kusam atau hitam, yaitu:

1. Terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama

Pada sinar matahari memang terdapat vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang. Namun, sinar matahari yang berlebihan mengenai kulit akan berdampak buruk pada kulit.

Kulit yang terkena teriknya matahari dapat mengalami perubahan warna menjadi lebih kusam dan hitam. Lebih parahnya radiasi UV matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan sunblock ataupun sunscreen untuk melindungi kulit anda.

2. Jarang melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit yang telah mati dari permukaan wajah. Jika anda sudah rutin mencuci wajah anda. Anda setidaknya melakukan eksfoliasi atau scrubbing selama 1 kali dalam seminggu.

Baca:   Ciri Nyamuk Demam Berdarah Yang Perlu Anda Ketahui

Anda bisa scrubing dari gula ataupun membeli produk yang aman seperti Drop of Youth Liquid Peel.

3. Tidur yang kurang

Jika anda kurang tidur dan istirahat, waspadalah karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit anda menjadi kusam atau hitam. Hal ini disebabkan karena peredaran darah menjadi tidak lancar jika waktu tidur anda kurang.

Kebutuhan tidur setiap orang memang berbeda. Namun, pada umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari. Tidur yang cukup akan membuat regenerasi sel menjadi optimal.

4. Debu dan polusi udara

Debu dan polusi udara dapat berperan dalam pigmentasi kulit karena berkaitan erat dengan radikal bebas. Anda bisa menggunakan masker dan menghindari tempat dengan debu dan polusi udara yang membahayakan.

5. Kosmetik dengan kandungan logam berat

Wanita seringkali memakai kosmetik untuk menunjang penampilan. Bahkan tak sedikit wanita yang memakai produk kosmetik hampir setiap waktu setiap harinya. Pemilihan produk kosmetik harus hati – hati karena berhubungan langsung dengan kulit wajah anda.

Anda harus memastikan kosmetik yang anda pilih telah teruji oleh BPOM dan tidak mengandung merkuri, emas, perak, timbal, dll. Kosmetik dengan kandung logam berat dapat membuat kulit kemerahan, menipis, kusam, dll. Anda bisa mencari referensi produk kosmetik yang aman pada review di internet. Selain itu, pemakaian make up yang berlebih juga menjadi penyebab kulit menjadi kusam atau hitam.

6. Kelembaban kulit yang berkurang

Kulit yang kering akan perlahan menjadi kusam. Maka dari itu, anda harus sering menjaga kelembaban kulit. Anda bisa mengusahakannya dengan memperbanyak konsumsi air putih, buah – buahan dan sayuran.

Anda juga bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan asam hialuronat. Dengan menggunakan skincare setiap pagi dan lama akan membuat kadar minyak dalam kulit menjadi seimbang dan terhindar dari perubahan kulit menjadi kusam atau gelap.

7. Perubahan kadar hormon

Perubahan kadar hormon dapat mengakibatkan kulit menjadi cenderung gelp baik di wajah atau leher atau bagin lipatan tubuh yang lain. Hal ini biasa terjadi pada masa kehamilan karena efek mengonsumsi pil KB dna juga pada saat masa PMS.

Untuk menghindarinya, anda bisa mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu kadar hormon estrogen naik. Anda juga bisa menyeimbangkannya dengan memperbanyak makan buah-buahan, sayuran, minum air putih yang cukup, ikan-ikanan, dll.

Lihat: hal tentang demam berdarah yang perlu anda diketahui

Cara Memutihkan Kulit Wajah

Kulit manusia memang berbeda – beda karena perbedaan ras, dan bisa berubah karena faktor tertentu. Kulit wajah yang putih tentu akan meningkatkan kepercayaan diri anda. Jika anda mengidamkan kulit yang putih, anda bisa melakukan berbagai usaha untuk memutihkan kulit anda.

Selain perawatan, anda bisa melakukan usaha dengan jalan yang aman tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Kulit wajah cenderung memang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh yang lain.

Cara yang dapat anda lakukan untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan mengunakan produk kecantikan baik berupa sabun wajah, pelembab, dll. Namun tidak semua produk tersebut akan cocok pada kulit anda.

Anda bisa memutihkan kulit wajah anda dengan memanfaatkan hal – hal yang ada disekitar anda. Anda bisa meggunakan bahan yang alami dan cenderung aman untuk kulit anda.

Berikut adalah cara memutihkan kulit wajah, diantaranya:

1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk telah dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Bahkan kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih banyak dibanding dengan buah jeruk itu sendiri. Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai masker wajah. Kulit jeruk mengandung kadar anti oksidan yang bermanfaan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu juga bisa memutihkan kulit wajah anda dan menghilangkan noda yang ada di wajah.

Baca:   Cara Menghilangkan Komedo, Jenis, Obat dan Penyebabnya

Cara memanfaatkan kulit jeruk adalah dengan menjemur kulit jenur sampai benar – benar kering. Lalu tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air sehingga bentuknya seperti pasta. Selanjutnya anda bisa oleskan pada wajah anda yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukannya seminggu dua kali untuk hasil optimal.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu penuaan dini akibat radiasi matahari. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C yang membuat kulit tetap kenyal. Jika ada buah alpukat, anda juga bisa memanfaatkannya untuk memutihkan kulit wajah. Daging buah alpukat cukup haluskan hingga lembut. Lalu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 25 menit. Jangan lupa bilas dengan air yang bersih.

3. Bengkoang

Bengkoang telah dikenal khasiatnya untuk memutihkan kulit wajah dan membuat wajah tetap bersinar. Bahkan produk pemutih banyak menggunakan bengkoan sebagai bahan dasar.

Caranya cukup mudah yaitu dengan parut bengkoang sampai lembut. Lalu peras dengan air dan ambil sarinya untuk digunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 20 menit dan jangan lupa bilas dengan air bersih.

4. Putih Telur

Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien. Putih telur dipercaya dapat membantu anda memutihkan kulit wajah. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi bau amisnya.

5. Susu

Susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamun B6 dalam susu ternyata dapat menjaga kelembapan kulit sehingga mengurangi resiko kulit kering. Anda bisa memutihkan kulit wajah menggunakan susu dengan mencampur 2 sdm susu yang masih segar dengan 1 sdm madu. Campurannya gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa bersihkan jika telah selesai.

Anda bisa mencoba menggunakan berbagai cara untuk memutihkan kulit wajah. Jika referensi diatas dirasa kurang, anda bisa berselancar diinternet untuk mencari cara lain. karena masih ada beberapa cara untuk memutihkan kulit wajah secara alami dan aman.

Cara Memutihkan Kulit Tangan

Selain memiliki kulit wajah yang putih, tentunya anda ingin kulit tangan anda juga putih. Karena akan aneh rasanya jika kulit tangan tidak sewarna dengan kulit wajah. Maka dari itu, anda bisa simak pembahasan berikut tentang memutihkan kulit tangan.

Cara memutihkan kulit tangan, diantaranya adalah:

1. Susu

Selain bisa digunakan untuk memutihkan kulit wajah, susu juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit tangan. Kandungan asam laktat pada susu mentah dapat membantu mencerahkan permukaan kulit.

Caranya dengan mencelupkan kapas kedalam susu mentah lalu oleskan pada permukaan tangan ataupun kaki. Cara membersihkannya dengan sedikit menekan untuk mengangkat kotoran. Lalu diamkan selama 30 menit sampai kandungan susu masuk ke pori – pori kulit. Terakhir bilas dengan air bersih.

2. Madu, gula, dan pisang

Anda juga bisa mencampurkan madu, gula dan pisang untuk membantu memutihkan kulit tangan anda.

Anda hanya perlu siapkan pisang dan lumatkan lalu tambahkan sendok gua dan madu secukupnya. Oleskan pada permukaan tangan secara merata dengan beri pijatan secara pelan. Diamkan selama 30 menit dan jangan lupa bilas dengan air bersih.

Baca:   Yuk, Kenali Penyebab Demam Berdarah dan Hindari!

3. Jeruk Nipis

Kandungan jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit anda dan mengangkat sel – sel kulit yang mati.

Caranya cukup mudah, bisa dengan memeras air jeruk nipis dalam suatu wadah bersih. Lalu oleskan secara merata pada permukaan tangan dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

4. Timun

Anda bisa membuat lulur timun untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang telah mati sehingga kulit anda akan nampak lebih putih.

Anda cukup haluskan 1 buah timun tanpa air dan campurkan dengan 3 sendok perasan lemon. Aduk rata lalu oleskan pada tangan sampai kering. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

5. Oatmeal

Oatmeal bisa anda manfaatkan untuk memutihkan kulit tangan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Anda hanya perlu menyiapkan 1 mangkuk oatmeal dan menambahkan 2 sendok madu murni. Aduk hingga rata dan beri sedikit air. Oleskan pada tangan hingga kering dan jangan lupa bilas dengan air bersih.

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan yang tinggi yang mamu membantu meningkatkan produksi melanin pada kulit dan menghilangkan terjadinya perubahan warna kulit. Anda bisa menggunakan kunyit segar ataupun bubuk kunyit.

Untuk bubuk kunyit, anda bisa campurkan degan susu segar lalu oleskan pada kulit dan diamkan selama 30 menit. Jika kunyit segar, anda bisa langsung oleskan pada kulit dan biarkan hingga 30 menit. Jangan lupa untuk bilas dengan air.

Anda juga bisa membuat masker dari kunyit. Untuk membuat masker kunyit, anda bisa campurkan kunyit dan susu bubuk, kunyit dengan madu atau campuran kunyit dan mustard oil, campuran kunyit dan air mawar serta scrub kunyit.

Caranya mudah, cukup siapkan bubuk kunyit dengan sesuatu yang ingin dicampurka lalu olesrata pada kulit dan diamkan kurang lebih 30 menit. Agar hasilnya maksimal, anda perlu melakukannya dengan rutin.

Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras

Tepung beras dikenal kaya akan mineral yang mampu membantu mencerahkan kulit. Kandungan asam amino dan vitamin dalam tepung beras mampu meningkatkan kadar kolagen untuk mencerahkan kulit.

Dalam tepung beras juga memiliki konsentrasi Para Aminobenzoic Acid yang biasa digunakan untuk tabir surya sehingga sangat baik untuk kulit. Selain itu, tepung beras juga memiliki khasiat lain untuk membuat kulit terasa lembap dan mengencangkan kulit yang kendur.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan 2 sendok makan tepung beras dalam suatu wadah. Sediakan juga 1 sendok teh kunyit dan 4 sdm air jeruk nipis. Ketiga bahan tersebut aduk hingga rata seperti pasta. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu.

Hasil campuran oleskan merata pada wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Rekomendasi Produk Pemutih Kulit

Anda juga bisa menggunakan produk pemutih kulit yang aman untuk membuat kulit anda lebih putih. Carilah produk yang telah mendapat lisensi BPOM.

Berikut adalah beberapa rekomendasi produk pemutih kulit yang mungkin sesuai untuk anda.

  • Wardah Lightening Day Cream
  • Magic Glossy
  • Pound’s Flawless White
  • Cream Adha
  • Ertos
  • Royalty Cosmetic
  • Fair n Pink
  • Olay White Radiance
  • Cream Theraskin
  • Elora Beauty

Demikian beberapa produk yang direkomendasikan untuk memutihkan kulit. Anda bisa melihat detail produk diatas pada laman internet. Disamping penggunaan produk pemutih kulit, imbangi juga dengan tidur yang cukup dan makan makanan yang sehat.

Semoga artikel ini berguna untuk anda ya!

Artikel lainnya:

Leave a Comment