Manfaat Air Kelapa dan Khasiat Alami Yang di Kandung

Di dunia ini ada banyak bahan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhannya dalam menjalani kehidupan. Tanaman dan tumbuhan yang diciptakan oleh sang pencipta tentu memiliki manfaat dan khasiat yang dapat membentu dalam memudahkan manusia dalam menjalani kehidupannya. Tanaman dan tumbuhan yang ada dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan maupun bahan kebutuhan lainnya.

Selain dimanfaatkan untuk bahan makanan, tumbuhan dan tanaman tertentu juga dapat digunakan untuk membantu dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh manusia dan mengatasi beberapa jenis penyakit tertentu yang belakangan sangat mengancam. Salah satu tanaman yang sudah sejak lama dikenal dapat memberikan banyak manfaat positif bagi kesheatan manusia tersebut adalah tumbuhan kelapa.

Kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Cocos nucifera ini dikenal sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan semua bagiannya tanpa terkecuali. Salah satu bagian dari kelapa yang mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh adalah air kelapa. Untuk dapat memperoleh informasi yang lebih jelas dan detail mengenai khasiat dan manfaat air kelapa, perhatian penjelasannya di dalam artikel kali ini.

Air dari buah kelapa sudah sejak lama dikenal memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan. Manfaat salah satu air yang sangat menyegarkan dan populer di bulan Ramadhan tersebut dikarenakan adanya kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya.

manfaat air kelapa

Manfaat Air Kelapa

Adanya kandungan yang disebutkan dalam penjelasan diatas menjadikan dasar mengapa air kelapa dapat memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Untuk dapat lebih memahami apa saja khasiat dan manfaat air kelapa sehingga mampu untuk digunakan dengan kebutuhan tertentu, berikut penjelasan secara detail mengenai dampak positif yang dapat dimanfaatkan dari air kelapa tersebut melalui ulasan di bawah ini.

1. Fungsi air kelapa

Air yang dihasilkan dari dalam kelapa atau disebut sebagai air kelapa merupakan salah satu cairan alami yang dapat dikonsumsi. Mengkonsumsi air kelapa bahkan sangat sederhana tanpa harus dimasak terlebih dahulu . Air kelapa sejak lama dikenal memiliki banyak fungsi yang bukan hanya sebagai cairan untuk diminum guna melepas dahaga. Adanya air kelapa yang dapat dimanfaatkan merupakan salah satu bukti bahwa tanaman kelapa merupakan tumbuhan multifungsi yang semua bagiannya dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu.

Seperti yang dijelaskan diatas, air kelapa memiliki banyak fungsi dengan berbagai peruntukannya bukan hanya untuk diminum saja. Air kelapa menjadi bahan dari pembuatan nata atau lapisan tipis berbentuk gel yang sering digunakan untuk membuat minuman tertentu. Fungsi lain dari air kelapa seperti bahan pembuatan gula kelapa, digunakan sebagai campuran puding, hingga merupakan minuman kesehatan untuk berbagai masalah pada tubuh.

Baca:   Beragam Khasiat & Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kita

2. Manfaat air kelapa hijau

Ada beberapa jenis kelapa yang dapat tumbuh dengan manfaat yang berbeda beda. Salah satu kelapa yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah air kelapa hijau. Air dari buah kelapa yang jika dikupas kulitnya dengan pisau tajam akan mengeluarkan warna pink pada bagian dalam kulit kelapa tersebut dikenal sejak dulu sebagai air yang kaya akan manfaat.

Air kelapa hijau bukan hanya bermanfaat untuk membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh maupun mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti menurunkan kolesterol, membantu mengatasi migrain. Manfaat lain air kelapa hijau adalah untuk menetralisir racun, mengatasi dehidrasi, meningkatkan stamina, mencegah resiko depresi, hingga nutrisinya sangat baik untuk ibu hamil tua.

3. Manfaat air kelapa muda

Kelapa muda merupakan jenis kelapa yang bagian daging dalamnya belum terlalu keras dan memiliki kandungan air paling banyak. Kelapa muda lebih banyak dikonsumsi airnya selain karena banyak juga disebabkan oleh rasanya yang lebih enak dibandingkan dengan kelapa yang sudah tua. Kelapa muda banyak dimanfaatkan sebagai bahan dalam berbagai olahan minuman. Manfaat umum dari air kelapa muda diantaranya seperti mengatasi dehidrasi, meningkatkan stamina, hingga dapat membantu penurunan berat badan.

4. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Seperti yang disinggung diatas, air kelapa memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Beberapa khasiat dan manfaat air kelapa diantaranya seperti sebagai sumber eletrolik dan antiokidan yang baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil, melancarkan sirkulasi darah, mencegah tubuh ibu hamil megalami kelelahan, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, hingga mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

5. Minum air kelapa saat haid

Selain khasiat dan manfaat yang disebutkan diatas, air kelapa juga sering disarankan untuk wanita yang sedang mengalami haid. Manfaat minum air kelapa saat haid diantaranya untuk mencegah tubuh wanita mengalami dehidrasi, membantu memperlancar haid, mencegah dan membantu mengatasi keputihan, serta membantu mengurangi resiko depresi pada wanita yang sedang menjalani proses menstruasi.

6. Manfaat air kelapa tua

Jika kebanyakan air kelapa yang dimanfaatkan adalah air kelapa muda, lalu bagaimana air kelapa tua. Air dari kelapa yang sudah tua juga tetap memiliki manfaat yang baik diantaranya seperti digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, mengatasi masalah konstipasi, pertolongan pertama untuk kolera, membantu dalam mengatasi kondisi panas dalam, menjaga kada kolesterol tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.

7. Manfaat air kelapa muda bagi pria

Khasiat dan manfaat air kelapa muda lainnya secara spesifik dapat memberikan dampak positif bagi pria. Beberapa manfaat air kelapa muda bagi pria diantaranya seperti menambah stamina pria, meningkatkan kesuburan pria, mencegah terjadinya disfungsi ereksi, memperbanyak produksi sperma, memperlama ereksi, menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, baik untuk pria perokok karena membantu menghancurkan nikotin.

Baca:   Manfaat Teh Hijau dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

8. Manfaat air kelapa hijau untuk kesuburan

Konsumsi air kelapa kerapkali dijadikan salah satu bahan yang baik untuk kesuburan baik pria dan wanita. Air kelapa hijau dapat meningkatkan vitalitas pria, menambah jumlah sperma, membantu dalam membersihkan rahim pada wanita, memperlancar haid atau menstruasi, serta meningkatkan stamina sehingga dapat lebih efektif dalam berhubungan. Khasiat dan manfaat tersebut dapat diperoleh ketika air kelapa muda dikonsumsi secara rutin setiap harinya diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan gaya hidup sehat juga.

9. Mengobati disfungsi ereksi dengan air kelapa

Seperti yang disinggung dalam pembahasan manfaat air kelapa untuk pria diatas, salah satu dampak positif yang dapat terasa ketika mengkonsumsi air kelapa secara rutin bagi pria adalah membantu mengobati disfungsi ereksi. Permasalahan yang menjadikan bagian vital pria tidak dapat ereksi tersebut bisa teratasi dengan air kelapa karena dapat menstimulus otot otot alat sensitif tersebut sehingga bisa tegang.

10. Manfaat air kelapa untuk wajah

Selain khasiat dan manfaat air kelapa yang disebutkan diatas, ada manfaat lain dari air yang multifungsi tersebut terutama untuk wajah. Beberapa manfaat air kelapa untuk wajah diantaranya seperti membantu mengatasi jerawat, flek hitam, kulit kering, mencerahkan kulit wajah, serta membersihkan pori pori kulit yang tertutup oleh kotoran.

Baca juga: info seputar cara menghilangkan jerawat

Cara Menggunakan Air Kelapa

Untuk dapat memperoleh manfaat yang sudah disebutkan diatas, ari kelapa tentunya harus digunakan dengan cara yang benar.

Berikut beberapa penjelasan mengenai hal yang berkaitan dengan cara penggunaan air kelapa secara benar dan bukan hanya dikonsumsi secara langsung seperti yang sudah kita pahami dalam ulasan di bawah ini.

  • Kalori air kelapa, air yang berada di dalam buah kelapa ini memang menjadi salah satu bahan untuk menjalani aktivitas diet karena kalorinya yang redah. Jumlah kalori air kelapa hanya sebesar 18,9 kcal untuk 100 gram air kelapa.
  • Aturan minum air kelapa yang baik, tidak ada aturan khusus dalam mengkonsumsi air kelapa. Hanya saja, air dengan rasa khas tersebut dikonsumsi setelah kelapa dipecah dan jangan menyimpannya terlalu lama karena dapat membusuk oleh bakteri. Selain dikonsumsi secara langsung, air kelapa dapat direbus atau dijadikan bahan dalam berbagai olahan minuman dan makanan.
  • Cara mengobati biduran dengan air kelapa, salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari air kelapa adalah sebagai obat biduran alami karena fungsinya yang dapat menyerap racun. Untuk mengobati biduran dengan air kelapa, langkah dan caranya cukup sederhana yakni hanya dengan mengkonsumsi air kelapa sebanyak tiga kali sehari dan menghindari makanana maupun minuman yang dapat menyebabkan alergi.
  • Waktu yang tepat minum air kelapa hijau, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan optimal dari air kelapa, konsumsilah pada waktu yang tepat. Waktu yang baik untuk mengkonsumsi air kelapa diantaranya pada saat pagi hari dimana perut masih kosong, sebelum dan sesudah menjalani aktvitas olahraga, sebelum dan sesudah makan, serta sebelum tidur.
Baca:   Apa Manfaat Sunblock? Lihat Selengkapnya disini

Efek Samping Air Kelapa

Meskipun secara umum jika dilihat dari penjelasan diatas, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari air kelapa. Manfaat manfaat tersebut hanya dapat diperoleh ketika pemanfaatannya dilakukan dengan benar. Penggunaan yang berlebihan dan sembarangan dapat menyebabkan munculnya efek samping air kelapa yang perlu dihindari.

Beberapa efek samping dari air kelapa yang harus diperhatikan diantaranya seperti :

  1. Sifat diuretik, air kelapa dapat menyebabakn tubuh orang yang mengkonsumsinya terlalu banyak menjadi mudah untuk buang air kecil karena sifat diuretiknya. Jika kondisi ini terus terjadi maka tidak baik bagi organ ekskresi tubuh.
  2. Ketidakseimbangan elektrolit, masalah lainnya jika mengkonsumsi air kelapa terlalu berlebihan adalah dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolik yang tidak baik untuk tubuh. Hiperkalemia dapat terjadi karena kandungan kallium yang tinggi.
  3. Sifat pencahar, sfiat pencahar dari air kelapa ternyata juga dapat menjadi efek samping ketika dikosumsi terlalu berlebihan. Dengan sifat pencahar tersebut dapat menyebabkan tubuh sering buang air besar dan menimbulkan kondisi diare.
  4. Tidak baik untuk diet, Meskipun memiliki kandungan kalori yang rendah, air kelapa tidak baik untuk proses diet sepenuhnya dan harus diimbagi dengan menu lainnya karena dapat menyebabkan diare.
  5. Beresiko kejang otot, efek samping lain dari air kelapa yang dikonsumsi secara berlebihan adalah dapat meningkatkan resiko terjadinya kejang otot.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat air kelapa yang dapat dipahami lebih jauh bukan hanya sebagai salah satu jenis minuman yang sangat menyegarkan dan mampu mengembalikan elektrolit tubuh.

Air kelapa dapat memberikan manfaat yang jauh dari itu ketika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan. Adanya efek samping air kelapa yang disebutkan diatas harus menjadi bahan pertimbangan agar tidak secara sembarangan minum air kelapa dalam jumlah yang terlalu berlebihan.

Leave a Comment