Cara Menghilangkan Komedo, Jenis, Obat dan Penyebabnya

| |

Bagi sebagian besar kaum hawa, penampilan adalah nomor 1. Hal pertama yang akan dilihat pada diri seseorang adalah wajah. Oleh karena itu, sebagian besar wanita tentu tidak akan merasa percaya diri jika ada sesuatu yang salah atau tidak normal diwajahnya. Salah satu yang mengganggu penampilan wanita adalah adanya komedo.

Komedo yang biasanya muncul di bagian hidung, ternyata bisa juga muncul di bagian wajah yang lain. Komedo ditandai dengan adanya bintik kecil berwarna gelap pada kulit. Komedo akan muncul jika anda jarang membersihkan muka, terutama setelah menggunakan make up.

Untuk lebih jelasnya tentang komedo, anda bisa simak pembahasan lebih lanjut dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan Komedo

Komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat yang ditandai dengan adanya benjolan kecil pada permukaan kulit, bisa terbuka ataupun tertutup. Komedo pada kulit biasanya berwarna hitam.

Komedo yang terbuka atau disebut juga dengan blackhead akan lebih terlihat karena pori-pori membesar dan menghitam. Sedangkan komedo yang tertutup atau disebut juga dengan whitehead ditandai dengan tonjolan putih kecil karena kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat.

Komedo sebenarnya termasuk jenis jerawat, namun tergolong jerawat ringan dan pada umumnya muncul pada bagian wajah. Tetapi, tidak jarang juga komedo muncul pada bagian tubuh yang lain seperti leher, dada, blengan, bahu, dan punggung.

Berikut adalah jenis komedo yang umumnya muncul pada seseorang:

  • Komedo terbuka atau komedo hitam
  • Komedo tertutup atau komedo putih
  • Mikrokomedo, yaitu komedo yang amat kecil dan tidak terlihat oleh mata
  • Makrokomedo, yaitu komedo putih dengan ukuran diameter 2 hingga 3 milimeter
  • Komedo raksasa, yaitu seperti sejenis kista dengan ujung terbuka dan diatasnya berwarna hitam
  • Komedo solar, yaitu komedo yang sering muncul di daerah pipi dan dagu pada orang yang telah lanjut usia serta akibat orang yang terkena paparan sinar matahari secara berlebihan.

Cara Menghilangkan Komedo

Apa Penyebab Komedo

Tentu saja, anda tidak ingin melihat sesuatu yang tidak normal atau tidak semestinya ada pada wajah dan tubuh anda, termasuk munculnya komedo. Komedo sebenarnya tidak terasa sakit karena tidak terjadi inflamasi. Namun akan mengalami peradangan, jika dicungkil ataupun digaruk.

Agar anda tidak terkena komedo, maka anda harus menghindari faktor penyebab munculnya komedo. Dengan mengetahui penyebab komedo, maka anda sudah melakukan langkah pencegahan dari komedo.

Nah, apa saja faktor yang menjadi penyebab komedo?

Pada kulit anda sebenarnya terdapat folikel rambut yang terdiri dari sehelai rambut serta sebum atau kelenjar minyak. Fungsinya adalah menjaga kulit supaya tetap halus. Namun jika terdapat sel kulit yang mati, minyak terkumpul pada ujung folikel kulit bagian luar. Kulit diatas komedo akan terpapar udara karena terbuka dan membuat warna komedo seperti terlihat berwarna hitam.

Komedo bisa juga muncul karena dipicu oleh beberapa hal. Hal – hal berikut inilah yang menjadi faktor pemicu tumbuhnya komedo:

  • Makanan yang mengandung kandungan gula dan lemak yang tinggi
  • Memakai produk dengan bahan kimia seperti gel rambut untuk pria yang berminyak serta beberapa cat rambut
  • Mengonsumsi obat – obat dengan kandungan tertentu, seperti steroid, lithium dan pil KB
  • Jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit meningkat. Bakteri tersebut juga menjadi penyebab munculnya jerawat.
  • Meningkatnya produksi minyak yang biasanya merupakan akibat dari perubahan hormon, terutam pada saat remaja dan mengalami menstruasi
  • Pemakaian pelembap kulit atau cuaca sedang lembab yang menyebabkan kulit menjadi terlalu kering
  • Efek dari memencet jerawat yang mengakibatkan folikel rambut menjadi rontok karena cidera, selain itu teknik pembersihan kulit menggunakan lauran kimia degan cara dikelupas juga bisa memicu munculnya komedo
  • Pemakaian kosmetik yang dapat menutupi pori – pori kulit dan membersihkan make up yang tidak benar. Jika anda tidak membersihkan make up dengan benar dapat menyumbat pori – pori wajah dan akibatnya bisa muncul komedo
  • Kebiasaan menyentuh wajah juga dapat memicu timbulnya komedo. Tangan yang kotor menyebabkan bakteri pada tangan berpindah pada wajah

Apa Obat untuk Komedo

Komedo yang muncul pada wajah ataupun bagian lain memang terasa mengganggu penampilan. Anda bisa menghindari faktor pemicu komedo seperti yang dijelaskan sebelumnya agar komedo tidak muncul pada kulit anda. Namun jika anda sedang memiliki komedo, anda bisa melakukan perawat sendiri secara mandiri di rumah.

Anda bisa mencuci wajah anda rutin dua kali sehari degan menggunakan sabun ringan. Usahakan, jangan membeli dan menggunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak. Imbangi usaha anda dengan tidak mengonsumi makanan yang tinggi kandungan gula dan lemak. Sebaiknya anda juga menghindari produk makanan yang mengandung susu. Jika anda perokok, maka berusahalah untuk berhenti merokok jika ingin komedo anda hilang.

Selain pengobatan secara mandiri, anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang dapat anda temukan terjual bebas di pasaran. Obat-obatan tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari bentuk gel, krim ataupun yang ditempelkan pada kulit seperti koyo.

Obat yang biasa tersedia di pasaran untuk menangani komedo adalah obat yang mengandung kandungan benzoyl peroxida, asam salisilat, resorcinol, asam glikolat, dll. Obat tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri, mengurangi minyak yang berlebih dan membantu membuat sel kulit yang telah mati menjadi rontok.

Jika obat yang dijual bebas dipasaran tidak cukup ampuh untuk mengobati komedi yang terjadi pada anda, anda bisa menggunakan obat dari dokter. Kemungkinan dokter akan memberikan resep obat tretinoin, adapalene, dan tazarotene. Obat tersebut mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah jika terjadinya penyumbatan pada folikel rambut. Selain itu, juga berfungsi untuk mempercepat pergantian sel kulit.

Sedangkan jika komedo anda disertai dengan kista jerawat, maka dokter mungkin akan memberikan obat dengan kandungan benzoyl peroxide dan antibiotik.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo yang ada di wajah memang lebih sering membuat merasa minder dan tidak nyaman. Jika pembahasan sebelumnya bagaimana menghilangkan komedo dengan konsumsi obat. Maka pembahasan berikut adalah bagaimana menghilangkan komedo secara alami.

Anda bisa mencoba mempraktrekkannya karena cara berikut sangat aman untuk dilakukan. Jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan menjaga kebersihan wajah.

Beberapa cara menghilangkan komedo secara alami:

1. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C dan juga asam alfa hidroksidi. Lemon sesuai untuk mengatasi komedo secara alami karena asam alfa hidroksidi dalam kandung lemon dapat menangka radikal bebas dalam kulit.

Anda bisa menyiapkan buah lemon dan memerasanya. Hasil air perasan lemon oleskan pada area wajah yang ada komedonya. Selanjutnya, biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata mengandung kandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan dengan buahnya itu sendiri. Masker wajah dari kulit jeruk dapat membantu anda untuk menghilangkan komedo secara alami. Kulit jeruk dapat membantu kulit untuk membersihkan pori – pori. Selain itu, kulit jeruk juga mampu memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan anti oksidan yang dikandungnya.

Anda bisa membuat masker dari kult jeruk dengan menjemur kulit jeruk hingga kering. Jika kulit jeruk sudah benar – benar kering, tumbuklah sampai halus. Siapkan air dan campurkan dengan hasil tumbukan kulit jeruk hingga berbentuk seperti pasta. Anda bisa mengoleskan pasti kulit jeruk pada bagian yang muncul komedo. Lalu biarkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Tomat

Tomat mengandung senyawa antioksidan berupa likopen. Likopen dalam kandungan tomat sangat bermanfaat dalam melindungi sel – sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas karena mengandung sifat antioksidan yang sangat kuat. Sehingga sel kulit mati yang menyebabkan komedo tidak menumpuk.

Cara alami menghilangkan komedo dengan tomat adalah dengan menumbuk halus tomat sampai menjadi bubur. Hasilnya oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air yang bersih.

4. Lidah buaya

Selain membantu untuk meremajakan kulit, khasiat lain lidah buaya adalah membantu menghilangkan komedo dengan cara alami. Lidah buaya dapat mencerahkan kulit dan membersihkan komedo.

Caranya adalah dengan menyiapkan daun lidah buaya secukupnya. Bagian yang harus anda ambil adalah gel yang ada di tengah. Gel tersebut oleskan pada kulit berkomedo secara merata. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

5. Madu

Khasiat pada madu memang sudah tidak diragukan lagi. Sejak dahulu, madu telah dimanfaat sebagai masker. Madu juga bisa menghilangkan komedi karena kandungan anti bakteri dan antioksidan dalam kandungan madu.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan satu sendok makan madu pada wajah secara mata. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis akan membantu mengangkat sel kulit yang mati. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin C dapat membantu kulit terhindar dari jerawat.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan komedo adalah dengan memeras buah jeruk nipis. Selanjutnya, air perasan dioleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

7. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang membantu regenerasi kulit. Selain itu pepaya juga mengandung vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan. Pepaya dapat membantu menghilangkan komedo karena khasiatnya dapat membersihkan sel kulit mati.

Anda bisa menyiapkan pepaya dan potong menjadi kecil – kecil. Selanjutnya haluskan hingga lembut. Hasilnya gunakan sebagai masker dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih hingga bersih.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Selain cara – cara diatas, masih ada cara lain yang bisa anda coba untuk menghilangkan komedo. Anda bisa memanfaatkan pasta gigi untuk membantu anda mengatasi masalah komedo yang anda alami. pasta gigi mengandung flouride dan juga mineral yang bisa menghilangkan komedo. Kedua kandungan tersebut telah dikenal untuk mengeringkan jerawat dan membuat wajah yang kasar karena komedo menjadi lebih mulus. Namun, anda harus memilih pasta gigi dengan benar karena pasta gigi yang biasa dijual oleh pabrik mengandung bahan kimia dan tidak alami.

Anda bisa memilih pasta gigi yang terbuat dari herbal. Anda bisa memilih pasta gigi putih, bukan yang gel dan pilihlah yang paling polos. Meskipun beberapa menyarankan menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo, tetapi kebanyakan dokter tidak menyarankannya. Karena kandungan bahan kimia didalamnya yang bisa saja malah menyebabkan masalah kulit lainnya, misalnya alergi. Namun, jika anda ingin mencobanya, pilihlah pasta gigi yang tepat dan sebaiknya terbuat dari bahan herbal.

Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada wajah secara merata dan diamkan sampai benar – benar kering. Lalu biarkan selama 15 menit. Jika sudah mengering, gosok pelan – pelan pada kulit. Jangan lupa basuk dengan air hingga bersih. Jika anda tidak ingin menggunakan tangan, anda juga bisa memanfaatkan waslap yang telah direndam dengan minyak zaitun ataupun almon. Kemudian lakukan dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Anda juga bisa menambahkan garam untuk hasil yang lebih cepat. Caranya campurkan pasta dan garam dengan perbandingan 1:1. Anda bisa tambahkan air jika campuran terlalu kental. Lalu gosokkan pada wajah dan biarkan hingga 5 sampai 10 menit. Sebelum membasuhnya dengan air, anda bisa menggosoknya sambil beri gerakan memutar untuk menghilangkan komedo. Setelah wajah dibasuh dan kering, oleskan pelembab yang biasa anda gunakan.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Baby Oil

Cara lain yang belum diketahui banyak orang dalam usaha menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan baby oil. Cara ini dibilang cukup mudah, efisien dan tidak membuat merasa kesakitan.

Baby oil memiliki kandungan vitamen E yang dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah. Selain itu baby oil juga memiliki PH normal yang dapat mengurangi iritasi pada wajah. Anda hanya perlu mempersiapkan air hangat, handuk bersih, kapas yang biasa untuk make up, dan juga baby oil.

Cara menghilangkan komedo dengan baby oil adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan air hangat dan handuk bersih yang telah anda siapkan untuk membersihkan wajah anda. Hal ini anda lakukan agar dapat membuka pori-pori wajah anda dan sel-sel kulit yang mati dapat terangkat dari wajah anda.
  2. Sediakan kapas dan tuangkan baby oil secukupnya lalu oleskan pada bagian wajah berkomedo
  3. Berikan pijatan lembut agar baby oil dapat meresap ke kulit
  4. Lakukan rutin selama seminggu sekali untuk hasil yang maksimal

Produk Sabun dan Masker yang Bisa Menghilangkan Komedo

Anda juga bisa menggunakan produk seperti sabun dan masker untuk mengatasi masalah komedo anda. Anda bisa memakai merk sabun cuci muka berikut untuk menghilangkan komedo:

  1. Origins Zero OilTM Deep Pore Cleanser
  2. Olay Acne Control Scrub and Blackhead Treatment
  3. Neutrogena Blackhead Eliminating Daily Scrub
  4. Clean and Clear Daily Pore Cleanser
  5. St. Ives Acne Control Apricot Scrub
  6. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Face Wash

Selain sabun cuci muka diatas, anda juga bisa menggunakan produk masker berikut untuk menghilangkan komedo :

  1. Tata Harper Resurfacing Mask
  2. Biore Charcoal Self Heating One Minute Mask
  3. Benefit Cosmetics Refined Finish Facial Polish
  4. Elizavecca Milky Piggy Carbonated Buble Clay Mask
  5. Aztec Secret Indian Healing Clay Deep Pore Cleansing Mask
  6. GlamGlow Supermud Clearing Treatment
  7. Biotherm Purefect Skin 2 in 1 Pore Mask Normal to Oily Skin

Anda perlu menyeimbangkan dengan makanan yang sehat dan melakukan pencegahan munculnya kembali komedo agar wajah anda tetap halus dan bersih serta sehat.

FAQ

Blackhead atau Komedo hitam itu apa?

Komedo hitam (blackhead) adalah jenis komedo terbuka, dimana sel kulit mati dan minyak berkumpul di ujung luar folikel kulit. Setelah terkena udara dan kotoran, maka warnanya menjadi hitam.

Whitehead atau Komedo putih itu apa?

Komedo putih (whitehead) adalah jenis komedo tertutup dimana sel kulit mati, kotoran, dan minyak terperangkap dalam pori-pori kulit. karena tertutup, tidak terlihat adanya kotoran di permukaan sehingga terlihat putih seperti kulit biasa, hanya saja sedikit menonjol.

Masker apa yang bisa menghilangkan komedo?

Ada beberapa jenis masker yang bisa menghilangkan komedo dan populer digunakan. Antara lain;
– masker putih telur.
– masker lidah buaya.
– masker kayu manis.
– masker tomat.
– masker tanah liat atau clay mask

Apakah baking soda bisa menghilangkan komedo?

Bisa. Baking soda bsia digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Anda bisa menggunakan baking soda dengan campuran bahan lain seperti air sulung, jus lemon, madu, minyak kelapa, oatmeal, dan lain sebagainya, lalu gunakan sebagai masker di area komedo muncul.

Artikel Lainnya

Leave a Comment