Tips Cara Rambut Cepat Panjang Secara Alami

| |

Setiap pria memiliki masing-masing kriteria dalam menilai kecantikan wanita. Tidak sedikit pria yang lebih tertarik dengan wanita dengan rambut panjang. Sebagian besar wanita juga menganggap bahwa wanita dengan rambut panjang lebih sering mendapat predikat cewek cantik. Bagi wanita, rambut adalah mahkota yang harus dijaga dan dirawat. Wanita yang memiliki rambut panjang akan menunjukkan status serta keindahan sebagai seorang wanita. Wanita dengan rambut panjang akan lebih terlihat feminim, seksi, dan juga ideal sebagai wanita cantik.

Tidak hanya rambut yang panjang, namun rambut panjang yang juga sehat. Wanita dengan rambut yang panjang memang harus berusaha lebih untuk merawat rambut. Namun, memiliki rambut yag panjang adalah kesenangan diri bagi sebagian wanita. Wanita dengan rambut yang panjang memiliki pesona tersendiri di mata para pria.

Jika anda membutuhkan informasi yang terkait dengan cara rambut agar cepat panjang, anda bisa menyimak lebih lanjut pada pembahasan berikut ini.

Pada artikel ini anda akan mendapatkan informasi seputar cara membuat rambut cepat panjang, mulai dari vitamin yang dibutuhkan rambut, cara memanjangkan rambut secara alami, produk shampo yang direkomendasikan untuk memanjangkan rambut, dll.

Vitamin dan Zat Lain yang Dibutuhkan Rambut

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Kecantikan akan lebih terpancar dengan ditunjang memiliki rambut yang panjang. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami masalah rambut baik yang berambut panjang ataupun pendek. Masalah ini disebabkan oleh berbagai faktor baik dari dalam ataupun dari luar.

Rambut yang sehat ditandai dengan kulit kepala yang sehat dan kuatnya akar serta batang rambut. Jika anda menginginkan rambut anda sehat dan subur, anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi rambut anda. Tidak hanya tubuh anda yang memerlukan nutrisi, rambut anda juga membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan pertumbuhan rambut.

Adapun vitamin dan zat lain yang dibutuhkan rambut adalah sebagai berikut:

Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Vitamin A dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala anda, memicu pertumbuhan rambut yang sehat, dan mencegah kekeringan pada rambut. Vitamin A juga dapat membuat rambut anda lebih kuat dan lebih tebal. Jika rambut anda bermasalah, anda bisa coba memperbanyak konsumsi vitamin A.

Makanan yang mengandung vitamin A diantaranya adalah tomat, pepaya, ubi jalar, hati ayam atau sapi, susu, kuning telur, bayang, mangga, dll. Buah dengan warna merah atau orange pekat biasanya kaya akan vitamin  A.

Vitamin B7 (Biotin)

Anda dapat mengonsumsi biotin atau vitamin B karena manfaatnya untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memicu pertumbuhan rambut lebih cepat. Biotin adalah komponen enzim yang memecah karbohidrat, lemak dan juga zat lain dalam tubuh sehingga makanan diubah menjadi energi. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut anda cepat rontok dan tipis.

Anda dapat menembukan kandungan biotin pada makanan seperti alpukar, telur, selai kacang tanah, roti, sereal gandung, ayam, dll. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin dengan anjuran dari dokter.

Vitamin B3 (Niacin)

Seperti vitamin B yang lain, Niacin membantu enzim melakukan kerjanya untuk mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, niacin bermanfaat untuk memperbaiki folikel rambut agar rambut tetap dalam keadaan sehat dan teal. Niacin juga memicu pertumbuhan sel sel rambut baru menjadi lebih cepat. Anda dapat menemukan niacin dari sejumlah bahan seperti susu, yoghurt, kalkun, dada ayam, jamur, tuna, alpuka, dll. Kekurangan niacin, dapat membuat rambut anda menjadi lebih rapuh.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 dapat mempercepat proses metabolisme dan meningkatkan regenerasi jaraingan. Pada rambut, vitamin B12 daat memberikan aliran nutrisi pada folikel rambut, menghilangkan kotemobe, membuat rambut berkilau secara alami, memperbaiki sirkulasi darah dalam sel – sel kulit kepala, dll. Rambut yang kekurangan Cobalamin dapat menjadi kusam, lemah, rusak, rontok dan tak bernyawa. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin B12 dengan mengonsumsi makanan sumber protein hewani seperti ayam, telur, ikan, daging sapi dan produk olahan susu, dll.

Vitamin C

Vitamin C dapat memproduksi kolagen yang baik untuk kesehatan rambut. Vitamin C dapat membantu anda untuk menguatkan akar rambut. Vitamin C juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sehingga rambut terlindungi. Anda dapat menemukan vitamin C pada kandungan seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, brokoli, tomat, paprika merah, dll.

Zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk metobelisme protein, produksi energi, enzim, hemoglobin, dll. Zat besi juga dapat membantu mengedarkan oksigen ke folikel rambut sehingga rambut memperoleh oksigen yang cukup. Rambut anda dapat menjadi rontok, kusan, dan tipis jika rambut anda kekurangan zat besi. Zat besi dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau, kacang mede, daging, sereal, daun bawang, kubis, brokoli, buah – buahan kering, dll.

Seng (Zinc)

Mineral zink dapat membantu mengatasi kerusakan sel, termasuk sel rambut anda. Jika anda mengonsumsi makanan yang menadung mineral zinc daoat mencegah kerontokan pada rambt anda. Karena mineral zinc daoat mempengaruhi kadar androgen yang berhubungan dengan rambut rontok. Anda dapat menemukan zinc pada kandungan makanan, seperti biji wijen, daging domba, coklat hitam, tiram, hati sapi, lobster, dll.

cara rambut cepat panjang

Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Setiap wanita tentu ingin memiliki rambut yang indah dan tebal. Namun berbagai faktor baik dari dalam dari luar membuat rambut menjadi tidak sehat, lemah, dan pertumbuhan rambut tidak baik. Penelitian menunjukkan bahwa rambut biasa tumbuh setiap bulannya seperempat sampai setengah inci.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk memanjangkan rambut secara alami dan bisa anda lakukan dengan mudah.

1. Menyikat rambut selama 1 atau 2 menit setiap hari

Setiap pagi dan malam cobalah untuk menyikat rambut agar sirkulasi di kulit kepala menjadi lebih baik. Anda bisa sambil memberi pijatan dengan lembut. Setidaknya dalam sehari sisir rambut sebanyak 2 kali dan setidaknya selama 2 menit. Hal ini akan membuat sirkulasi darah menjadi sehat. Sehingga folkel rambut bekerja efisien dan dapat menumbuhkan rambut baru yang sehat. Jika rambut dalam keadaan basah, jangan disisir karena akan merusak rambut. Pakailah sisir dengan gigi lebar dan halus.

2. Saat kramas pijat kulit kepada anda

Anda dapat memijar kulit kepala dengan lambut saat keramas selama satu atau dua menit agar aliran darah di kulit kepala menjadi lancar dan rumbuh dapat memanjang dengan cepat.

3. Konsumsi proten yang baik untuk kesehatan rambut

Anda bisa mulai memperbanyak makan protein untuk mempercepat pertumbuhan rambut anda. Makanan dengan kandungan kaya protein, misalnya ikan, ayam, daging merah, dll.

4. Menjaga kesehatan kulit kepala

Jika anda pakai hair conditioner, jangan aplikasikan pada akar rambut anda. Karena akan menyebabkan hilangnya volume rambut dan rambut bisa menjadi berminyak. Anda cukup oleskan kondisioner pada batang rambut anda.

5. Tidak keramas setiap hari

Sebaiknya, anda keramas 2 hingga 3 hari sekali. Karena jika anda terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami rambut. Hilangnya minyak ini dapat membuat rambut menjadi kering sehingga pertumbuhan rambut menjadi tidak baik. Gunakan air dingin pada saat menyiram rambut setelah keramas. Air dingin akan melembutkan kutikula rambut dan mencegah kerusakan dan kekeringan rambut.

6. Bilas rambut dengan cuka sari apel

Kotoran akibat polusi yang menempel pada rambut anda dapat dihilangkan oleh cuka sari apel. Selain itu, cuka sari apel juga mampu menghilangkan residu yang tertinggal setelah pemakaian produk perawatan rambut. Caranya dengan menambahkan 2 sdm cuka kedalam 1 liter air. Lalu bilaskan pada rambut anda. Anda dapat melakukannya setelah keramas. Beberapa tetes minyak esensial favorit anda juga dapat anda campurkan kedalam cuka apel jika anda tidak suka dengan bau cuka. Anda juga bisa menggan cuka sari apel dengan campuran jus lemon dan air.

Alternatif lain yang bisa anda gunakan adalah menggunakan air mawar dan semprotkan pada rambut. Lakukan setelah keramas ambil memijat kulit kepala dengan gerakan melingkar yang lembut. Gunakan kondisioner dan aplikasikan pada batang rambut anda. Biarkan selama beberapa menit dan jangan lupa bilas dengan air hangat.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya telah banyak dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah intuk didapatkan dan bisa tumbuh di segala suhu dan cuaca. Pada lidah buaya terdapat 20 mineral, 12 vitamin, 18 asam amino dan 200 phytonutrient yang baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut.

Enzim dalam lidah buaya dapat mencegah perkembangbiakan jamur dan ketombe. Kandungan lidah buaya dapat meningkatkan sirkulasi darah termasuk aliran darah di kulit kepala seingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan.

Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya adalah seperti pembahasan berikut.

Masker rambut lidah buaya

Cara memanfaatkan lidah baya sebagai masker rambut adalah:

  1. Menyiapkan lidah buaya segar sebanyak 3 buah dan cuci bersih dengan air mengalir
  2. Kupas secara melintang dan keruk dagingnya menggunakan sendok
  3. Letakkan pada suatu wadah dan tambahkan sedikit air
  4. Simpan dalam lemari es
  5. Bersihkan rambut anda lalu sisir dengan rapi dan bagi rambut menjadi 2 bagain
  6. Ambil masker lidah buaya dari lemari es dan oleskan pada rambut sampai kulit kepala
  7. Biarkan sekiar 1 jam dan bilas dengan air hangat sampai bersih

Lidah buaya dan minyak zaitun

Anda juga bisa mencoba memanjangkan rambut dengan membuat maker dari lidah buaya dan minyak zaitu. Minyak zaitun telah diketahui banyak manfaatnya termasuk untuk kesehatan kulit.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. 3  buah lidah buaya segar cuci bersih dengan air mengalir
  2. Kupas dan keruk daging lidha buaya dengan sendok makan
  3. Pada sebuah wadah, tambahkan air pada lidah buaya
  4. Tambahkan 3-4 sendok makan minyak zaitun
  5. Campur hingga rata minyak zaitun dan lidah buaya lalu dingin kan dalam kulkas
  6. Bersihkan rambut dengan sampo dan keringkan dengan benar lalu sisir rapi dan bagi rambut menjadi beberapa bagian
  7. Ambil campuran minyak zaitun dan lidah buaya lalu oleskan pada rambut merata dan diamkan selama 1 jam. Jangan lupa bilas dengan air bersih

Lidah buaya dan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membuat rambut anda menjadi lebih lembut, kuat, dan mengkilap. Masker lidah buaya dan minyak kelapa dapat anda buat seperti cara membuat masker lidah buaya dan minyak zaitun. Hanya ganti minyak zaitu dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa alami. Lalu sebelum dioleskan pada rambut, bagi rambut menjadi 3-4 bagian.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Telur

Telur telah diketahui oleh masyarakat sebagai makanan yang megandung protein. Putih telur yang mengandung protein dapat membantu anda memanjangkan rambut. Kandungan mineral dan vitamin pada telur juga dapat memicu pertumbuhan rambut. Telur juga dapat mencegah rambut rontok. Anda bisa coba membuat masker rambut dari telur dirumah sendiri.

Cara memanjangkan rambut dengan putih telur, diantaranya:

  1. Siapkan sebutir telur ayam dan pisahkan bagian putih dan kuningnya
  2. Kocok sampai berbusa lalu oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15-20 menit
  3. Bilas dengan air sampai ersih. Anda dapat melakukannya sebulan sekali untuk melakukan pencegahan dan 2 kali sebulan untuk pengobatan.
  4. Anda juga bisa mencampurkan putih telur dengan minyak zaitun yang teah dikenal memiliki banyak khasiat. Caranya adalah:
  5. Siapkan 1 butir telur lalu pecahkan dan pisah antara putih dan kuning telur
  6. Kocok putih telur dan tambahkan sedikit demi sedikit minyak zaitu sebanyak 2 sendok makan
  7. Aplikasikan secara merata pada rambut sampai kuli kepala dna diamkan 15-20 menit
  8. Bilas dengan air sampai bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin 1 atau 2 bulan sekali untuk mendapatkan hasil optimal.

Alternatif lain adalah membuat masker rambut menggunakan putih telur yang dicampur dengan madu.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pecahkan sebutir telur lalu pisahkan dan ambil bagian putihnya.
  2. Letakkan putih telur pada suatu wadah dan tambahkan 3 sdm air biasa dan kocok sampai berbusa
  3. Tambahkan madu 1 sdm dan kocok lagi
  4. Aplikasikan pada rambut sampai kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Anda bisa melakukannya secara rutin seminggu sekali dan jangan bilas dengan air hangat.

Shampo Yang Dapat Memanjangkan Rambut

Selain menggunakan beberapa cara seperti penjelasan sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan shampo yang memiliki kandungan memanjangkan rambut.

Berikut rekomendasi shampo untuk memanjangkan rambut, dikutip dari berbagai sumber.

  • Keratase Bain Stimulaste GL
  • Davines Natural Tech Energizing
  • Klorane Shampo
  • NR Shampo Citrone for Normal and Dull Hair
  • HG Hair Growth Shampo
  • Metal Fortis
  • Olive Nutrient Herbal Shampo
  • Black Magic Kemiri Shampo
  • Dove Nourishing Secrets Hair Growth Ritual
  • Herbal Essences Body Envy Volumizing Shampo
  • Makarizo Hair Energy Conditioning Shampo
  • Sariayu Shampo Lidah Buaya
  • Dll

Anda bisa menemukan banyak produk shampo yang dapat membantu anda memanjangkan rambut sesuai harapan anda. Anda bisa membaca review produk di internet. Sebagian besar produk shampo diatas dapat anda gunakan untuk keramas dan memiliki formula yang dapat merangsang pertumbuhan rambut anda. Masing-masing harganya berbeda-beda.

Anda dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan anda. Misal, jika rambut anda cenderung berminyak maka akan berbeda dengan yang memiliki rambut tipis. Selain mempercepat proses pertumbuhan rambut, sebagian besar shampo tersebut juga dapat mengatasi rambut rontoh sehingga dapat tumbuh dengan lebat kembali.

Demikian informasi seputar cara memanjangkan rambut yang kami kumpulkan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Artikel Lainnya

Leave a Comment