Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan atau Tanpa Olahraga

Pada bagian tubuh, perut merupakan salah satu bagian yang paling mudah berlemak dan juga elastisitasnya tinggi. Sebagian orang mengalami masalah perut yang mengganggu penampilan dan membuat sedikit kurang percaya diri yaitu perut buncit.

Perut buncit tak hanya dialami oleh orang yang memiliki obesitas ataupun berat badan berlebih. Orang kurus juga bisa mengalaminya. Namun yang perlu diwaspadai selain mengganggu penampilan adalah apakah ada penyakit lain yang menyertainya.

Agar lebih jelas, anda bisa simak pembahasan lebih lanjut.

Penyebab Perut Buncit

Tidak hanya tentang penampilan, perut buncit juga perlu diwaspadai ada indikasi suatu penyakit. Perut buncit berbahaya dikarenakan adanya lemak yang tertimbun pada bagian perut. Lemak pada bagian perut terdiri dari lemak subkutan dan lemak viseral.

Lemak subkutan dapat anda lihat dan cubit yang biasanya berada dibawah kulit. Sedangkan lemak viseral tidak terlihat dan lemak ini berkaitan dengan kondisi obesitas.

Namun, apakah anda tahu apa saja faktor yang dapat memicu perut buncit yang banyak dialami sebagian orang?.

Berikut adalah hal yang pada umumnya dapat menyebabkan perut menjadi buncit:

1. Kurang Olahraga

Jika anda malas berolahraga maka hal tersebut dapat memicu perut bunci. Tentu anda tidak mau kan?. Jika aktivitas yang anda lakukan sehari –hari hanya makan dan tidur serta kurang aktivitas fisik maka jangan heran jika perut anda akan buncit dan membesar. Hal tersebut dapat terjadi karena lemak dan kalori dari makanan yang telah anda makan tidak terbakar dan malah menjadi tertimbut di perut.

Anda melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan dan tidak memberatkan. Misalnya jalan cepat, senam aerobik, zumba, joging, dan lain lain yang penting aktif bergerak. Manfaat olahraga sangat banyak untuk kesehatan.

Jika anda rajin berolahraga, maka gula darah, tekanan darah tinggi dan kolesterol menjadi lebih stabil. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan makanan yang sehat dan banyak gizi serta rendah lemak.

2. Kurang tidur

Kurang tidur telah diketahui dapat memicu terjadinya suatu penyakit. Jika waktu tidur anda kurang maka hormon stres (kortisol) akan meningkat yang menyebabkan anda akan mengonsumsi makanan dengan kadar gula berlebih sebagai pengganti tenaga akibat kurang tidur. Waktu tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan.

Pada saat anda tidur, sebenarnya sedang berlangsung produksi hormon leptin yang merupakan homron pengatur rasa haus dan lapar. Maka dari itu, jika anda memiliki waktu istirahat yang kurang maka produksi hormon leptin berkurang dan akibatnya hormon leptin menyimpan lemak pada perut.

Berdasarkan penelitian oleh Andrea Spaeth dari University Pennsylvania’s Parelman School of Medicine juga menunjukkan bahwa waktu tidur yang kurang menyebabkan proses pembakaran lemak menjadi lambat.

3. Mengonsumsi Alkohol

Jika anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan sebaiknya anda mulai kurangi dna kalau bisa hindari kebiasaan tersebut. Karena alkohol memiliki banyak kandungan gula dan kalori yang dapat berlebihan jika masuk kedalam tubuh.

Ada berbagai gangguan kesehatan yang dapat anda alami jika anda konsumsi alkohol berlebihan salah satunya adalah dapat memicu perut buncit. Aktivitas neruron otak akan meningkat saat anda konsumsi alkohol dan inilah yang membuat pemabuk akan cenderung memiliki perut buncit juga berat badan berlebih.

4. Hormon dan Usia

Pria lebih rentang memiliki perut buncit dibanding wanita seiring semakin bertambahnya usai terutama pria dengan usia lebih dari 40 tahun. Pada pria jaringan penampung lemak adalah bagian pinggang dan perut. Pada wanita ada di paha dan pinggung.

Jika usia semakin bertambah disarankan untuk rajin berolahraga agar massa otot tidak berlahan-lahan berkurang. Karena massa otot yang berkurang dapat menurunkan metabolisme dan akibatnya organ tubuh mengalami penurunan fungsi dalam menyimpan lemak.

Orang dengan kelebihan lemak akan tertimbun di perut dan mengakibatkan perut buncit.

5. Stress

Stres dapat meningkatkan nafus makan bertambah terutama makanan manis dan tinggi lemak. Karena itu jika anda stres anda akan cenderung banyak makan dan menyebabkan lemak tertimbun pada perut.

Hormon stres atau kortisol akan meningkatkan dan melebarkan ukuran sel lemak.

6. Menopause

Pada saat wanita menopause maka kadar hormon estrogen akan turun drastis. Akibatnya lemak tidak tersimpan pada perut atau paha namun pada perut.

Biasanya wanita akan mengalami kenaikan lemak pada perut setelah satu tahun ia terakhir menstruasi.

7. Bakteri di usus

Usus merupakan organ penting bagi pencernaan manusia. Usus yang baik akan bekerja dengan baik terutama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Namun, ternya ratusan bakteri hidup dalam usus terutama pada usus besar. Bakteri tersebut ada yang bekerja untuk kesehatan dan ada pula yang merugikan kesehatan.

Salah satu bakteri yakni bakteri Firmicutes cenderung lebih banyak dimiliki oleh orang yang gemuk dibanding dengan orang yang berat badan normal. Bakteri tersebut mampu meningkatkan jumlah kalori yang terserap dari makanan. Akibatnya berat badan menjadi naik termasuk lemak perut.

Namun orang kurus juga tidak tertutup kemungkinan terdapat bakteri ini.

8. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang lebih mudah penyajiannya dengan harga cenderung murah sehingga menjadi pilihan sebagian besar orang pada saat lapar. Namun makanan cepat saji mengandung lebih banyak kalori.

Setidaknya orang dewasa setiap harinya membutuhkan kalor 2000-2500 kalori, 2000 kalori dibutuhkan wanita dewasa dan 2500 kalori dubutuhkan pria dewasa. Selain itu makanan cepat saji mengandung banyak lemak tak sehat yang dapat membuat perut anda menjadi buncit.

9.  Merokok

Mereka yang tidak ingin berhenti merokok beranggapan bahwa merokok dapat mengurangi berat badan. Meskipun benar namun penurunan nafsu makan dan  peningkatan pembuangan energi karena meroko hanyalah efek jangka pendek. Sedangkan perlu diketahui bahwa disaat yang bersamaan merokok dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

Studi ilmiah menyatakan bahwa lingkar pinggang orang yang merokok cenderung lebih besar dibandingkan yang tidak merokok karena lemak tidak menyebar di tubuh melainkan tertumpuk didaerah perut.

Cara Mengecilkan Perut

Cara Mengecilkan Perut dengan Olahraga

Siapa yang menginginkan perut menjadi buncit dan mengganggu penampilan. Selain itu indikasi penyakit lain yang mengintai juga menjadi kekhawatiran tersendiri. Berbagai cara dicoba agar dapat menghilangkan perut buncit. Untuk menghilangkan perut buncit memang memerlukan usaha yang giat karena tidak bisa hanya sekali percobaan.

Salah satu cara yang aman untuk ditempuh adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit. Namun olahraga yang seperti apa yang sesuai untuk mengecilkan perut?

Berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan perut dengan olahraga:

1. Senam aerobik

Senam aerobik adalah salah satu olahraga ringan yang dapat anda lakukan. Manfaat senam aerobik yang bisa anda dapatkan adalah menambah stamina jantung, meningkatkan fungsi jantung, mempercantik kulit, dll.

Unsur kesinambungan, ritme dan intensitas yang teratur mulai dari pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan akan membuat asupan oksigen tidak cepat habis. Selain itu kalori akan terbakar secara efektif, bertahan, dan konsisten.

2. Berenang

Prinsip berenang hampir sama dengan senam aerobik. Gerakannya dapat membakar kalori secaar bertahap. Berenan akan sangat membantu penderita obesitas karena tanpa membebani untuk menopang badan sehingga nyaman untuk dilakukan.

Berenang dapat anda lakukan sebagai salah satu untuk mengecilkan perut dan ada manfaat lainnya yang akan anda dapatkan.

3. Jogging

Diantara olahraga yang ada, jogging adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Tanpa harus bingung mengeluarkan biaya dan mengatur jadwal. Anda bisa melakukan lari santai setiap hari minimal 30 menit agar kalori anda terbakar.

Alternatif lain jika anda tidak memiliki waktu untuk jogging, anda bisa melakukan aktivitas naik turun tangga. Selain dapat mengecilkan perut, joggingj juga dapat mengecilkan paha dan lengan serta menguatkan otot.

4. Bersepeda

Bersepeda dapat anda lakukan karena tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukannya. Anda bisa melakukannya secara kontinyu mungkin setiap sore atau ketika berangkat kerja.

Bersepeda melibatkan otot kaki, perut, dan tangan dan dapat memberi efek mengecilkan perut, paha juga lengan.

5. Push up

Jika anda tidak punya waktu khusus untuk keluar ruangan, anda bisa melakukan olahraga ringan didalam ruangan. Salah satunya adalah dengan push up. Push up dapat meningkatkan kekuatas otot dan meningkatkan kadar hormon testosteron serta menahan juga lemak di perut anda tidak bertambah.

Anda bisa secara rutin melakukannya setiap hari sebanyak 5 kali pada awal minggu percobaan dan bertahap untuk minggu selanjutnya.

6. Sit up

Sit up telah terbukti dapat mengecilkan perut bunci tanpa keluar modal. Anda bisa melakukannya dengan cara berbaring dengan lutut ditekuk, tangan didekat telinga lalu ayun tubuh ke depan dan ulangi secukupnya.

Lakukan secara berkelanjutan setiap hari.

7. Hola hop

Anda bisa mencoba olahraga hola hop karena efektif untuk mengecilkan perut dan mengencangkan otot panggung.

8. Back up

Anda bisa rutin melakukan back up untuk mengurangi kebuncitan pada perut anda. Caranya dengan tidur tengkurang hadap ke lantai, lalu tegangkan tubuh bagian atas dan bawah bersama-sama dengan leher dan kaki tetap lurus.

Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga

Jika anda suka melakukan aktivitas fisik mungkin olahraga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, tidak bagi sebagai orang yang tidak terlalu suka dengan aktivitas fisik. Karena terasa menyiksa apalagi jika ditambah dengan ditek ketat.

Meskipun begitu, anda masih bisa mengecilkan perut tanpa olahraga. Namun anda harus benar-benar konsisten melakukannya suapaya hasilnya optimal.

Berikut adalah cara mengecilkan perut tanpa olahraga:

1. Sarapan teratur

Usahakan anda sarapan dengan teratur dan tidak terlewatkan meski sedang diet ataupun buru-buru. Karena jika anda terlewat untuk sarapan, akan merasa lapas dan akan makan banyak saat makan siang.

Akibatnya perut anda jadi buncit dan berat badan bisa naik saat anda makan apa saja termasuk makanan yang tidak sehat.

2. Kunyah makanan dengan baik

Salah satu cara mengecilkan perut adalah dengan anda mengubah kebiasaan kunyah anda secara perlahan sebelum menelannya.

Dengan mengunyah makanan sampai benar-benar halus maka usus akan bekerja lebih mudah dan anda akan terhindar dari gangguan pencernaan. Selain itu anda akan merasa cepat kenyang.

3. Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak dapat mengecilkan perut ada. Usahakan sebelum minum air putih sebelum makan karena akan membuat anda merasa cepat kenyang.

4. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur adalah makanan sehat yang kaya serat. Pisang, alpukat, apel, dll dan bayam, sawi, brokoli, dll adalah beberapa buah dan sayur yang dapat mengecilkan perut anda.

Dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup maka sistem pencernaan dan metabolisme akan lancar sehingga makanan yang anda makan tidak mengendap menjadi lemak. Anda juga bisa membuat jus buah  tapi tidak usah menambahkan susu atau cairan gula lain.

5. Hindari konsumsi makanan cepat saji

Meskipun rasanya enak, ternyata lemak di perut anda akan semakin bertambah jika anda mengonsumsi makanan cepat saji. Jika anda ingin mengecilkan perut anda, sebaiknya kurangi dan ganti dengan konsumsi makanan rumahan.

6. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang kurang dapat membuat perut anda menjadi bunci seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Usahakan anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari dan berkualitas.

Cara Mengecilkan Perut dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan serat makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengikis penumpukan lemak pada perut anda.

Selain dengan olahraga dan beberapa cara tanpa olahraga, anda bisa coba mengecilkan perut dengan jeruk nipis.

  • Jeruk nipis dan lada. Caranya campur 1 perasan dari 1,5 jeruk nipis dan 1 sdt bubuk lada pada 1 liter air. Minum 1 cangkir 1 hari serta imbangi dengan buah dan air putih.
  • Salad dan jeruk nipis. Anda bisa konsumsi salah yang berisi timun, kubis, bawang, tomat, kecambah dan perasan 1 jeruk nipis serta 1 sdt bawang putih cincang, garam hitam dan cabe hijau.
  • Jeruk nipis dan madu. Caranya dengan mencaput perasan 0,5 jeruk nipis dengan 1 sdt madu pada 1 gelas air hangat. Minum setiap pagi saat perut kosong.
  • Jeruk nipis, jahe dan teh hijau. Caranya campur 2 sdm perasan jeruk nipis dengan 0,5 sdt jahe bubuk pada secangkir teh hijau panas lalu tambah 1,5 sdt maple madu atau maple. Minum 2 kali sehari.

Makanan penghilang perut Buncit

Anda juga bisa untuk mengonsumsi makanan yang dapat meghilangkan perut buncit. Namun, sebaiknya imbangi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang teratur. Makanan penghilang perut buncit adalah sebagai berikut:

  • Biji-bijian, mengandung karbohidrat dan dapat membentuk otot termasuk otot perut
  • Sayur – sayuran hijau, mengandung kalium yang tinggi sehingga gas yang ada dalam tubuh anda dapat keluar dengan cepat
  • Pisang, mengandung karbohidrat sebaagi cadangan energi saat anda kelaparan
  • Buah berry, mengandung protein, fosfor, antioksidan, vitamin C, dan antibakteri. Jika anda mengonsumsi 35 gram buah berry setiap hari maka dapat mengurangi jumlah asupan kalori kalori.
  • Kacang almond, megandung lemak baik, kaya akan serat, antioksidan dan vitamin E. Selain itu juga mengandung besi, zinc dan magnesium untuk membantu pembentukan jaringan otot.
  • Alpukat, mengandung lemak baik yang tidak membuat gendung. Sehingga dapat menunda rasa lapar yang anda rasakan dan menetralisir gula darah agar terhindar dari diabetes.
  • Telur, anda dapat mengonsumsi 2 telur saat sarapan karena dapat mengurangi lingkar perut anda hingga 34 %
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.