Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda

Lingkaran hitam pada mata panda terlihat sangat lucu pada panda. Namun, bila lingkaran hitam itu ada pada mata manusia sama sekali tidak menjadi hal yang lucu. Sebutan lain dari kondisi ini adalah kantung mata atau mata panda.

Mata panda termasuk masalah umum yang dihadapi oleh kaum wanita maupun laki-laki. Bagi wanita, lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda adalah masalah kecantikan yang sangat mengganggu penampilan.

Sebagian besar orang pada umumnya mengaitkan mata panda pada seseorang akibat mereka kurang tidur. Namun kurang tidur adalah salah satu faktor, masih ada faktor lainnya yang menyebabkan adanya kantung mata atau mata panda. Oleh karena itu, memahami faktor penyebab timbulnya kantung atau lingkaran hitam pada mata anda adalah langkah awal untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Anda bisa menghilangkan kantung mata atau mata panda dengan cara-cara yang akan dibahas pada pembahasan yang lebih lanjut.

Apa Itu Mata Panda

Kantung mata atau mata panda yang dalam bahasa inggris disebut puffy eyes adalah kondisi dimana terdapat lingkaran berwarna hitam seperti mata panda yang muncul di bawah mata.

Mata panda terjadi akibat beberapa faktor. Perlu anda ketahui bahwa dibandingkan dengan area lain yang ada di wajah anda, area mata memiliki kulit yang sangat tipis. Selain itu strukturnya juga lebih kompleks. Kulit yang tipis pada area mata membuat pigmen dibawah mata lebih menonjol keluar dan memberi kesan lebih gelap pada lingkaran.

Tak heran jika mata anda lebih sering membengkak entah karena kurang tidur, terlalu banyak menangis, dll.

Mata panda atau mata yang berkantung bagi perempuan sangat mengganggu penampilan. Untuk menghindari timbulnya kantung mata atau mata berkantung, sebaiknya anda mengindari faktor –faktor yang dapat menjadikan mata berkantung.

Apa saja penyebab kantung mata besar? Berikut adalah berbagai penyebab mata panda/kenapa ada kantung mata yang dirasa meresahkan penampilan bagi sebagian besar kaum hawa:

1. Kurang tidur

Sebagian besar orang pada umumnya memang mengaitkan kantung mata atau mata panda yang muncul akibat seseorang kurang tidur. Mengapa bisa terjadi?

Tidur dan istirahat yang cukup merupakan langkah agar peredaran darah mengalir dengan baik. Jika waktu tidur anda tidak cukup atau kurang maka akan membuat darah tidak mengalir dengan baik. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa kulit pada area mata sangat tipis, jika anda kurang tidur akan mengakibatkan darah terkumpul di bagian bahwa mata.

Selain itu, jika tidur anda kurang dapat membuat mata menjadi tampak bengkak. Selain muncul mata panda, wajah anda bisa terlihat kusam karena tubuh menjadi lelah akibat tubuh tidak mendapatkan cukup waktu untuk istirahat dan tidur. Bisa dikatakan, salah satu penyebab kantung mata besar yang paling umum adalah ini; kurang tidur.

2. Bertambahnya usia

Semakin usia anda bertambah maka kulit akan menjadi semakin tipis. Kulit menjadi semakin berkurang tingkat elestasitasya.

Terjadinya penuaan menciptakan munculnya bayangan seperti lingkaran hitam pada mata. Pembuluh darah di area mata tampak menonjol dan terlihat seperti mata panda.

3. Menatap layar terlalu lama

Jika anda membuat mata anda bekerja ekstra seperti menatap layar televisi, komputer ataupun telepon genggam terlalu lama maka akan menyebabkan ketegangan pada mata. Akibat ketegangan tersebut, pembuluh darah di area mata menjadi membesar. Oleh karena iu, akan nama kulit disekitar mata menjadi gelap menyerupai mata panda.

4. Faktor Genetik

Mata panda bisa muncul karena diturunkan dalam keluarga. Mata panda juga lebih mudah nampak pada orang dengan kulit lebih gelap.

5. Paparan sinar matahari

Jika anda menghabiskan waktu anda dibawah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama akan memicu tubuh menghasilkan lebih banyak pigmen penggelap kulit (melanin). Jika paparan sinar matahari tersebut mengenai kulit di area sekitar mata dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit sekitar mata, sehingga kulit menjadi lebih gelap dan timbul lingkaran pada mata.

Baca:   Apa Manfaat Sunblock? Lihat Selengkapnya disini

6. Alergi

Beberapa fakta menunjukkan bahwa orang yang memiliki alergi dan sinus akan cenderung menggosok mata. Akibatnya akan nampak mata panda. Ketika seseorang mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin yang dapat menyebabkan pembulih darah membesar. Maka dari itu, kantu pada mata akan lebih terlihat.

Simak juga: mengenali demam berdarah dari awal

Menyamarkan Mata Panda

Terkadang karena satu dan lain hal, anda tidak sempat untuk melakukan perawatan dan harus beraktivitas. Anda bisa menyamarkan mata panda dengan bantuan makeup, concealer mata panda, dll.

Banyak tutorial make up di Youtube yang bisa membantu anda untuk hal ini. Salah satunya adalah video dibawah ini (kami ambil dari youtube).

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara perawatan kantung mata yang bisa anda lakukan, dan juga cara menghilangkan mata berkantung.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Besar/Bengkak

Mata panda yang mengganggu penampilan dapat anda atasi dengan beberapa cara seperti berikut ini:

1. Tidur yang cukup

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa kantung pada mata atau mata panda seringkali di kaitkan erat dengan efek kurang tidur. Oleh karena itu, anda dapat menghilangkan mata panda anda dengan tidur yang cukup.

Meskipun waktu tidur setiap orang berbeda, namun pada umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tujuh sampai sembilan agar untuk istrahat yang cukup setiap malam. Terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk anda karena bisa menyebabkan munculnya mata panda.

2. Kompres dingin mata

Cara lain untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan mengkompres mata anda dengan air dingin. Anda dapat menggunakan kain bersih dan bungkus es batu didalamnya. Lalu pejamkan mara anda dan kompres dingin tersebut letakkan pada mata.

Manfaatnya adalah mengurangi terjadinya pelebatan dan perubahan warna pada pembuluh darah di area mata sementara waktu.

3. Mengurangi minuman yang mengandung kafein dan beralkohol

Tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi akan menyebabkan kulit pada area mata terlihat cekung dan sayu. Akibatnya akan terlihat mata panda. Anda dapat minum air yang cukup serta menghindari minuman beralkohol dan mengandung kafein. Selain itu, hidari juga untuk merokok. Karena hal tersebut dapat memicu dehidrasi pada tubuh dan area mata menjadi gelap.

4. Menggunakan krim

Untuk membantu mencerahkan warna hitam yang ada pada kantung mata, anda bisa mengoleskan krim yang mengandung retinol, vitamin C dan vitamin E.

5. Memakai kaca mata hitam

Anda dapat menggunakan kaca mata hitam saat akan melakukan aktivitas yang terkena paparan sinar matahari.

6. Tidak menggosok mata

Saat anda merasakan alergi dan mata terasa gatal, usahakan jangan menggosoknya. Sebaiknya anda mengunjungi dokter nuntuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari hal yang dapat menyebabkan alergi tersebut muncul.

7. Make up

Langkah yang mungkin bisa anda lakukan adalah menggunakan concealer tipis sesuai dengan warna kulit anda di area mata untuk menyamarkan mata panda.

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Es Batu

Hal pertama yang dilihat sebagian orang pada penampilan adalah wajah. Kondisi wajah juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Pentingnya penampilan pada wajah membuat tidak sedikit wanita yang mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan kondisi wajah yang diinginkan.

Mata berkantung atau mata panda meskipun kondisi yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, tetap saja mengganggu penampilan dan bahkan tidak menjadi percaya diri.

Sebelum meggunakan kosmetik untuk menyamarkan kantung mata, anda bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkan kantung pada mata anda. Salah satunya adalah menggunakan es batu.

Selain menghilangkan kantung mata, es batu yang dikompreskan pada mata dapat bermanfaat untuk relaksasi pada kulit sekitar kantung mata.

Baca:   Manfaat Daun Sirsak, Cara Mengolah, dan Khasiatnya

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan kantung es dan segelas es batu atau es balok ukuran kecil
  2. Es batu yang telah disiapkan, dimasukkan kedalam kantung es berupa kain bersih
  3. Letakkan kantung bungkus es batu tersebut pada kantung mata anda.
  4. Lakukan kompres dingin pada mata saat anda bangun di pagi hari. Es batu yang bersuhu dingin akan membantu mengurangi pembengkakan
  5. Lakukan juga pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup agar hasilnya optimal.
  6. Gunakan timun ataupun lidah buaya selesai melakukan kompres jika diperlukan. Keduanya juga bisa mengatasai kantung mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Sendok

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata yang bagi sebagian besar wanita sangat mengganggu penampilan. Beberapa aktivitas biasa yang mungkin tidak disadari dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Jika anda suka menonton film drama dan sering menangis saat menontonnya, bersiaplah mata anda berkantung atau muncul mata panda pda keesokan harinya. Berbagai faktor penyebab lainnya bisa ada baca lagi pada pembahasan diatas.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk mengilangkan kantung pada mata anda adalah dengan menggunakan sendok. Sendok terbuat dari logam alumunium yang merupakan penghantar suhu yang baik. Lalu suhu dingin adapat mengurangi pembengkakan termasuk lingkaran pada area bawah mata. Caranya seperti apa?

Berikut adalah cara menghilangkan kantung mata dengan sendok:

  1. Sediakan dua buah sendok makan
  2. Masukkan kedua sendok tersebut kedalam kulkas dan biarkan beberapa menit agar sendok menyerap suhu dingin di dalam kulkas. Setelah dingin, ambil sendok dari kulkas
  3. Pada bagian sendok yang cembung tempelkan pada bagian bawah kelopak mata. Diamkan beberapa waktu.
  4. Menggunakan sendok tersebut, lakukan gerakan melingkar sampai rasa dingin pada sendok mulai menghilang. Suhu yang dingin akan mengurangi bengkak pada kantung mata dan menghilangkan bayangan hitam.

Jika ada tidak dapat menggunakan freezer kulkas untuk mendinginkan anda, anda bisa gunakan cara lain. Caranya adalah dengan merendam sendok kedalam sebuah wadah yang telah diisi dengan air es dan es batu.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

Mata berkantung atau mata panda memang bukanlah masalah yang serius yang membahayakan kesehatan. Tapi kan membuat penampilan menjadi kurang menarik, apalagi kaum hawa. Selain cara diatas, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan.

Anda bisa menghilangkan kantung mata secara alami ada permanen, dengan beberapa cara berikut:

1. Masker kentang

Selain sebagai makanan yang mengandung karbohidrat, kentang juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Kentang dapat memutihkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, anda juga bisa menggunakan masker kentang untuk menghilangkan mata panda.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan 1 buah kentang yang telah dikupas. Anda bisa menggunakan waslap untuk membungkusnya. Pada area sekitar mata, tempelkan waslap tersebut. Biarkan selama 20 menit dan lakukan sebelum tidur dan setelah bangun pagi secara rutin.

2. Masker Bengkoang

Bengkoang telah dikenal memiliki manfaat untuk memutihkan wajah. Namun, ternyata bengkoang juga bisa menghilangkan kantung mata. Anda bisa membuat masker bengkoang untuk menghilangkan kantung mata anda.

Kupas bengkoang hingga bersih dan haluskan. Bungkus masker bengkoang tersebut dengan waslap. Selanjutnya, anda bisa menempelkannya pada bagian area mata. Dinginnya bengkoang dapat memerikan sensasi yang membuat area sekitar mata menjadi lebih segar.

3. Kantung Teh

Zat tanin yang terkandung dalam teh ternyata mampu mengecilkan pori – pori dan dapat membuat kulit wajah lebih kencang. Khasiat kantung memang banyak orang yang belum tahu. Tapi, tak ada salahnya anda mencoba untuk menghilangkan kantung mata dengan kantung teh.

Caranya adalah dengan mencelupkan 2 buah kantung teh ke dlaam air es. Selanjutnya kantung teh tersebut letakkan menutupi mata. Biarkan selama 20 menit untuk mendapatkan hasil yang baik.

4. Irisan Buah Tomat

Cara ini biasa dipakai oleh kaum wanita. Cara menghilangkan kantung mata dengan tomat cukup simpel kok, cukup memakai irisan buah tomat untuk menghilangkan kantung mata. Iris buah tomat lalu menempelkan pada area mata.

Baca:   Berbagai Manfaat Daun Kelor, Khasiat, dan Juga Efek Sampingnya

Diamkan selama 30 menit agar sensasi dingin buah tomat memberikan efek yang dapat membuat mata lebih segar dan mengurangi hitam pada kantung mata.

5. Irisan Buah Mentimun

Buah mentimun juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Anda bisa iris buah mentimun berbentuk bulan. Iris dengan ukuran yang tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis. Irisan timun tersebut tempelkan pada mata.

Anda bisa menggunakannya pada saat posisi tidur. Setidaknya diamkan selama 30 menit agar membuat mata anda lebih segar.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah diketahui memang memiliki banyak khasiat. Kandungan vitamin yang ada pada minyak zaitum bermanfaat untuk membuat kulit yang kendung menjadi lebih kencang serta dapat mencegah penuaan dini.

Khasiatnya untuk menghilangkan kantung mata juga telah terbukti efektif. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan minyak zaitum secara rutin dan teratur sebelum tidur dimalam hari.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kantung mata adalah sebagai berikut:

  1. Membersihkan wajah dengan sabun muka agar kotoran yang ada pada wajah menjadi bersih
  2. Oleskan minyak zaitun pada daerah kantung mata hingga merata
  3. Anda bisa diamkan sembari tidur
  4. Keesokan harina pada saat bangun dari tidur anda, cuci wajah anda dan lakukan teratur di malam hari untuk mendapatkan hasil yang optimal dan dukung dengan istirahat yang cukupp dan minum air putih yang cukup.

Cara Menghilangkan Kantung Mata karena Keturunan

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan munculnya kantung mata atau mata panda adalah karena keturunan. nah pertanyaannya. apakah kantung mata keturunan bisa dihilangkan?

Meskipun faktor keturunan, bukan berarti masalah yang ada pada kantung mata anda tidak bisa hilang.

Beberapa cara dapat anda lakukan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata anda tersebut. Namun, anda juga harus siap jika beberapa cara tidak berhasil karena kantung mata akibat faktor genetik cenderung lebih susah untuk dihilangkan.

Untuk menghilangkan kantung mata karena keturunan dapat anda lakukan dengan beberapa cara di atas seperti menggunakan kantung teh, kompres dingin, tidur cukup, dll.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah:

  1. Chemical peeling secara profesional. Prosedur chemical peeling dapat mengurangi pigmentasi dan memperbaiki penampilan kulit secara menyeluruh.
  2. Menghilangkan kantung mata hitam dengan prosedur laser. Sinar laser dapat membuat pigmentasi pada kulit kurang terlihat.
  3. Menggunakan poduk pemutih kulit. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan carilah produk yang terpercaya dan aman. Anda juga bisa menggunakan krim penghilang kantung mata yang bisa anda dapatkan di pasaran.

Menghilangkan kantung mata dengan laser

Salah satu cara yang juga bisa ditempuh adalah menghilangkan kantung mata dengan laser. Dengan kata lain, anda menghilangkan kantung mata dengan operasi. Jenis operasi menggunakan laser mulai populer karena beberapa keuntungan berikut ini;

  • tidak berbekas
  • bisa mengurangi efek bengkak setelah operasi

Kekurangannya? faktor biaya yang cukup besar. Tergantung klinik bedah, harganya bisa bervariasi antara 7 sampai dengan 30 juta rupiah. Selain itu, ada efek samping dan prosedur perawatan yang harus dilakukan setelah anda melakukan operasi.

Persiapan sebelum operasi

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dulu sebelum melakukan operasi kantung mata.

  1. Konsultasikan dengan dokter. Pastikan apakah langkah operasi ini layak dilakukan?
  2. Periksa juga apakah ada kemungkinan komplikasi dengan kondisi anda?
  3. Pelajari prosedur apa yang nanti akan anda jalani.
  4. ketahui juga perawatan apa yang harus dilakukan nanti setelah operasi, dan apa efek samping yang mungkin terjadi.

Satu hal yang pasti, jika anda bermaksud melakukan prosedur operasi kantung mata, gunakan tenaga ahli yang sudah benar-benar teruji. Lihat juga reviewnya di forum, grup facebook, dan lain sebagainya.

Demikian informasi seputar cara menghilangkan kantung mata atau mata panda yang kami kumpulkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel lainnya:

Leave a Comment