Kumpulan Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Lengkap

Kayaknya semua orang pernah memiliki jerawat. Namun semua orang tentu tidak menginginkan adanya jerawat yang muncul pada kulit mereka. Jerawat terasa menganggu penampilan dan membuat kepercayan diri berkurang.

Jerawat dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada usia remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Tetapi, beberapa kebiasaan yang tanpa anda sadari juga bisa menjadi faktor penyebab jerawat.

Jerawat pada orang dewasa cenderung lebih mudah dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Pada dasarnya jerawat bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Namun tidak jarang membuat kepercayaan diri orang yang mengalaminya menjadi berkurang.

Setelah ada jerawat, masih ada lagi masalah yang dialami yaitu bekas jerawat. Tak jarang justru bekas jerawat lebih bertahan lama dibanding jerawat itu sendiri. Beberapa orang juga kesulitan untuk menghilangkannya.

Oleh karena itu, anda perlu menyimak pembahasan pada artikel ini tentang cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Penyebab Jerawat

Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, sebaiknya anda mengetahui dulu penyebab timbulnya jerawat agar nantinya terhindar dari jerawat. Gejala dasar jerawat ditandai dengan benjolan kecil berwarna kemerahan atau kuning yang muncul pada permukaan kulit. Disamping itu, beberapa orang mengalami sensasi gatal dan sensasi seperti panas terbakar.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat:

1. Produksi sebum yang berlebih.

Sebum berfungsi menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat. Orang dengan kulit berminyak memiliki sebum berlebih dan memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

2. Adanya sumbatan pada folikel rambut.

Sumbatan biasanya terjadi karena kelenjak minyak memproduksi minyak yang berlebihan sehingga ada penumpukan sel kulit mati dan kotoran lainnya. Sumbatan tersbeut akan memberi kemudahan bakteri berkembang dalam pori – pori. Jika pori – pori kulit mengalaman peradangan maka jerawat akan terbentuk.

3. Bakteri

Bakteri penyebab jerawat adalah propionibacterium acnes. Bakteri tersebut dapat tumbuh di udara dan tidak menghasilkan endospora.

4. Hormon

Hormon yang menjadi penyebab munculnya jerawat adalah hormon androgen. Timbulnya jerawat karena kelebihan produksi kelenjar minyak yang dipicu oleh hormon androgen

Simak juga: info seputar demam berdarah yang perlu diketahui

Faktor Penyebab Jerawat Lainnya

Faktor diatas adalah penyebab timbulnya jerawat. Namun, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat pada anda. Faktor yang dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Masa pubertas

Pada masa pubertas, produksi hormon testosteron akan lebih banyak. Oleh karena itu, produksi minyak pada kulit juga akan meningkat. jika kulit berminyak maka resiko untuk mengalami jerawta akan lebih tinggi.

2. Perubahan hormon

Pada wanita, jerawat akan muncul karena adanya perubahan hormon pada waktu tertentu seperti pada saat menstruasi. Menjelang menstruasi, kadar testosteron akan menyebabkan kelenjar minyak lebih aktif bekerja.

Akibatnya pori – pori kulit dapat tersumbat dan bakteri P.acnes dapat berkembang biak dan kulit mengalami peradangan dalam bentuk jerawat.

3. Keturunan

Jika anda memiliki riwayat keluarga sepeti orang tua anda yang berjerawat, maka anda akan memiliki kemungkinan untuk berjerawat juga. Faktor genetik juga dapat menyebabkan munculnya jerawat.

4. Make-up atau zat iritan

Jika anda menggunakan produk kosmetik yang memiliki kandungan minyak, contohnya krim, foundation, lotion,dll maka anda bisa mengalami jerawat. Karena produk tersebut menyebabkan folikel rambut tersumbat dan akan lebih mungkin tumbuh jerawat.

Oleh karena itu, anda harus rajin membersihkan wajah anda setelah memakai riasan make up.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

5. Stres

Stres bukanlah faktor penyeba jerawat, namun stres yang anda alami dapat membuat jerawat yang anda alami menjadi lebih parah

6. Gesekan pada kulit

Gesekan suatu benda dengan kulit daat menyebabkan timbulnya jerawat dan juga memperparah jerawat. Misalnya, saat anda bermain biola dan menahannya di pipi, anda akan lebih beresiko mengalami jerawat.

7. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan seperti obat untuk depresi, kortikosteroid, lithium dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Faktor diatas adalah faktor yang dapat meningkatkan resiko anda mengalami jerawat. Dengan mengetahui faktor tersebut, anda sudah tahu penyebab timbulnya jerawat dan melakukan pencegahan agar anda tidak mengalami jerawat. Anda juga bisa mengatasi masalah jerawat yang anda alami dengan membaca lebih lanjut pembahasan berikut.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jika pembahasan sebelumnya anda sudah mengetahui faktor penyebab jerawat, maka anda juga harus tahu cara menghilangkan jerawat. Selain menggunakan suatu produk yang terdapat bahan kimianya, anda bisa menghlangkan jerawat secara alami.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan akan relatif lebih aman. Ada banyak metode yang biasa anda coba. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah sehingga lebih terjamin kehigienisannya.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami.

1. Masker Soda Kue dan Air

Selain sebagai bahan kue, anda bisa menggunakan soda kue untuk mengatasi masalah jerawat anda. Dalam soda kue terdapat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat menyembuhkan jerawat. Selain itu, soda kue juga memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan PH kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Cara membuat masker soda kue adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan soda kue sebanyak 2 sendok makan dengan air dan aduk sampai kental
  2. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu, lalu oleskan hasil campuran pada wajah anda secara merata
  3. Diamkan selama 10 hingga 15 menit dan berikan sedikit pijatan pada area jerawat
  4. Bersihkan dengan air hangat

Anda bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan jerawat selama beberapa kali dan tidak disarankan digunakan setiap hari. Karena dikhawatirkan terjadi iritasi pada kulit anda dan menghilangkan minyak yang menjadi pelindung bagi kulit anda.

2. Bawang Putih

Selain bermanfaat untuk bumbu dapur, bawang putih juga berkhasiat untik anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik yang mampu menjaga kesehatan kulit. Dalam bawang putih, terdapat kandungan berupa zat sulfur yang dapat membantu menghilangkan adanya peradangan pada kulit dan menghilangkan jerawat secara cepat.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan 1 siung bawang putih. Untuk menghilangkan jerawat yang muncul, anda bisa melakukannya dengan dua cara;

  • Cara pertama adalah membagi 1 siung bawang putih menjadi dua. Lalu gosokkan secara langsung pada bagian yang berjerawat. Birkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.
  • Cara lainnya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu sebelum diaplikasi pada wajah. Lalu diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Lidah buaya mengandung polifeno yang berfungsi sebagai anti bakteri. Senyawa tersebut dapat membantu anda menghilangkan jerawat.

Caranya cukup mudah yaitu;

  • Iris lidah buaya dan bagian dagingnya keluarkan.
  • Lalu haluskan dengan sendok sampai berbentuk seperti gel dan aplikasikan ke wajah anda.
  • Biarkan selama 30 hingga 45 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Masker Putih Telur

Putih telur telah dipercaya memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat. Putih telur mengandung enzim lysonzim yang dapat membuat dinding bakteri penyebab jerawat menjadi hancur. Selain itu, putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak yang berlebih sehingga mengurangi resiko penyebab jerawat.

Baca:   Info Seputar Penyakit Demam Berdarah Dengue Yang Perlu di Ketahui

Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan telur dan pisahkan putih telurnya lalu kocok hingga mengembang.
  • Untuk menghilangkan baunya yang sedikit amis, tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon sebanyak 1 sdm.
  • Aplikasikan secara merata pada wajah dan biarkan selama 15 menit hingga 30 menit.
  • Jangan lupa bilas dengan air hangat.

5. Masker Pepaya

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata pepaya dapat membantu menghilangkan jerawat yang anda alami. kandungan enzim papain pada pepaya dapat mengikis sel kulit yang mati. Selain itu, kandungan antioksidan pepaya dapat mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit.

Caranya sebagai berikut:

  • Sediakan buah pepaya matang dan potong secukupnya. Haluskan pepaya sampai menjadi bubur.
  • Anda juga bisa menambahkan madu atau lemon 1 sdm.
  • Pakai sebagai masker lalu biarkan selama 20 hingga 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.

6. Kulit Jeruk

Jika buah Jeruk telah dikenal akan kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, maka kulit jeruk juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin A dan C, flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Maka dari itu, kulit jeruk dapat mengecilkan pori – pori terbuka, megangkat sel kulit yang mati dan menghilangkan jerawat serta noda bekas jerawat.

Caranya kira-kira sebagai berikut:

  • Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, tumbuk kulit jeruk sampai halus.
  • Tambahkan sediit air lalu aplikasikan pada wajah dan area yang berjerawat.
  • Diamkan selama 15 hingga 30 menit dan jangan lupa basuk wajah dengan air hangat.

7. Cuka Apel

Bahan dasar adalah buah apel yang mengandung vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Cuka apel mengandung asam asetat dan anti mikroba serta anti septik yang dapat membantu anda membasmi bakteri penyebab jerawat.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 2 sendok teh cuka apel dan 50 ml air.
  • Celupkan kapas lalu aplikasikan pada permukaan wajah secara merata.
  • Pada area yang berjerawat, oles berkali – kali dan diamkan selama 20 menit.
  • Jangan lupa bilas dengan air hangat.

Jika ingin hasil yang optimal, anda dapat melakukannya secara rutin sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Produk Penghilang Jerawat

Jerawat bisa menjadi masalah yang menyebalkan dan kesal sendiri. Jika anda mengalami jerawat yang mengganggu penampilan anda, jangan khawatir karena ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkannya. Selain menggunakan beberapa cara diatas, anda bisa menggunakan produk penghilang jerawat.

Anda bisa mencari referensi baik dari beauty vlogger, mencoba saran perawatan jerawat DIY dari pinterest, dll.

Jika kamu kebingungan mencari poduk untuk mengatasi masalah jerawat yang alami, berikut rekomentasi produk penghilang jerawat untuk mengobati jerawat anda:

1. Bioaqua Acne Rejuvenation Cream

Produk ini anda gunakan untuk menyamarkan bekas jerawat dan bintk hitam, membuat tekstur kulit lebih sempurna dan membuat kulit tampak lebih cerah. Karena tekstur produk yang tidak lengket, produk ini dapat memudarkan bekas jerawat dengan cepat.

Anda hanya perlu oleskan krim pada permukaan kulit dan pijat agar terserap sempurna. Anda bisa gunakan sehari 3 kali selama 28 hari. Penggunaan yang rutin dan teratur akan membantu anda mendaptkan hasil yang optimal. Harganya sekitar Rp 45.000.

2. Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Aloe Vera telah dikenal khasiatnya untuk mengatasi masalah pada kulit. Produk Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel merupakan produk yang telah dipercaya dan bahkan diminati banyak orang hingga best seller.

Produk ini mengandung bahan alami sehingga aman digunakan. Produk ini dapat menyembuhkan luka jerawat, memudarkan bekas jerawat, memblokir pergerakan bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat, mengecilkan pori-pori, dll. Anda bisa temukan pada toko penjual produk kecantikan tertentu dengan mudah.

Baca:   Cara Pencegahan Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

3. Boen Pink Acne Series

Produk ini mampu mengatasi jerawat dan juga bisa memutihkan wajah. Produk ini aman karena memiliki label BPM. Produk ini bereaksi secara aktif hanya dalam 2 minggu.

Jika anda membeli 1 paket produk maka anda akan mendapatkan lightening day cream, night cream, calming cream dan whitening toner.

4. Garnier Pure Active Acne – Care Whitening Cream

Produk ini mengandung perlite dan slicylic acid yang dapat menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat. Selain itu produk ini juga bermanfaat untk mengatasi pori yang tersumbat dan menghilangkan komedo.

Anda dapat dengan mudah menemukannya baik secara offline maupun online dipasaran.

5. Immortal Moisturizing Cream Acne

Kandungan yang terdapat dalam produk ini juga dikenal ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, formulasi dalam krim ini juga dapat membuat kulit wajah lebih halus.

Untuk pencegahan timbulnya jerawat lagi, anda dapat gunakan secara teratur. Anda dapat dengan mudah mencarinya dan harganya sekitar 20 ribu rupah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Jika anda sudah berusaha menghilangkan dan mengobati jerawat, maka anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan noda bekas jerawat. Selain jerawat, noda bekas jerawat juga nampak jelas terlihat dan sangat mengganggu penampilan.

Anda anda bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami yang aman dan tentunya tidak menghabiskan banyak uang. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Kentang

Kentang diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat.

Anda hanya perlu mengiris kentang secara tipis dan mengaplikasikannya pada area bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Untuk hasil optimal, lakukan seminggu 3 kali.

2. Mentimun

Mentimun telah banyak dipakai kaum wanita untuk masker wajah. Kandungan vitamin dan megnesium bermanfaat untuk kulit dan mampu menghidrasi kulit. Caranya cukup iris timun tipis dan letakkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Lemon

Kandungan AHA pada lemon dapat menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya belah lemon menjadi 2 dan peras. Aplikasikan air perasan pada bekas jerawat dan diamkan hingga kering. Jangan lupa bilas dengan air bersih dan gunakan pelembang. Anda dapat melakukannya setiap 2 atau 3 hari sekali.

4. Lidah Buaya

Selain menghilangkan jerawat, lidah buaya juga mampu menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Anda hanya perlu oleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat dan diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Madu

Madu memiliki banyak manfaat termasuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya oleskan madu murni pada bekas jerawat dan diamkan sampai kering. Jangan lupa bilas dengan air hangat.

Produk/Krim Penghilang Bekas Jerawat

Selain dengan cara alami, anda juga bisa menggunakan produk atau krim yang aman untuk menghilangkan bekas jerawat, diantaranya adalah:

  • Acner Spot Care, memiliki kandungan ascorbyl glucoside yang menghambat produksi melanin termasuk bekas jerawat yang menghitam
  • Neutrogena On the Spot Acne Treatment, mengandung 2,5% benzoyl peroxide yanng mampu menyembuhkan luka bekas jerawat
  • Zoya Acne Spot Treat Cream, mengandung formula antibakteri
  • Himalaya Herbal Acne n Pimple, mengandung aloe vera untuk menyamarkan bekas jerawat
  • Benton Snail Bee High Content Steam Cream, mampu menghidrasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat

Demikian info tentang cara menghilangkan jerawat, dan juga cara menghilangkan bekas jerawat. Semoga bisa berguna untuk anda.

Artikel lainnya:

Leave a Comment