Khasiat Kayu Manis, Manfaat, Dan Efek Sampingnya

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai macam bentuk olahan masakan. Kayu manis menjadi salah satu rempah yang sering ditemukan di masakan masakan tradisional beberapa daerah di Indonesia. Selain sebagai bumbu dalam masakan dan minuman tertentu, kayu manis ternyata dapat memberikan dampak yang positif untuk tubuh seseorang dalam kaitannnya dengan kesehatan.

Kesadaran masyarakat akan kesehatan tubuh yang harus dimiliki sekarang ini mengingat kondisi lingkungan yang sangat rentan terus berkembang. Perkembangan tersebut menjadikan munculnya banyak ramuan herbal dan obat obat alami yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan kekebalannya terhadap berbagai penyakit. Salah satu bahan yang sekarang ini banyak dimanfaatkan adalah kayu manis yang disinggung pada penjelasan awal.

Memanfaatkan berbagai bagian bagian tanaman herbal merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Ada banyak tanaman obat dan rempat herbal yang dapat dimanfaatkan di sekitar lingkungan manusia termasuk kayu manis.

Untuk dapat memberikan ulasan yang lebih jelas, berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat kayu manis yang dapat diperhatikan dalam uraian di bawah ini.

manfaat dan khasiat kayu manis

Kegunaan Kayu Manis

Kayu manis banyak dimanfaat sejauh ini sebagai salah satu bahan dan bumbu dalam pembuatan makanan maupun minuman. Kayu manis merupakan kulit pohon tanaman Cinnamomum verum yang memang merupakan pohon penghasil rempah rempah.

Aroma yang kuat dengan kombinasi rasa manis dan pedas secara umum menjadikan kayu manis sebagai salah satu bumbu dapur tertua yang digunakan oleh manusia.

Kandungan Kayu Manis

Dampak positif untuk kesehatan yang didapat dari kayu manis tentu berasal dari kandungan di dalamnya. Kayu manis secara umum memiliki kandungan nutrisi penyusunya yang tentunya cukup lengkap diantaranya seperti minyak atsiri sebesar 2,40 %, alkohol ekstrak dengan jumlah 10 – 20 %, abu 3,5 %, serat kasar 20,30 %, 59,55 karbohidrat sebagai komponen penyusun terbesar, serta lemak sebanyak 2.20 %.

Selain komponen penyusun tersebut, kayu manis juga dikenal memiliki kandungan senyawa kimia bioaktif yang menyebabkan munculnya banyak manfaat positif dari kayu manis untuk tubuh.

Kandungan beberapa senyawa bioaktif yang terdapat di dalam kayu manis diantaranya seperti safrole, eugenol, tannin, cinnamaladehyde sebagai senyawa dalam jumlah paling banyak, kalsium oksalat, zat penyemak, serta dammar.

Baca juga: Cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya

Manfaat Kayu Manis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kayu manis memiliki banyak kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak khasiat dan manfaat kayu manis yang dapat diperoleh.

Baca:   Berbagai Manfaat Daun Kelor, Khasiat, dan Juga Efek Sampingnya

Beberapa dampak positif yang dapat dimanfaatkan dari rempah kayu manis tersebut diantaranya dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

1. Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Seperti yang sudah disinggung diatas, kayu manis sudah dikenal sejak lama bukan hanya sebagai rempah untuk masakan di dapur melainkan juga dapat memberikan dampak pofitif bagi keseahtan. Dampak positif dan manfaat lainnya dari kayu manis dikarenakan adanya senyawa bioaktif yang terdapat di dalam kayu manis.

Manfaat pertama yang paling diketahui dari kayu manis untuk kesehatan adalah membantu dalam mengontral kadar gula darah untuk penderiat diabetes.

Selain sebagai pengontrol gula darah alami, manfaat lain kayu manis untuk keseahtan diantarnaya seperti menurunkan kolesterol, meningkatkan kinerja otak, antiinfeksi, mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah penggumpalan darah, antimikroba, menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, dan membantu dalam menjaga kondisi kesehatan jantung.

Belakangan ini, kayu manis juga banyak dihubungkan sebagai herbal alami untuk pengobatan penyakit alzheimer.

2. Manfaat kayu manis untuk diabetes

Dalam penjelasan mengenai khasiat dan manfaat kayu manis untuk kesehatan diatas, membantu menjaga kadar gula di dalam darah merupakan salah satu  dampak positif dari kayu manis.

Kayu manis dapat membantu memberikan rasa manis yang tidak berbahay bagi penderita diabetes. Kayu manis membantu dalam proses metabolisme glukosa dan hanya membantu menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil.

Kayu manis bukan obat yang membantu mengatasi masalah diabetes namun hanya bahan yang menjadikan penderita diabetes lebih bebas mengkonsumsi karbohidrat dan glukosa. Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut, kayu manis dapat dimasukan dalam setiap makanan yang dibuat dalam menu diet penderita diabetes.

Cara kerja kayu manis untuk memetabolisme glukosa mirip dengan insulit dan juga meningkatkan sensitivitas dari insulin di dalam tubuh.

3. Manfaat kayu manis dan madu

Sebagai bahan rempah alami yang tidak dapat dikonsumsi secara langsung, kayu manis banyak dikombinasikan dengan bahan lain untuk membantu menutup rasa yang tidak semua orang suka. Salah satu bahan yang kerap dikombinasikan dengan teh kayu manis adalah madu yang rasanya manis. Dengan tambahan bahan madu ke dalam campuran teh kayu manis, maka ada manfaat lebih yang dapat diperooleh bagi kesehatan tubuh.

Beberapa khasiat dan manfaat kayu manis dan madu diantaranya seperti meningkatkan kondisi kekebalan tubuh, membantu dalam pengobatan kanker maupun pencegahannya, menurunkan kadar kolesterol, dan pengobatan alami infeksi saluran kemih.

Selain itu, kayu manis juga dapat dimanfaarkan untuk mengatasi beberapa gejala diantaranya seperti pilek, nyeri perut, kelelahan, batuk, dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Baca:   Info Seputar Penyakit Demam Berdarah Dengue Yang Perlu di Ketahui

4. Manfaat rebusan kayu manis

Pengolahan kayu manis yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan manfaat positif bagi kesehatan tubuh adalah dengan membuat rebusan dari kayu manis baik dalam bentuk batang maupun serbuk. Rebusan dari kayu manis tersebut dapat memberikan dampak positif dan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya dengan dosis yang sesuai dan tidak berlebihan.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari rebusan kayu manis tersebut diantaranya membantu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker, dan mengatasi beberapa jenis penyakit seperti diabetes kolesterol dan arthritis.

Rebusan kayu manis juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan berat badan, menghangatkan tubuh dilingkungan yang dingin,, serta banyak dampak positif lainnya.

5. Manfaat kayu manis untuk diet

Seperti yang disinggung dalam penjelasan khasiat dan manfaat kayu manis diatas, salah satu dampak positif dari kayu manis adalah membatu menurunkan berat badan dalam aktivitas diet.

Untuk mendapatkan manfaat dalam membantu menurunkan berat badan tersebut maka caranya cukup sederhana yakni hanya dengan mengkonsumsi air rebusan kayu manis maupun teh kayu manis secara rutin setiap harinya.

Penurunan berat badan yang terjadi pada saat mengkonsumsi teh atau rebusan kayu manis tersebut diantaranya karena manfaat kayu manis yang memantu menurnkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula dan meningkatkan snesitivitas insulin, meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, membantu dalam proses pembakarang lemak, serta menghambat pengosongan makanan diusus.

6. Manfaat kayu manis untuk wajah

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari kayu manis adalah membantu memberikan dampak yang positif bagi wajah. Kayu manis dapat diolah menjadi masker wajah yang utamanya membantu dalam mengatasi masalah jerawat di bagian wajah.

Manfaat dalam mengatasi jerawat tersebut diperoleh karena adanya sifat antimikroba dan antiparasit dari kayu manis. Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat dalam membantu menyembuhkan luka jerawat lebih cepat.

7. Manfaat kayu manis untuk kesuburan

Dampak positif lainya yang dapat diperoleh dari kayu manis adalah baik untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Manfaat positif tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu mendatangkan kehamilan bagi yang belum memilikinya.

Manfaat positif kayu manis untuk kesuburan pria disebabkan oleh karena kandungan senyawa bioaktif proanthocyanidins dan antioksidan polyphenol yang membantu meningktakan kekebalan tubuh.

Manfaat kayu manis untuk kesuburan juga dapat diperoleh bagi wanita ketika mengkosumsinya seacra rutin dan teratur. Manfaat positif kayu manis untuk kesuburan wanita tersebut terutama bagi yang mengalami Polycystic Ovarian Syndrome atau PCOS yang ditandai dengan munculnya kista pada rahim.

Baca:   Manfaat Temulawak ; Khasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan

Kista menjadi salah satu masalah utama yang menghalangi terjadinya proses pembuahan pada sel telur wanita oleh sel sperma.

Cara Mengkonsumsi Kayu Manis

Untuk dapat memperoleh manfaat yang disebutkan diatas, konsumsi kayu manis harus dilakukan dengan cara yang benar. Dengan konsumsi dan pengolahan yang benar, maka semua kandungan yang terdapat di dalam kayu manis akan dapat terserap dengan baik ke dalam tubuh sehingga banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Kayu manis dapat ditambahkan dalam beberapa menu masakan maupun mengolahnya mnjadi teh kayu manis.

Teh kayu manis

Teh kayu manis merupakan saran pengolahan yang dapat dengan mudah dikonsumsi dan membantu memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Teh kayu manis dibuat dengan cara yang sederhana yakni dengan merebus sejumlah tertentu batang kayu manis maupaun serbuk kayu manis dalam satu bagian air.

Biarkan hingga mendidih dan tunggu sampai dingin sebelum mengkonsumsinya setiap hari. Untuk menambahkan rasa yang lebih enak, mandu dapat dijadikan salah satu kombinasinya.

Efek Samping Kayu Manis

Meskipun memiliki beberapa manfaat dan memberikan dampak positif bagi tubuh, konsumsi kayu manis tetap harus diperhatikan agar tidak berlebihan. Peringatan tersebut diperoleh karena adanya dampak negatif atau efek samping kayu manis yang dapat terjadi pada tubuh seseorang yang mengkonsumsi tidak tepat serta terlalu berlebihan.

Berikut beberapa efek sapmping kayu manis yang perlu diketahui diantarnaya seperti :

  1. Gula darah terlalu rendah, kayu manis dapat meningkatkan sensitvitas insulit sehingga proses metabolisme glukosa akan berlangsung lebih. Kondisi tersebut dapat meningkatkan reisiko gula darah yang terlalu rendah pada seseorang.
  2. Alergi, kayu manis ternyata juga merupakan bahan penyebab alergi bagi beberapa orang. Alergi menjadi satu satunya efek samping yang palling sering terjadi.
  3. Gangguan pernafasan, gangguan dan masalah pada pernafasan sebagai efek samping dari kayu manis terjadi terutama karena partikel yang kecil dari bubuk kayu manis dapat dengan mudah terhidup de dalam sistem pernafasan tubuh.
  4. Resiko kerusakan hati, Efek samping terakhir yang dapat terjadi ketika mengkonsumsi kayu manis secara berlebih adalah menigkatkan resiko terjadinya kerusakan hati. Masalah tersebut disebabkan oleh karena adanya senyawa kurmarin di dalam kayu manis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat kayu manis yang dapat memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi dengan cara yang benar. Konsumsi kayu manis secara berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya efek samping yang disebutkan dalam uraian penjelasan diatas.

Leave a Comment