10 Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Demam berdarah adalah virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes. Dengan meningkatnya korban demam berdarah dalam beberapa waktu terakhir, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk hal yang sama.

Namun, jika kamu positif terkena demam berdarah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa mempercepat penyembuhan demam berdarah.

Apa yang Harus Dimakan Saat Demam Berdarah?

  • Makanan yang mudah dicerna, misalnya makanan rebus, sayuran hijau, pisang, apel, sup, bubur, dan teh herbal.
  • Banyak cairan, untuk mendapatkan kembali elektrolit dan mencegah dehidrasi. Jus segar, air kelapa, Larutan Rehidrasi Oral (ORS).
  • Konsumsi makanan dengan Vitamin C bertindak sebagai obat alami untuk demam berdarah karena mempromosikan antibodi untuk penyembuhan dan pemulihan yang lebih cepat, misalnya amla, pepaya, dan jus jeruk.
  • Makanan yang meningkatkan jumlah trombosit dan jus delima hitung darah atau jus anggur hitam, sayuran berdaun hijau (direbus), minyak ikan cod, minyak biji rami, buah-buahan segar.

Siapa pun yang menderita demam berdarah harus menghindari makanan pedas, makanan dengan lemak jenuh, makanan olahan, minuman manis dan soda, benar-benar menghindari sayuran mentah.

Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Untuk melawan infeksi Dengue, pasien perlu meningkatkan sistem kekebalan dengan memakan makanan yang tepat. Pasien dan keluarga mereka harus berhati-hati tentang diet selama dan setelah demam berdarah yang membantu menyembuhkan tubuh dan pemulihan yang cepat.

daun-pepaya - Makanan yang Bisa mempercepat penyembuhan Demam Berdarah

Baca juga: info menarik seputar Demam Berdarah

Makanan tertentu yang kaya akan vitamin dan nutrisi disarankan saat menangani virus ini. Contohnya seperti:

1. Pepaya

Untuk waktu yang lama, daun pepaya dianggap sebagai makanan terbaik untuk pasien demam berdarah. Jus dari daun ini sering diberikan kepada pasien demam berdarah untuk pemulihan cepat. Ekstrak dari daun pepaya mengobati demam berdarah dan merupakan salah satu solusi terbaik untuk demam berdarah.

Bagi mereka yang menderita demam berdarah, daun pepaya adalah pilihan terbaik. Hancurkan daun pepaya dan peras untuk mengekstrak jusnya. Ekstraknya meningkatkan jumlah trombosit ke tingkat yang lebih besar. Kamu juga bisa merebus daun pepaya dalam air dan minum solusinya.

Ini mungkin obat rumah terbaik untuk pengobatan demam berdarah.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah pembangkit tenaga mineral dan vitamin terutama vitamin K. Mereka adalah sumber utama zat besi yang penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel darah yang sehat.

Pasien anemia disarankan untuk memasukkan jumlah sayuran berdaun hijau yang baik dalam makanan rutin mereka untuk meningkatkan jumlah trombosit mereka.

Sayuran hijau berdaun seperti bayam, daun salad, peterseli dll kaya akan vitamin K yang mengaktifkan protein untuk merangsang pembentukan bekuan darah.

Simak: gejala demam berdarah pada anak dan dewasa

3. Brokoli

Brokoli adalah sumber Vitamin K yang membantu regenerasi trombosit darah. Jika ada penurunan tajam dalam jumlah trombosit, maka brokoli harus dimasukkan dalam diet harian pasien demam berdarah.

Ini juga kaya akan antioksidan dan mineral, maka itulah kenapa brokoli menjadi salah satu makanan yang bisa mempercepat penyembuhan demam berdarah.

4. Delima

Delima kaya akan nutrisi penting dan mineral yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi buah delima mengurangi rasa lelah dan kelelahan. Menjadi sumber zat besi yang kaya, buah delima sangat bermanfaat bagi darah.

Ini juga membantu kamu dalam mempertahankan jumlah trombosit darah normal yang penting untuk pulih dari demam berdarah. Konsumsi buah delima membantu tubuh menjaga jumlah trombosit yang sehat. Ini adalah buah lezat yang dapat ditambahkan ke salad, yogurt, dll.

Ini dapat dikonsumsi dalam bentuk jus juga. Ini memiliki mineral yang penting untuk melawan jumlah trombosit yang rendah. Ini mengandung antioksidan baik yang membantu kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Baca juga: ciri nyamuk demam berdarah

5. Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang penting untuk sintesis sel darah merah dan trombosit. Siapa pun yang berjuang dengan jumlah trombosit yang rendah harus memasukkan wortel dalam makanan mereka untuk meningkatkan jumlah trombosit mereka.

Wortel bisa dimakan mentah atau bisa dimasak. Mereka yang tidak ingin memakannya mentah dapat memilikinya dalam bentuk jus yang akan memberikan peningkatan instan vitamin A dalam aliran darah.

6. Nanas

Nanas membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menyelesaikan masalah gangguan pencernaan. Mereka terdiri dari vitamin C yang membantu dalam menggabungkan trombosit, selanjutnya membantu mereka berfungsi secara efisien.

Suplemen makanan kaya vitamin seperti nanas membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien dengan jumlah trombosit yang rendah. Nah, untuk menambah jumlah trombosit kamu, yuk masukkan buah lezat ini ke dalam makanan.

7. Bayam

Bayam adalah sumber yang kaya akan zat besi dan makanan kaya asam lemak omega-3 yang sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah level trombosit.

Bayam adalah sumber zat besi, kalsium, dan protein. Ini kaya akan vitamin K yang membantu meningkatkan trombosit darah dalam tubuh.

8. Bubur

Ini adalah makanan terbaik yang membantu melawan virus dengue yang mematikan karena memberikan banyak energi dan juga mudah ditelan untuk pasien.

Simak: mengenali penyebab demam berdarah

9. Makanan kaya protein

Susu, telur, dan produk susu lainnya harus dikonsumsi untuk memerangi virus ini. Non-vegetarian dapat pergi dengan ikan dan ayam dalam jumlah yang baik setelah mulai pulih dari demam. Pasien demam berdarah membutuhkan protein dalam jumlah tinggi untuk membuat pemulihan cepat.

Telur, ayam, ikan, produk susu, dal buatan sendiri adalah semua makanan yang meningkatkan protein dalam tubuh dan membantu memulihkan nutrisi yang hilang. Namun, yang terbaik adalah memiliki makanan non-vegetarian setelah demam mereda.

10. Sup

Asupan sup panas akan meningkatkan kekuatan dan membantu untuk melawan dengan nyeri sendi. Ini juga akan membantu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan rasa mulut.

manfaat-brokoli-Makanan yang Bisa mempercepat penyembuhan Demam Berdarah

Yang Bisa Dilakukan untuk Penderita Demam Berdarah

  • Pasien demam berdarah banyak mengkonsumsi sereal gandum, buah-buahan kulit tebal, dan sayuran berdaun hijau.
  • Cairan dalam jumlah besar harus dikonsumsi dengan cahaya
  • Pasien disarankan untuk beristirahat total.
  • Tes darah berulang diperlukan untuk memantau jumlah hematokrit dan trombosit.
  • Jangan mengonsumsi obat apa pun untuk gejala atau demam tanpa bantuan dokter
  • Hindari menunda pengobatan terutama jika gejala seperti pendarahan, bintik-bintik merah, rasa kantuk yang berlebihan, kulit pucat, sesak napas, dan sering muntah terjadi.

Simak juga: cara mencegah demam berdarah

Yang Harus Dihindari Pasien Demam Berdarah

  • Makanan olahan, makanan yang digoreng, makanan berminyak, sampah, dan pedas harus dihindari sepenuhnya.
  • Pasien demam berdarah harus menghindari konsumsi berlebihan kopi, teh, coklat, dan minuman berkafein.

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa mempercepat penyembuhan demam berdarah bisa sangat membantu kamu, lho. Kombinasi sempurna dari obat-obatan dan bahan makanan ini dapat memastikan bahwa pasien dapat melawan penyakit dengan mudah. Yang paling penting, sangat penting untuk mengikuti saran dan saran dokter sepenuhnya.

Jika ada kebutuhan dan pasien terlalu parah maka rawat inap mungkin juga diperlukan.

Artikel lainnya:

Leave a Comment