Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Makanan merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia yang perlu diperhatikan dengan baik. Pemenuhan makanan bukan hanya menjadi sebuah kebutuhan untuk mengenyangkan tubuh saja, namun memiliki fungsi yang jauh lebih luas agar tetap dapat bertahan hidup. Setiap jenis makanan yang ada tentu memiliki beranekaragam gizi di dalamnya yang dibutuhkan agar tubuh dapat bekerja secara optimal dan beraktivitas dengan lancar setiap harinya.

Secara dasar, setiap manusia membutuhkan karbohidrat, serta, protein, lemak, mineral, gula, dan vitamin. Dalam setiap kombinasi makanan yang dikonsumsi oleh manusia tentu kesemua nutrisi tersebut harus terpenuhi sepanjang hari. Vitamin menjadi salah satu nutrisi yang kesemuanya harus dipenuhi dari asupan luar tubuh karena memang tidak dapat diproduksi secara mandiri. Salah satu cara memenuhi kebutuhan beranekaragam vitamin bagi tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah.

Sebagai negara tropis, ada beraneka ragam buah dengan rasanya yang berbeda beda sebagai pilihan makanan untuk memenuhi vitamin. Salah satu jenis buah yang baru beberapa tahun ini cukup populer dikalangan masyarakat adalah buah naga.

Buah yang memiliki bentuk khas dengan beberapa varian yang dibedakan dari warnanya yakni merah atau ungu, dan putih tersebut ternyata selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin juga memiliki beberapa khasiat bagi tubuh. Berikut penjelasan mengenai khasiat dan manfaat buah naga dalam ulasan di bawah ini.

manfaat buah naga untuk kesehatan

Kandungan Buah Naga

Seperti yang disinggung dalam bahasan diatas terkait adanya banyak khasiat dan manfaat buah naga yang positif bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari buah naga tersebut tentu berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah dengan rasa manis asam khas tersebut.

Beberapa kandungan nutrisi terbesar yang terdapat di dalam buah naga menurut data yang ditampilkan dalam artikel yang dimuat oleh litbang pertanian provinsi jawa barat diantaranya seperti :

  1. Memiliki kandungan air yang besar sebanyak 90,20 %,
  2. Vitamin C sebanyak 9,40 %,
  3. Karbohidrat dan serat sebesar 11,50 % serta 0.71 %,
  4. Protein dan lemak secara berturut turut sebesar 0.53 % dan 0.40 %,
  5. Mineral fosfor 8.70 % dan kalsium sebanyak 6 = 10 mg dalam 100 gram buah,
  6. Antioksidan beta karoten untuk buah naga dengan daging berwarna merah.

Manfaat Buah Naga

Dengan kandungan nutrisi lengkap dan melmpah seperti yang disebutkan tersebut, buah naga memiliki banyak manfaat yang tentunya positif bagi kesehatan tubuh maupun hal lainnya.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah naga yang sangat baik dalam membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Baca:   Minuman yang Bisa Membantu Atasi Gejala Demam Berdarah

1. Buah naga untuk ibu hamil

Manfaat pertama dari buah naga adalah membantu memperlancar proses kehamilan karena adanya kandungan nutrisi yang dapat menjadikan kebutuhan ibu hamil terpenuhi.

Dengan nutrisi yang terpenuhi tersebut maka proses kehamilan akan berjalan dengan lancar dan dapat dihindarkan dari berbagai resiko gangguan kehamilan yang tentunya apat menjadikan perkembangan janin di dalam kandungan terhambat. Buah naga membantu meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil agar tidak selalu mengalami permasalahan.

2. Buah naga untuk bayi

Selain baik dalam memberikan nutrisi bagi ibu hamil, buah naga juga memilikki beberapa manfaat positif yang dapat diberikan kepada bayi. Buah naga kerap kali dijadikan sebagai salah satu makanan pendamping asi saat bayi memasuki usia 6 bulan karena tekstur dan rasanya yang cukup enak dikonsumsi oleh bayi.

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang membantu proses perkembangan organ tubuh bayi serta menjadikan kondisi tubuhnya lebih kuat dalam menahan setiap ancaman penyakit disekitar karena tingginya antioksidan dalam buah naga.

3. Buah naga untuk kecantikan

Buah naga memang dikenal memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh, namun ternyata juga dapat mendukung dalam hal kecantikan. Beberapa manfaat buah naga yang baik untuk kecantikan diantaranya seperti;

  • kandungan antioksidannya yang tinggi membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini,
  • konsumsi buah naga maupun menjadikannya masker dapat mencerahkan kulit wajah dan membantu dalam mengatasi jerawat membandel,
  • serta kandungan air yang tinggi dan efek dinginnya dapat membantu meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari.

4. Buah naga untuk diet

Diet merupakan salah satu aktivitas pengaturan pola dan jenis makanan dengan tujuan untuk mendapatkan bentuk badan ideal dan membantu menurunkan berat badan. Dalam prosesnya, diet sangat perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya dengan melihat kalori dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Buah naga merupakan salah satu pilihan makanan untuk diet karena mudah di dapat dengan kalori dan karbohidrat yang rendah. Buah naga juga dapat mendukung metabolisme serta sistem pencernaan tubuh untuk dapat bekerja lebih optimal.

5. Buah naga untuk kesuburan

kesuburan merupakan salah satu hal yang sangat lekat hubungannya dengan keberhasilan dari adanya proses kehamilan di dalam rahim seorang wanita. Untuk mendapatkan peluang kehamilan yang tinggi maka setiap wanita harus memiliki kesuburan yang baik.

Makanan sehat dan bernutrisi tinggi seperti di dalam buah naga dapat membantu dalam proses peningkatan kesuburan wanita secara tidak langsung. Di samping penggunaan buah naga untuk membantu meningkatkan kesuburan, tentu ada upaya pendukung lain yang juga harus dilakukan seperti; menghindari alkohol dan rokok, olahraga, dan menjalani pola hidup secara sehat.

Baca:   Info Seputar Penyakit Demam Berdarah Dengue Yang Perlu di Ketahui

6. Manfaat buah naga merah

Khasiat dan manfaat buah naga yang disebutkan diatas tidak berlaku secara spesifik untuk varian buah naga tertentu. Buah naga merah sebagai pilihan jenis buah naga yang banyak diminati ternyata memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan manfaat buah naga lainnya.

Buah naga merah yang memiliki warna merah tua tersebut memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tidak terdapat pada varian buah lainnya yakni beta karoten. Beta karoten tersebut dapat dimanfaatkan dalam mencegah reaksi radikal bebas di dalam tubuh serta memberikan nutrisi yang baik untuk mata dan kulit.

Beberapa orang mungkin menyebut buah naga merah sama dengan buah naga ungu yang memiliki rasa lebih lezat dibandingkan dengan buah naga putih.

7. Manfaat kulit buah naga

Melimpahnya manfaat positif dari buah naga yang dapat diberikan secara khusus untuk kesehatan tubuh daitas, semuanya berasal dari daging buah naga yang memiliki warna merah atau ungu dan putih.

Kulit buah naga ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai regen untuk mendeteksi adanya boraks atau vitamin, pengobatan alami tumor, membantu melenturkan pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan menurun, merawat dan melembabkan kulit, dan mencegah kanker.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kulit buah naga dapat diolah menjadi seduhan air teh kulit buah maupun dengan menumis kulit buah naga tersebut dan memakannya secara langsung.

Efek Samping Konsumsi Buah Naga

Meskipun memiliki banyak manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh, konsumsi buah naga perlu untuk diperhatikan dengan baik dan harus dijaga agar tidak berlebihan karena adanya resiko efek samping yang dapat terjadi.

Beberapa bentuk efek samping dari konsumsi buah naga yang kurang tepat diantaranya seperti :

1. Memperparah kondisi diare

Diare merupakan penyakit yang terjadi dimana frekuensi dan konsistensi dari buang air besar sangat banyak serta encer. Kondisi penderita diare sebaiknya tidak mengkonsumsi buah naga karena dapat menyebakan diare semakin parah akibat kandungna serat dan air dalam buah tersebut yang cukup tinggi.

2. Menyebabkan maag dan perut kembung

Efek samping lain yang juga dapat terjadi dari konsumsi buah naga yang berlebihan adalah menyebabkan perut menjadi kembung dan munculnya kondisi maag yang menyakitkan jika terlalu banyak buah naga yang masuk ke dalam pencernaan. Selain permasalahan pada saluran pencernaan, konsumsi buah naga berlebihan juga dapat menimbulkan gejala batuk akibat getah dari bauh.

Baca:   Cara Pencegahan Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

3. Meningkatkan resiko diabetes

Gula dari buah memang tidak akan menyebabkan kenaikan gula dalam darah yang tinggi dan signifikan. Namun konsumsi yang berlebihan dari buah dengan rasa manis seperti buah naga juga dapat menyebabkan resiko terjadinya peningkatan gula darah yang tentunya tidak baik untuk penderita diabetes.

Cara Pengolahan Buah Naga

Seperti dalam penjelasan diatas, buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak nutrisi serta kandungan nutrisi melimpah. Bagi beberapa orang, konsumsi buah naga mungkin sangat enak dengan langsung memakannya tanpa diolah menjadi makanan tertentu.

Namun untuk beberapa orang yang tidak menyukai buah naga secara langsung, dapat diolah menjadi beberapa bentuk olahan diantaranya seperti :

  1. Jus buah naga, jus buah naga menjadi pilihan menu olahan dari daging buah yang paling mudah untuk dilakukan karena hanya membutuhan alat pembuat jus dan buah naga saja. Penambahan susu dan gula perlu diberikan untuk menjadikan jus tersebut lebih berasa dan nikmat untuk dikonsumsi di pagi hari maupun siang agar memberikan rasa menyegarkan dikala cuaca cukup terik. Smoothies dapat menjadi pilihan selain membuat jus dari buah naga.
  2. Es buah dan jenis kudapan es lainnya, potongan kotak kecil kecil buah naga juga dapat dengan mudah ditemui pada berbagai macam jenis es buah dan kudapan kudapan es lainnya seperti es manado, es loli, es krim, maupun dalam es campur. Olahan es buah dan jus buah naga tidak akan menjadikan nutrisi di dalamnya berkurang.
  3. Salad buah, bentuk olahan buah naga lainnya yang juga banyak ditemui adalah potogan buah naga yang ada dalam salad buah. Dalam pembuatan salad buah tersebut, buah naga akan dicampur dengan potongan jenis buah lainnya yang tentu akan sangat menyehatkan bagi tubuh.
  4. Nasi goreng buah naga, selain diolah menjadi berbagai jenis minuman yang sehat dan enak, buah naga juga dapat diolah sebagai bumbu dalam pembuatan nasi goreng sehingga menjadikan munculnya varian nasi goreng buah naga.
  5. Mie buah naga, hidangan unik lainnya yang dapat di olah dari bahan buah naga adalah mie buah naga yang memiliki rasa unik dengan manfaat yang melimpah di dalamnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat dan khasiat dari buah naga sebagai salah satu jenis buah berasa khas berbentuk unik dengan kandungan gizi yang melimpah di dalamnya.

Konsumsi buah naga sebaiknya juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan mengingat adanya efek samping dalam uraian diatas.

Artikel lainnya:

Leave a Comment