Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Beserta Efek Sampingnya

Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal dunia dengan julukan paru paru dunia karena keberagaman flora dan fauna yang dimiliikinya. Dengan keberagaman akan floranya,  ada banyak tanaman yang tumbuh di sekitar kita dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan banyak hal.  Salah satu dampak positif dari beberapa tanaman yang dapat diperoleh adalah menjadikannya sebagai tumbuhan dengan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menjadikan tanaman tertentu untuk membantu menjaga kesehatan tubuh sudah menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan di masyarakat.  Bahkan,  pengobatan tradisional yang sudah dipercaya sejak dulu terkadang lebih menjadi prioritas dibandingkan dengan pengobatan medis yang terbukti secara ilmiah. Pemanfaatan berbagai ramuan dalam bentuk jamu juga menjadi salah satu kekayaan budaya dan kesehatan di masyarakat.

Ada berbagai macam tanaman yang dapat dimanfaatkan dengan fungis dan dampak positifnya masing masing. Salah satu tanaman tersebut adalah daun binahong. Daun dari tanaman binahong sebagai tumbuhan obat tersebut sejak lama sudah dipercaya mampu memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan.

Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat dan manfaat daun binahong, perhatikan ulasan artikel di bawah ini.

khasiat dan manfaat daun binahong

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Daun Binahong

Daun binahong atau yang dikenal memiliki naman ilmiah Anredera cordifolia merupakan tanaman obat yang tumbuh di lingkungan dataran rendah maupun tinggi. Bukan hanya di Indonesia saja, tanaman binahong mulai dari akar hingga batangnya dimanfaatkan sebagai tumbuhan untuk mengatasi berbagai macam penyakit juga dimanfaatkan banyak negara di asia seperti vietnam dan china.

Untuk dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh, daun binahong memiliki beberapa kandungan senyawa aktif dan nutrisi di dalamnya.

Beberapa senyawa aktif seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan minyak atsiri yang menjadikannya memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Kandungan senyawa aktif tersebut sudah banyak diteliti dalam laboratorium terkait manfaatnya.

Kegunaan Daun Binahong

Daun yang memiliki bentuk khas seperti love atau hati tersebut utamanya digunakan sebagai salah satu tanaman yang memang dikhususkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Binahong dapat dijadikan makanan tambahan setiap harinya, contohnya sebagai lalapan dalam beberapa makanan. Daun binahong memang secara utama hanya digunakan khsusus untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu.

Simak juga: tips cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Manfaat Daun Binahong

Seperti yang sudah disinggung diatas, daun binahong menjadi salah satu tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama di masyarakat. Sebagai tanaman obat, daun binahong memiliki bahan aktif yang bermanfaat dalam beberapa hal.

Untuk lebih memahami apa saja khasiat dan manfaat daun binahong tersebut, perhatikan beberapa ulasan lengkap mengenai satu persatu manfaat dari tanaman obat tersebut.

Baca:   Manfaat Daun Sirsak, Cara Mengolah, dan Khasiatnya

1. Manfaat daun binahong merah

Salah satu jenis dari varian daun binahong yang sangat populer memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh adalah daun binahong merah. Daun binahong merah yang dikenal dengan bentuk hati dan warna merah pada bagian pinggirnya ini dapat memberikan banyak manfaat positif bagi ksehatan tubuh. Binahong merah kerap kali dibeberapa daerah disebut dengan nama lain yakni gendola.

Beberapa manfaat yang terdapat di dalam daun binahong merah tersebut dapat mengatasi beberapa gejala ringan seperti sakit perut, panyakit maag, dan membantu menyembuhkan luka.

Daun binahong merah juga dapat dimanfaatkan sebagai obat beberapa penyakit berbahaya seperti mencegah kanker, kerusakan paru paru, mengobati disentri, menyembuhkan wasir yang berdarah, mencegah stroke, dan mengatasi diabetes.

2. Manfaat daun binahong untuk wajah

Selain manfaat serius untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa masalah kesehatan yang berbahaya, daun binahong juga dapat digunakan untuk membantu dalam hal kecantikan. Manfaat daun binahong untuk kecantikan tersebut, khususnya untuk bagian wajah. Manfaat binahong untuk wajah dapat digunakan dengan cara membuat masker alami dari daun binahong.

Beberapa manfaat dari daun binahong untuk wajah diantaranya seperti membantu dalam mengatasi jerawat sebagai permasalahan yang sering terjadi di wajah dan membantu dalam membersihkan komedo.

Manfaat positif tersebut dapat terjadi karena sifat dari senyawa aktif di dalam daun binahong yang bertindak sebagai antiradang dan mampu mencegah pertumbuhan bakteri pada bagian jerawat wajah.

3. Manfaat daun binahong untuk asam urat

Asam urat atau berbagai gejala penyekit yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit degeneratif yang banyak memiliki penderita khususnya orang tua dan dewasa.

Daun binahong dikenal memiliki manfaat positif dalam membantu menjaga kadar asam urat dan mengatasi gejala yang muncul akibat peningatkan asam urat di dalam darah.

Khasiat dan Manfaat daun binahong tersebut dapat diperoleh karena adanya kandungan flavonoid dan alkaloid di dalamnya. Senyawa aktif flavonoid dan alkaloid dapat membantu dalam mencegah terjadinya pengkristalan asam urat di dalam darah.

Selain itu, sifat kedua bahan sebagai analgesik atau anti nyeri dan antiinflamasi atau pencegah peradangan juga sangat membantu mengatasi gejala asam urat yang cukup menyiksa.

4. Manfaat daun binahong untuk kecantikan

Seperti yang sudah disinggung dalam pembahasan manfaat daun binahong untuk wajah, ada banyak manfaat lain dari daun binahong yang baik untuk kecantikan.

Selain untuk wajah, beberapa manfaat daun binahong untuk kecantikan diantaranya seperti meregenerasi kulit di bagian wajah maupun bagian lainya, melembabkan kulit dan menjadikannya tampak cerah berseri, membantu mengangkat komedo, serta menjadikan kulit terlihat lebih awet muda.

Baca:   Khasiat & Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kita

5. Daun binahong untuk jerawat

Dalam penjelasan manfaat daun binahong untuk wajah diatas, diketahui bahwa daun binahong dapat memberikan manfaat positif untuk mengatasi jerawat. Jerawat menjadi salah satu hal yang kerap kali menganggu dan banyak dikeluhkan oleh kaum hawa.

Adanya jerawat di wajah bukan hanya menyakitkan dan menganggu namun juga dapat menjadikan penampilan menurun dan kecantikan berkurang.

Karena masalah tersebut, jerawat haruslah diatasi dengan baik dan salah satunya dengan menggunakan pengobatan alami. Daun binahong memiliki untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Dampak positf tersebut diperoleh karena adanya kandungan flavonoid dan alkaloid yang terdapat di dalam daun binahong yang membeirkan efek antinflamasi atau anti radang dan anti bakteri.

6. Manfaat daun binahong untuk jantung

Jantung merupakan bagian tubuh yang sangat penting peran dan fungsinya untuk kelangsungan hidup manusia. Jantung berperan untuk mengatur sistem sirkulasi darah dimana darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi akan disalurkan ke seluruh tubuh.

Pentingnya manfaat jantung tersebut menjadikan penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat berbahaya bahkan menjadi pembunuh utama di dunia.

Sebagai tanaman dengan daun yang khas seperti hati, tentu daun binahong dapat memberikan manfaat yang positif bagi jantung. Beberapa manfaat positif dari daun binahong untuk jantung tersebut diantaranya seperti mencegah penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang berbahaya bagi jantung, membantu menjaga kondisi kesehatan jantung, serta mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

7. Daun binahong untuk kenari

Selain untuk kesehatan tubuh, daun binahong juga dapat memberikan manfaat yang positif bagi burung kenari. Manfaat daun binahong untuk burung kenari tersebut sudah sangat dikenal oleh para pencinta buruk.

Beberapa manfaat positif dari daun binahong untuk burung kenari diantaranya seperti mengatasi kenari yang sedang mencret atau diare, mengatasi penyakit snot, dan membantu mengatasi gatal gatal pada tubuh kenari.

Selain manfaat untuk kesehatan kenari tersebut, daun binahong juga di jadikan pakan kenari untuk mambantu dalam mengembalikan tenaga dan energi setelah kenari berlomba.

Daun binahong juga menjadi bahan pakan kenari khusus di saat musim hujan karena dapat membantu dalam memberiikan rasa hangat pada tubuh burung kicau tersebut.

8. Manfaat daun binahong untuk lovebird

Selain manfaat untuk burung kenari, daun binahong juga dapat memberikan manfaat yang positif untuk burung lainnya yakni burung lovebird. Lovebird merupakan salah satu burung yang sangat populer belakangan ini dan banyak diminati oleh para pecinta burung.

Baca:   Minuman yang Bisa Membantu Atasi Gejala Demam Berdarah

Daun binahong dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh burung lovebird yang sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak pecinta burung.

Beberapa manfaat daun binahong untuk burung lovebird lainnya diantaranya seperti meningkatkan stamina burung dan menjaga kehangatan badannya di saat musim dinging.

Selain itu, daun binahong juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada burung seperti diare atau mencret, gatal, hingga membantu penyembuhan luka.

Cara Mengolah Daun Binahong

Untuk dapat memberikan dampak positif yang sudah dijelaskan dalam uraian diatas, daun binahong harus diolah dengan benar. Pengolahan daun binahong sangat berkaitan dengan manfaat apa yang ingin diperoleh dari salah satu daun mistis yang dikenal banyak memiliki manfaat postif bagi kesehatan tersebut.

Berikut ini beberapa cara pengolahan daun binahong untuk dapat memberikan manfaat yang diinginnya dinataranya seperti :

  • Masker daun binahong, maskerdaun binahong dijadikan salah satu cara mengolah daun binahong khususnya untuk manfaat bagi kecantikan wajah maupun kulit.
  • Lalapan daun binahong, konsumsi daun binahong mentah juga dapat dilakukan secara langsung bagi mereka yang biasa mengkonsumsi lalapan dedaunan.
  • Rebusan air daun binahong, sama halnya dengan daun tanaman obat lainnya, daun binahong juga dapat diolah menjadi rebusan air yang memberikan manfaat positif bagi tubuh. Caranya cukup dengan merebus daun binahong dengan satu bagian air hingga tersisa setengah bagian air.

Efek Samping Daun Binahong

Tanaman obat yang dikenal memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh seperti daun binahong juga memiliki efek samping ketika salah dalam penggunaan atau terlalu berlebihan dosisinya. Untuk mencegah efek samping yang ada, maka pemanfaatan daun binahong harus sesuai dan benar.

Berikut beberapa efek samping dari daun binahong yang memiliki kemungkinan atau resiiko dapat terjadi diantaranya seperti :

  • Denyut jantung yang tidak beraturan ketika terlalu banyak mengkonsumsi daun binahong
  • Konsumsi daun binahong dengan bahan maupun makanan yang mengandung zat simultan sebaiknya tidak dilakukan karena dapat berbahaya bagi tubuh.
  • Binahong dapat menjadi racun ketika konsumsinya terlal berlebihan sehingga pastikan hanya menggunakannya dalam jumlah yang cukup.
  • Ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi binahong karena berbahaya bagi kesehatan maupun janin di dalam kandungannya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun binahong sebagai salah satu tanaman obat herbal yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat.

Pemanfaatan daun binahong untuk kesehatan dan beberapa dampak positif lainnya juga dikenal di beberapa negara lain seperti china dan vietnam. Daun binahong dengan manfaat postifnya bagi kesehatan tersebut sudah banyak dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah.

Leave a Comment