Khasiat & Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Obat herbal atau pengobatan tradisional merupakan salah satu cara pengatasan suatu penyakit yang sudah berkembang dan dipercayai efektifitasnya sejak lama oleh masyarakat. Pengobatan tradisional menggunakan berbagai macam jenis tanaman atau tumbuhan tertentu memang menjadi salah satu bagian dari alternatif dan kombinasi untuk pengobatan medis. Berkembangnya teknologi yang terus terbarukan menjadikan tanaman obat mulai dibuktikan manfaatnya dan dibuat menjadi sediaan yang memang secara klinis dapat membantu mengatasi penyakit tertentu.

Salah satu jenis bahan yang sudah sejak lama dikenal sebagai bagian dari pengobatan herbal adalah bawang putih.

Tanaman yang dikenal memiliki bentuk, bau, dan rasa yang khas ini merupakan salah satu jenis bahan bumbu dalam berbagai macam olahan makanan. Bawang putih akan memberikan rasa yang sangat khas dan menjadikan makanan lebih terasa enak sehingga hampir semua jenis makanan menggunakan bawang putih terutama makanan yang memiliki cita rasa gurih.

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Kandungan bawang putih

Seperti yang kita ketahui, bawang putih memiliki beberapa manfaat  yang positif bagi tubuh selain digunakan sebagai bumbu dalam olahan makanan. Khasiat dan manfaat bawang putih tersebut dapat dirasakan karena adanya kandungan nutrisi dan berbagai senyawa di dalamnya. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat di dalam bawang putih diantaranya seperti :

  • Berbagai jenis vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, A, D, E, K yang nilainya berbeda beda.
  • Berbagai macam mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, sodum, dan seng.
  • Karbohidrat, air, protein, gula, serat, dan lemak yang umum pada semua jenis tanaman.
  • Senyawa sulfur allicin dan allinin yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat bawang putih

Berbagai macam kandungan yang disebutkan diatas dapat dimanfaatkan dengan kegunaan masing masing. Terutama dua senyawa sulfur yang secara khusus terdapat di dalam bawang putih, sebagai senyawa utama adanya khasiat dan manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini beberapa manfaat yang positif dari bawang putih untuk kesehatan tubuh, diantaranya seperti :

1. Bawang putih lanang untuk kesehatan

Jenis bawang putih yang belakangan ini cukup popular memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan bawang putih biasa adalah bawang putih lanang atau bawang putih yang hanya memiliki satu siung saja dan disebut juga sebagai bawang tunggal.

Selain siungnya yang tunggal, bawang putih lanang juga memiliki bau lebih menyengat dibandingkan bawang putih biasa. Selain karena jumlah siungnya, bawang putih tunggal disebut sebagai bawang lanang karena memang  bawang tersebut tidak dapat berkembang menjadi lebih banyak.

Bawang putih tunggal dengan manfaatnya yang cukup banyak bahkan dikenal dengan sebutan herbal seribu satu penyakit. Manfaat dari bawang putih langan yang paling dicari adalah membantu dalam mengatasi berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh, terutama penyakit jantung dan diabetes serta kanker.

Baca:   Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan atau Tanpa Olahraga

Manfaat yang bisa diperolehkan dari bawang putih lanang tentu lebih banyak dan lebih memiliki efektifitas yang baik dibandingkan dengan bawang putih biasa. Dengan manfaat yang dipercaya lebih baik tersebut, bawang putih lanang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bawang putih biasa.

2. Manfaat bawang putih untuk pria

Bawang putih ternyata secara spesifik dapat memberikan manfaat yang lebih pada pria baik itu bawang putih biasa maupun yang tunggal atau lanang.

Manfaat bawang putih yang spesifik bagi pria antara lain:

  • membantu meningkatkan kesehatan tubuh
  • mendongkrak produksi hormone testosterone yang penting untuk pria
  • mencegah terjadinya disfungsi ereksi pada pria karena memberikan efek dalam melancarkan darah
  • menyehatkan prostat sehingga dapat mencegah kondisi permasalahan pembesaran prostat pada pria
  • serta mencegah terjadinya kanker disamping manfaat yang umum untuk kesehatan lainnya.

3. Manfaat bawang putih untuk wanita

Seperti halnya dalam penjelasan diatas, bawang putih selain bermanfaat spesifik bagi pria juga memiliki dampak positif bagi wanita juga.

Beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh tubuh wanita ketika mengkonsumsi bawang putih atau menjadikannya sebagai obat herbal diantaranya seperti:

  • meningkatkan libido pada wanita sehingga memiliki kemauan dan gairah seksual yang lebih baik
  • mencegah penuaan dini
  • mengatasi wajah berjerawat yang merupakan salah satu bentuk permasalahan paling sering terjadi pada wanita
  • memperkecil pori pori dan mengurangi tanda kerutan pada wajah
  • serta tentunya memiliki manfaat umum untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Manfaat bawang putih hitam

Bawang putih hitam merupakan produk yang dihasilkan dari proses pengawetan bawang putih dengan suhu 60 – 80 derajat dan kelembapan 70 – 90 % selama kurang lebih 10 sampai 14 hari.

Proses pengawetan bawang putih menjadi hitam tersebut memanfaatkan  reaksi maliard. Pada proses reaksi maliard tersebut, ada beberapa senyawa atau zat yang berubah di dalam bawang putih. Kandungan yang lebih melimpah dan beragam tersebut menjadikan bawang putih hitam memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan bawang putih mentah.

Bawang putih mentah baik tunggal atau lanang maupun bawang putih biasa dapat diolah untuk menjadi bawang putih hitam.

Beberapa manfaat yang terdapat di dalam bawang putih hitam tersebut diantaranya seperti:

  • mencegah dan membantu mengatasi beberapa jenis kanker,
  • menjaga kesehatan jantung sebagai salah satu organ vital tubuh,
  • membantu dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil,
  • meredakan peradangan,
  • membantu mencegah timbulnya reaksi alergi,
  • melindungi sel sel otak,
  • menjaga kesehatan hati,
  • mencegah obesitas,
  • mencegah beberapa penyakit lain seperti kolesterol dan diabetes,
  • serta memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu menjadikan imunitas tubuh meningkat.
Baca:   Berbagai Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

5. Manfaat bawang putih dan madu

Bawang putih memiliki manfaat yang lebih baik lagi jika dicampurkan dengan bahan bahan lain yang salah satunya adalah madu. Bawang putih dan madu merupakan kombinasi yang baik dalam proses detoksifikasi tubuh.

Selain untuk proses pengeluaran racun atau detoksifikasi, bawang putih dan madu juga memiliki beberapa manfaat lain seperti  membantu menurunkan berat badan, memperbaiki saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan hati, merawat kulit agar lebih sehat, membantu dalam mengatur gula darah, serta memiliki manfaat yang baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

6. Manfaat bawang putih untuk jerawat

Seperti yang disebutkan sebelum sebelumnya, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalah jerawat yang membandel terutama bagi kulit wajah wanita. Manfaat untuk mengatasi jerawat dari bawang putih tersebut dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan antiperadangan.

Meskipun bermanfaat untuk mengatasi jerawat, cara penggunaan bawang putih tersebut perlu diperhatikan karena adanya resiko efek samping berupa iritasi dan peradangan terutama pada kulit sensitif.

Untuk mencegah efek sampingnya maka gunakan bawang putih dengan ukuran yang kecil dan lakukan secara perlahan ketika muncul iritasi maka sebaiknya tidak dilanjutkan pengobatan jerawat menggunakan bawang putih tersebut.

7. Manfaat bawang putih untuk ayam

Bawang putih ternyata selain memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, juga sering dimanfaatkan pada hewan ternak seperti ayam.

Beberapa manfaat bawang putih untuk hewan ternak ayam tersebut diantaranya seperti mengatai penyakit manikin, koreng, ngorok, dan luka yang muncul pada ayam, membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan nafus makan pada ayam.

Untuk jenis ayam Bangkok aduan, bawang putih juga diberikan sebagai ramuan dalam meningkatkan stamina dan daya tubuh dari ayam tersebut.

8. Manfaat bawang putih untuk burung

Selain untuk ayam, bawang putih juga dimanfaatkan dalam proses perawatan burung yang belakangan ini menjadi salah satu hobi popular. Bawang putih sering kali dimanfaatkan untuk mencegah infeksi mikroorganime pada burung yang dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

Manfaat lain bawang putih untuk burung seperti, menghangatkan tubuh burung ketika memasuki musim penghujan yang dingin, mengobati luka terbuka dan mengatasi flu yang terjadi pada burung peliharaan.

Efek samping bawang putih

Khasiat dan manfaat bawang putih yang melimpah seperti disebutkan diatas tentu dapat memberikan efek samping yang cukup menganggu ketika penggunaannya tidak tepat atau terlalu berlebihan. Efek samping dari bawang putih yang cukup fatal ketika dikonsumsi secara berlebihan adalah dapat memicu kondisi kerusakan hati.

Baca:   Berbagai Manfaat Daun Kelor, Khasiat, dan Juga Efek Sampingnya

Beberapa efek samping dari bawang putih yang juga perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  • Menyebabkan munculnya masalah pencernaan seperti diare, mual, muntah, dan perut yang terasa mulas, serta menimbulkan gas di lambung karena adanya kandungan fructans di dalam bawang putih.
  • Menyebabkan munculnya rasa pusing yang diprediksi terjadi akibat efek bawang putih yang dapat menurunkan tekanan darah sehingga memicu munculnya kondisi hipotensi pada tubuh.
  • Menimbulkan ruam dan iritasi yang dapat terjadi terutama ketika bawang putih diaplikasikan secara langsung pada kulit yang sensitif. Jika bawang putih digunakan pada wajah juga dapat beresiko menyebabkan rasa perih di mata.
  • Penggunaan bawang putih yang berlebihan juga sebaiknya dihindari bagi wanita yang sedang hamil atau masih dalam tahapan menyusui.

Cara mengkonsumsi bawang putih

Seperti yang disebutkan diatas, bawang putih selain memiliki khasiat dan manfaat yang melimpah juga dapat  memicu munculnya efek sampnig ketika tidak digunakan dengan baik dan benar.

Secara umum, penggunaan bawang putih terbagi menjadi dua yakni konsumsi secara langsung atau dengan mengoleskan ekstrak minyak yang terdapat di dalam bawang putih secara langsung ke bagian yang memang bermasalah.

Berikut penjelasan mengenai dua cara pemakaian dan konsumsi bawang putih tersebut.

1. Konsumsi secara langsung

Cara penggunaan bawang putih agar memberikan dampak yang diinginkan pertama adalah dengan memakannya secara langsung. Memakan  bawang putih secara langsung bagi sebagian orang mungkin akan terasa tidak mengenakan karena rasa dan bau dari bawang putih sangat tajam.

Tidak ada dosis umum yang menyatakan seberapa banyak bawang putih harus dikonsumsi demi meningkatkan kesehatan dan memberika manfaat yang diinginkan. Secara umum, konsumsi bawang putih yang banyak dianjurkan tidak lebih dari 6 siung sehari dan pastikan tidak adanya efek samping ketika mengkonsumsi bawang tersebut.

2. Mengoleskan ekstrak bawang putih

Selain dimakan secara langsung, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan topical langsung pada bagian yang bermasalah seperti luka dan jerawat.

Untuk mengoleskannya, potong bawang putih menjadi dua dan tekan tekan hingga keluar minyak yang diaplikasikan secara langsung pada jerawat atau luka. Hentikan penggunaan ketika muncul iritasi atau radang pada jerawat dan luka dikulit.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat bawang putih yang positif dalam mendukung kesehatan tubuh. Dari penjelasan yang diuraikan diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi bawang putih demi mendapatkan dampak positif yang dinginkan terutama cara penggunaannya.

Konsumsi bawang putih meskipun bermanfaat harus dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan mengingat adanya efek samping yang dapat terjadi.

Artikel lainnya:

Leave a Comment