Berbagai Manfaat Daun Kelor, Khasiat, dan Juga Efek Sampingnya

Tahukah anda, jika daun kelor ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Moringa Oleifera juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Bahkan dauni ini diproduksi menjadi obat, parfum dan juga produk kecantikan. Orang Eropa telah menjadikan daun kelor sebagai obat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Pada semua bagian dari kelor bisa dimanfaatkan. Buah kelor atau kelentang, dimanfaatkan untuk tambahan sayur pada masakan. Tinggi pohon biasanya bisa mencapai 11 meter dan terdapat bunga berwarna kuning dengan wangi semerjak menghiasi bagian ujung ranting. Ukuran daun kecil dan berbentuk oval.

Bunga kelor dengan aroma yang wangi telah dimanfaatkan sejak lama untuk bahan produk kecantikan. Sedangkan daunnya memilki banyak khasiat untuk tubuh. Sebagai organisasi kesehatan dunia WHO juga menganjurkan agar daun kelor dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi karena dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk. Negara Somalia, Sudan dan Ethiopia sudah melakukan ini pada anak-anak di negara mereka.

Hasil penelitian dalam Jurnal Oncology Letters menyebutkan bahwa daun kelor dapat digunakan untuk penderita kanker.

Kelor memiliki kandungan antioksidan, protein, karotenoid, potassium dan senyawa lainnya. kandungan yang dimiliki kelor tersebut mampu menangkal radikal bebas serta dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Beberapa kanker yang dapat diobati secara alami jika anda mengonsumsi kelor adalah kanker payudara, kanker kulit, dan kanker paru.

Kelor juga dapat melindungi tubuh anda karena memiliki kandungan berupa vitamin C, A dan vitamin E. Sehingga kelor dapat membantu anda memperbaiki jaringan kulit pada wajah. Kelor juga bisa menghilangkan noda hitam, flek hitam, bintik bintik merah pada wajah secara alami dan dapat membantu anda terhindar dari jerawat karena kelor mampu membersihkan darah kotor.

Cara Mengolah Daun Kelor Dalam Masakan

Anda dapat mengonsumsi daun kelor dengan berbagai olahan masakan berbeda dengan berbagai rasa dan tentunya tidak membosankan. Adapun berbagai olahan daun kelor yang dapat anda, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sayur Bening

Siapa yang tidak tahu dengan sayur yang satu ini. Sayur bening dari olahan daun kelor rasanya enak dan relatif mudah untuk membuatnya. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan bumbu sebagai berikut:

  • Air sebanyak 1 liter
  • 2 buah jagung manis yang telah di sisir
  • 1 ikat daun kelor
  • Kencur 2 ruas
  • Bawang merah 2 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Gula pasir 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Daun salam 3 lembar

Cara membuat:

  1. Semua bahan bumbu di ulek dan panaskan air hingga mendidih lalu masukkan bumbu dan jagung muda
  2. Masukkan daun kelor serta tambahkan gula dan garam jika jagung sudah cukup empuk
  3. Jika dirasa sudah enak, angkat dan sajikan untuk anda nikmati dengan nasi hangat.

2. Tumis Kelor

Selain dapat di olah menjadi sayur bening daun kelor juga dapat ditumis. Bahan yang di butuhkan adalah:

  • Air sesuai selera
  • Daun kelor 1 ikat
  • Garam secukupnya
  • Cabe merah 2 buah
  • Saus tiram 2 sdt
  • Bawang putih 2 siung
  • Minyak jagung seperlunya

Cara membuat:

  1. Cuci daun kelor tanpa batang hingga bersih
  2. Masukkan minyak jagung lalu irisan bawang putih dan cabe lalu aduk higga harum
  3. Masukkan secara bertahap daun kelor dan aduk lagi. Sebagai alternatif, anda bisa tambahkan udang atau potongan tahu
  4. Tambahkan garam sesuai selera dan 2 sdt saus tiram. Anda juga bisa menambahkan penyedam rasa dan air agar bumbu lebih terserap. Tumis siap disajikan.

3. Bakwan Kelor

Anda juga bisa membuat cemilan bakwan dari daun kelor. Cara membutanya seperti bakwan lainnya. Bahan-bahan yang perlu anda persiapkan adalah air secukupnya, tepung terigu, tahu putih, garam, penyedap rasa, daun kelor, dan minyak jagung (aman untuk diabetes dan baik untuk kesehatan tubuh)

Cara membuat:

  1. Cuci daun kelor tanpa batang hingga bersih. Lalu hancurkan tahu putih hingga halus kemudian masukkan daun kelor
  2. Masukkan tepung terigu, air matang dan garam sesuai dengan selera anda
  3. Tambahkan penyedap dan aduk semua adonan menjadi satu
  4. Goreng dengan sendok ataupun centok kecil terganttung selera anda
  5. Goreng bakwan daun kelor dengan minyak jagung

4. Keripik Daun Kelor

Selain bakwan, anda juga bisa membuat keripik dari daun kelor. Anda bisa membuat camilan yang sehat dari daun kelor dengan cara yang mudah. Bumbu yang digunakan merupakan bumbu yang biasa digunakan untuk membuat peyek ataupun keripik tempe. Bahan yang perlu anda siapkan untuk membua keripik daun kelor yang krispi dan enak adalah sebagai berikut:

  • Tepung beras 250 gram
  • Telur ayam 1 butir
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Bawang putih 3 siung
  • Daun kelor 1 genggam dan sudah disiangi serta diseduh dengan air panas kemudian ditiriskan
  • Tepum berbumbu secukupnya
  • Garam sesuai selera

Cara membuat :

  1. Bawang putih, ketumbar dan garam dihaluskan. Anda bisa blender setengah daun kelor.
  2. Campurkan dengan tepung beras, bumbu yang sudah dihaluskan, telur, dan sisa daun kelor hingga rata.
  3. Tuang adunan dan ungkus seperti lontong atau arem – arem dalam lembar daun pisang lalu kukus hingga tanak kira-kira 25 menit dan dinginkan
  4. Iris tipis hasilnya dengan pisau tajam lalu jemur dibawah matahari
  5. Buat adonan dengan tepung berbumbu dan celupkan keripik dalam adonan tepung terbut kemudian goreng dalam minyak panas. Jika sudah kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

manfaat daun kelor

Manfaat Daun Kelor untuk Kanker

Selain sebagai sayur, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor juga mampu mengobati kanker secara alami. Kandungan dalam daun kelor dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ringat maupun mematikan seperti kanker.

Adapun manfaat daun kelor untuk penderita penyakit kanker adalah:

1. Mengandung banyak gizi untuk tubuh

Kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Sel kanker menggerogoti tubuh penderitanya sedikit demi sedikit. Biasanya gizi yang masuk tubuh penderita kanker akan dimakan oleh sel kanker dan menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Namun, gizi yang ada dalam kandungan daun kelor dapat masuk ke tubuh tanpa diserap sel kanker.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan pada daun kelor baik mineral, asam amino, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dll dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari masuknya berbagai zat penyebab sel kanker tumbuh dan tubuh akan menjadi lebih kuat.

Daya tahan tubuh yang kuat akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Daun kelor memiliki kandungan kaya akan potassium yang mampu membantu menghentikan sel kanker. Daun kelor dapat membantu anda mencegah terjadinya pembentukan bibit sel kanker dalam tubuh.

Oleh karena itu anda bisa konsumsi daun kelor agar terhindar dari masuknya sel kanker ke tubuh anda.

4. Menghancurkan sel kanker

Daun kelor dapat membantu menghancurkan sel kanker yang ada dalam tubuh karena terdapat jandungan isothiocyanate banzel yang dapat membuat sel kanker hilang.

Selain itu, tidak hanya menghancurkan sel kanker, daun kelor juga dapat menghilangkan sisa el kanker yang telah mati agar keluar dari tubuh.

5. Antioksidan

Daun kelor memiliki kandungan asam amino dan nutrisi lain yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi sel kanker dalam tubuh. Selain mengurangi sel kanker, penderita kanker dapat mengonsumsi daun kelor untuk menghilangkan sel kanker secara perlahan.

6. Antikanker

Pada daun kelor terdapat senyawa ktif niaziminin yang dapat membantu anda mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dapat terhambar jika anda mengonsumsi daun kelor.

7. Antiinflamasi

Penderita kanker akan mengalami peradangan jika sel kanker menyerang dalm tubuh. Daun kelor mengandung antibakteri yang bersifat antiinflamasi sehingga dapat membantu penderita kanker untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Manfaat Daun Kelor untuk Mata

Kandungan dalam daun kelor memiliki banyak khasiat untuk kesehatan termasuk kesehatan mata. Selain antioksidan, daun kelor juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata seperti salah kalsium, potasium, tembaga, mangan, dll.

Salah satu yang dipercaya adalah daun kelor dapat mengatasi berbagai masalah mata minus.

Manfaat daun kelor untuk mata minus adalah sebagai berikut:

1. Antioksidan

Jika pada umumnya orang lebih mengenal vitamin C pada jeruk, maka anda perlu coba konsumsi daun kelor karena ternyata kandungan vitamin C lebih banyak dibandung jeruk.

Vitamin C merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Sehingga sangat baik untuk mata minus.

2. Meningkatkan visabilitas

Selain vitamin C, daun kelor juga mengandung vitamin A. Kita tahu bahwa vitamin A sangat dianjurkan untuk kesehatan mata. Vitamin A diubah menjadi retinol yang dapat masuk ke sel batang retina mata. Sehingga dapat membantu anda meningkatkan visabilitas penglihatan.

Selain itu, vitamin A pada daun kelor dapat membantu penyakit mata lainnya seperti rabun, silinder, katarak dan juga mata minus.

3. Mempertajam penglihatan

Daun kelor dapat mempertajam mata pada mata minus yang cenderung akan rabun senja.

4. Mengurangi rasa pusing

Jika penderita mata minus memaksakan melihat suatu objek agar lebih jelas maka akan merasakan pusing. Kandungan daun kelor termasuk vitamin dan antioksidang dapat membantu anda mengurasi rasa pusing tersebut.

Manfaat Daun Kelor untuk Rahim

Sebutan pohon ajaib memang patut disematkan pada pohon kelor. Kandungan yang ada dalm daun kelor sangat berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu dari sekian banyak khasiat daun kelor adalah manfaatnya untuk rahim.

Rahim adalah organ dalam wanita tempat penyimpanan zigot. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan rahim dan salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor untuk rahim adalah:

1. Terhindar dari penyakit menular seksual

Penyakit Meluar Seksual (PMS) tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan terganggunya rahim yang berujung kemandulan.

Anda dapat mengonsumsi daun kelor secara teratur karena ada sifat anti inflamasi, antibakteri, antioksidan dan mineral serta vitamin lainnya yang dapat membantu anda mencegah perkembangan penyakit menular seksual.

2. Mencegah kanker ovarium

Daun kelor mengandung mineral dan vitamin yang dapat mencegah berbagai penyakit kanker termasuk kanker ovarium. Anda dapat mengonsumsi daun kelor untuk mencegah perkembangan kanker ovarium dan beberapa kanker lainnya dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan kandungan

Anda dapat mengonsumsi daun kelor saat hamis untuk mencegah bayi terlahir cacat.

4. Mencegah produksi hormon berlebih

Mengonsumsi kelor dapa mencegah produksi hormon estrogen berlebih yang dapat memicu tumor jinak dalam rahim.

5. Mencegah fibroid

Kelo mengandung kadar kalsimum dan vitamin D yang dapat mencegah berkembangnya tumor jinak pada rahim (fibroid).

6. Menjaga siklus haid normal

Siklus hadi yang normal maka kesuburannya juga bagus. Antioksidan dalam kelor dapat menurunkan resiko infeksi rahim ataupun tumor rahim yang menghambat siklus haid wanita.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Daun kelor memiliki banyak khasiat, tak terkecuali untuk kecantikan. Didalamny ada kandungan vitamin C, A, B6, B5, senyawa protease dll yang baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan adalah:

  • Masker daun kelor dapat membantu anda mencerahkan kulit dan menghilangkan noda bekas jerawat
  • Minyak daun kelor dapat digunakan sebagai exfoliator yang dapat melembabkan dan menghaluskan bibir secara alami
  • Masker wajah daun kelor dapat mencegah kertan dan mengencangkan kulit anda
  • Maskerkelor dapat membantu melawan jerawta yang meradang
  • Mengonsumsi sayur kelor dapat membersihkan racun dalam tubuh
  • Masker daun kelor dapat mengecilkan pori-pori sehingga mencegah komedo dan jerawat muncul

Manfaat Daun Kelor Untuk Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi akibat mengonsumsi zat purin yang berlebihan. Pada daun kelor terdapat fluvonoid dan alkoloid yang dapat membantu anda mencegah terbentuknya asam urat.

Selain itu kandungan daun kelor juga dapat berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan dan analgesik sebagai pereda rasa sakit. Anda dapat mengonsumsi secara rutin untuk mengurangi resiko asam urat.

Efek Samping Daun Kelor

Diantara banyak khasiat dari daun kelor, ternyata ada efek samping daun kelor yang perlu anda waspadai.

Beberapa efek samping daun kelor yang telah diketahui antara lain:

  1. Gangguan fungsi ginjal, jika anda mengonsumsi secara berlebihan rebusan daun kelor
  2. Kerusakan liver, jika anda meminum rebusan daun kelor dalam jangka waktu yang lama namun tidak diimbagi dengan sayuran lain sebagai penyeimbang nutrisi. Perlu diketahui bahwa sebenarnya daun kelor tidak baik untuk penderita kuning dan hepatitis sebab dapat merusak pembuluh darah sekitar hati
  3. Sakit perut hingga sembelit ringan, jika minum air daun kelor namun dalam keadaan perut kosong
  4. Kegagalan sperma, terjadi pada pria jika mengonsumsi minuman dari daun kelor ataupun lalapan sebagai teman nasi sehari – hari namun dalam jumlah yang besar. Efeknya akan bertahap dan dapat mengganggu kondisi sperma. Sperma menjadi terhambat pembentukannya dan pria daat mengalamai ejakulasi dini.
  5. Mati rasa hingga kelumpuhan, jika mengonsumsi daun kelor namun belerbihan. Jika daun kelor dikonsumsi oleh anak – anak dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan mati rasa pada bagian tubuh tertentu bahkan bisa menjadi lumpuh karena tidak selamanya senyawa pada daun kelor sesuai untuk jaringan tubuh manusia.

Demikian pembahasan manfaat daun kelor. Daun kelor memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati kanker, sakit mata, rahim, manfaat untuk kecantikan, mengatasi asam urat, dll.

Namun, dengan catatan mengonsumsi daun kelor dan olahannya secukupnya dan tidak berlebihan. Agar tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.