Khasiat & Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kita

Makanan merupakan bagian penting bagi tubuh manusia untuk dapat menjalani setiap aktivitasnya dengan baik sehari hari. Dalam setiap pemilihan menu makanan, tentu ada beberapa jenis bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi agar mampu melengkapi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh. Salah satu bahan makanan yang kerap disarankan untuk dapat masuk pada setiap menu makanan baik pagi, siang, maupun malam, adalah buah buahan.

Sebagai negara yang kaya akan flora serta suburnya tanah, di sekitar kita tentu sangat mudah menemukan berbagai macam jenis buah yang dapat dikonsumsi sebagai pelengkap dalam makanan. Salah satu jenis buah yang sangat populer untuk dijadikan olahan lain dalam makanan adalah alpukat. Jus alpukat merupakan pilihan jus yang paling banyak diminati karena rasanya yang khas dibandingkan dengan jus buah lain.

Selain digunakan sebagai pilihan alternatif menu makanan yang sehat dan lengkap, alpukat dengan kandungan nutrisi maupun gizinya sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun manfaat lain yang lebih spesifik.

Untuk lebih memahmai secara detail mengenai khasiat dan manfaat buah alpukat yang pastinya menjadi buah populer di masyarakat sebagai bahan olahan jus dalam penjelasan di bawah ini.

khasiat dan manfaat alpukat

Kandungan Alpukat

Manfaat positif yang diberikan buah alpukat pada tubuh tentu disebabkan oleh karena kandungan yang terdapat di dalam buah alpukat. Sebagai buah, alpukat tentu dikenal memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Alpukat sebagai buah lebih dikenal sebagai makanan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh yang tidak diproduksi oleh tubuh dan hanya diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Beberapa kandungan umum yang terdapat di dalam buah alpukat atau nama latin Persea americana  Jenis Alpukat diantaranya seperti protein 0,90 gram, 6,50 gram asam lemak tak jenuh, 7,70 gram karbohidrat, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitmain B2, dan vitamin B3  dalam 100 gram buah.

Selain kandungan nutrisi tersebut, alpukat juga memiliki senyawa antioksidan di dalamnya yakni saponin, alkaloid, dan flavonoid.

Simak: berbagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Manfaat Alpukat

Dengan adanya kandungan nutrisi dan senyawa kimia yang terdapat di dalam buah alpukat yang dijelaskan diatas, ada banyak manfaat positif bagi tubuh yang bisa diperoleh ketika mengkonsumsi alpukat. Bukan hanya sebagai makanan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian,

Ada beberapa manfaat dan dampak positif lain dari buah alpukat yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

1. Manfaat Jus Alpukat

Jus merupakan bentuk olahan paling populer dari buah alpukat di masyarakat. Sebagai buah, alpukat dapat membeirkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari jus alpukat tersebut diantaranya seperti meningkatkan dan menjaga saluran pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi dan meingkatkan penyerapan nutrisi serta menjadi bahan detoksifikasi alami bagi tubuh.

Baca:   Cara Menghilangkan Komedo, Jenis, Obat dan Penyebabnya

Selain manfaat tersebut, jusa buah alpukat juga mampu memberikan efek relaksasi bagi tubuh yang sedang tegang maupun stres. Jus alpukat juga dapat memberikan dampak positif lainnya seperti menjaga tekanan darah agar tetap stabil, membantu menyehatkan mata, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menstabilkan gula di dalam darah.

2. Manfaat Biji Alpukat

Selain daging buahnya, ternyata bagian biji dari alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk dampak positif tertentu. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari biji buah alpukat diantaranya seperti mencegah terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengatasi permasalahan penyakit maag pada penderitanya.

Sebagai bagian dari buah yang dapat menjadi cikal bakal pohon alpukat lagi, biji buah dapat memberikan manfaat lain seperti mengatasi masalah pencernaan, membantu mencegah terjadinya kanker, menyembuhkan radang di beberapa bagian tubuh tertentu, serta dapat membantu sebagai bahan anti penuaan dini.

3. Manfaat Daun Alpukat

Selain biji dan buahnya, khasiat dan manfaat alpukat dapat juga diperoleh dari daunnya. Daun tanaman alpukat dalam dimanfaatkan untuk membantu mengobati sakit kepala, meredakan sembelit karena kandungan serat tinggi, mengurangi rasa sakit pada gigi, membantu mengatasi infeksi pada saluran kemih, serta bermanfaat dalam memberikan efek relaksasi pada tubuh dan mencegah stres.

4. Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, buah alpukat tentu memiliki banyak manfaat positif terutama bagi ibu hamil. Konsumsi buah alpukat dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil yang akan menentukan bagaimana kelancaran proses kehamilan yang dijalani. Beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil diantaranya seperti membantu perkembangan organ bayi karena kanudngan asam folat dan mencegah terjadinya gangguan fisik pada bayi.

Selain manfaat tersebut, alpukat untuk ibu hamil juga masih memiliki beberapa dampak positif lainnya. Dampak positif bagi ibu hamil yang mengkonsumsi buah alpukat diantarannya seperti membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, mempercepat produksi hormon prolaktin, mempercepat penyerapan zat besi, mencegah cacat saraf bagi janin di dalam kandungan, serta sebagai salah satu makanan sumber kalsium.

5. Manfaat Masker Alpukat

Selain untuk kesehatan tubuh, alpukat juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Masket alpukat yang digunakan pada kulitm maupun wajah dapat memberiikan beberapa manfaat positif bagi kecantikan diantaranya seperti membersihkan pori pori kulit, melembabkan dan menghaluskan kulit, serta membantu mengurangi lemak berlebih pada wajah.

Baca:   10 Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Cara Mengkonsumsi Dan Jenis Olahan Alpukat

Untuk mendapatkan dampak positif yang sudah dijelaskan diatas, alpukat harus dikonsumsi dengan benar. Banyak orang mungkin mengangap bahwa buah alpukat hanya dapat dirasakan manfaatnya dengan cara mengkonsumsinya secara langsung, namun ternyata ada banyak bentuk olahan lain dari buah alpukat tersebut. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara mengkonsumsi dan jenis olahan alpukat agar khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Pengolahan Alpukat untuk dikonsumsi

Cara pengolahan buah alpukat yang pertama adalah untuk dikonsumsi agar mendapatkan khasiat dan manfaat alpukat yang dijelaskan diatas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi buah alpukat diantaranya seperti memakan langsung buah yang sudah dikupas kuitnya dan bisa juga menambahkan gula pada buah alpukat.

Selain dikonsumsi secara langsung membuatnya menjadi jus buah alpukat merupakan olahan yang paling populer dari buah tersebut. Buah alpukat juga dapat  dijadikan bahan tambahan dalam es campur, es buah, es teler, dan es alpukat. Buah alpukat juga dapat dijadikan pure atau bubur buah untuk diberikan kepada bayi dan menjadi salah satu pilihan makanan pendamping asi.

2. Pengolahan Alpukat untuk kecantikan

Selain diolah untuk mengkonsumsinya, buah alpukat juga dapat dibuat menjadi beberapa produk kecantikan rumahan. Bentuk olahan untuk kecantikan yang pertama dapat dibuat dari buah tersebut adalah masker alpukat. Masket alpukat menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk membantu merawat bagian kulit dan wajah.

Pembuatan masker alpukat sangat sederhana yakni hanya dengan menghancurkan daging buah alpukat yang sudah matang lalu menambahkan beberapa bahan pelengkap dan bisa langsung di gunakan atau disimpan dalam lemari pendingin terlebih dahulu. Masker alpukat dapat dipalikasikan pada seluruh kulit tubuh termasuk wajah.

Cara Memilih Alpukat Yang Bagus

Dalam penjelasan cara mengolah alpukat diatas, untuk mendapatkan alpukat yang baik tentu proses pemilihanya juga harus dilakukan dengan benar. Pemilihan yang benar tersebut dilakukan untuk memperoleh alpukat yang bisa matang sempurna dan memiliki kualitas unggul.

Berikut beberapa langkah dalam cara memilih Alpukat yang bagus melalu uraian penjelasan yang diberikan di bawah ini.

  1. Pilih buah alpukat yang berwarna hijau gelap keunguan untuk yang langsung dikonsumsi dan pilih yang berwarna hijau muda mulus untuk yang akan dikonsumsi dalam waktu masih lama.
  2. Tekan buah dengan seluruh telapak tangan, jika ada tekstur yang empuk maka buah alpukat tersebut sudah matang dan siap dikonsumsi. Jangan menekan dengan satu jari saja.
  3. Perhatikan tangkai buah alpukat sebelum memilihnya. Buang tangkai dan lihat warna yang ada pada bagian dalam buah disisa tangkai tersebut, jika hijau tua makan alpukat sudah matang sempurna, jika coklat muda maka belum matang, dan coklat tua menunjukan buah alpukat terlalu matang atau benyek.
  4. Belah buah alpukat untuk memastikan tingkat kematangannya. Daging yang bersih tanpa serat hitam dan biji yang mudah dilepas menunjukan bahwa alpukat sudah matang dengan sempurna.
Baca:   Apa Manfaat Sunblock? Lihat Selengkapnya disini

Cara Mematangkan Alpukat

Buah alpukat kebanyakan dijual dalam kondisi setengah matang agar lebih tahan lama. Sebelum mengkonsumsinya, buah alpukat harus dimatangkan terlebih dahulu dengan benar. Alpukan menjadi buah yang memang harus dimatangkan terlebih dahulu setelah dipetik dan tidak bisa matang di pohon.

Berikut langkah langkah yang perlu dilakukan dalam cara mematangkan alpukat yang benar sehingga buah tersebut dapat matang dan dikonsumsi dalam ulasan di bawah ini.

  1. Dengan kantong coklat, cara mematangkan alpukat pertama dapat memangfaatkan kantong kertas coklat yang dapat merangkap gas etilen sehingga proses pematangan semaking cepat. Caranya cukup mudah yakni hanya dengan memasukan alpukat ke dalam kantong kertas coklat tersebut dan tutup rapat lalu simpan pada suhu kamar.
  2. Memanfaatkan air lemon, cara mematangkan alpukat ini khusus digunakan untuk buah yang sudah terlajur dipotong. Beri air perasan air lemon pada kedua sisi buah dan lalu satukan dengan plastik warp, tunggu hingga matang dalam beberapa hari.
  3. Memotong ujung alpukat, cara selanjutnya yang juga datap dilakukan untuk mematangkan alpukat sehingga khasiat dan manfaat alpukat dapat dirasakan adalah dengan memotong ujung buah lalu menutupnya dengan tisu dan kemudian simpan di dalam box beras.

Efek Samping Alpukat

Meskipun dapat memberikan dampak positif yang baik untuk kesehatan tubuh dan dimanfaatkan dalam berbagai olahan makanan tertentu, ada efek samping yang dapat beresiko terjadi ketika konsumsi alpukat secara sembarangan dan terlalu berlebihan.

Berikut ini beberapa efek samping dari buah alpukat yang dikonsumsi secara tidak benar maupun untuk kondisi individu tertentu diantaranya seperti :

  • Meningkatkan berat badan tubuh karena kandungan lemak yang tinggi
  • Menimbulkan beberapa gejala alergi pagi sebagian orang
  • Menyebabkan penurunan kadar lemak baik HDL di dalam darah
  • Menurunkan produksi asi pada ibu menyusui meskipun bernutrisi tinggi
  • Menyebabkan penurunan kinerja beberapa jenis obat anti radang di dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat alpukat yang perlu diperhaitkan sebagai salah satu jenis buah yang memiliki rasa khas dan biasa diolah menjadi jus alpukat. Dengan memahami penjelasan diatas maka dapat menjadikan alpukat lebih memberikan dampak positif bagi tubuh daripada sekedar menjadikannya sebagai makanan pelengkap saja.

Leave a Comment