Khasiat Dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Memiliki kesehatan yang terjaga merupakan salah satu harapan yang diinginkan oleh setiap individu. Dengan kesehatan yang baik maka segala bentuk aktivitas yang dijalani tentu juga dapat berlangsung secaral lancar. Kesehatan yang terjaga juga dapat menjadikan seorang individu tidak mudah mengalami berbagai macam jenis penyakit. Kondisi lingkungan sekarang ini menjadikan banyak penyakit yang dapat dengan mudah di derita oleh seseorang yang rentan.

Untuk mendapatkan kondisi kesehatan tubuh yang terjaga, tentu ada beberapa usaha dan upaya yang dapat dilakukan terutama menjalani hidup dengan pola dan gaya yang sehat.

Beberapa bentuk aktivitas gaya hidup sehat tersebut seperti mengkonsumsi makanan sehat, menjalani diet, dan berolahraga. Selain usaha dan upaya yang disebutkan diatas, mengkonsumsi ramuan herbal tertentu dari tumbuhan dan tanaman tentu juga akan meningkatkan kondisi kesehatan seseorang.

Baca juga : cara menghilangkan jerawat

manfaat daun salam

Salah satu bahan yang sudah cukup dikenal lama memiliki manfaat yang positif bagi kondisi kesehatan tubuh seseorang tersebut adalah daun salam. Daun salam sebenarnya merupakan bagian dari bahan tambahan dalam prosesp pengolahan beberapa jenis makanan yang menjadikannya memiliki rasa lebih khas.

Untuk memahami lebih jauh mengenai daun tersebut serta khasiat dan manfaat daun salam, berikut penjelasannya dalam uraian di bawah ini.

Kandungan Daun Salam

Sebelum membahas dan memahami lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat daun salam maka akan dijelaskan terlebih dahulu terkait kandungan dari daun yang memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum.

Daun dari tanaman yang berukuran sedang dengan ketinggian sekitar 30 meter maksimal tersebut sudah dikenal sangat luas sebagai salah satu bagian dari tanaman salam yang baik untuk kesehatan. Dampak positif dari daun salam tersebut disebabkan oleh karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

Beberapa kandungan daun salam yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan diantaranya seperti antioksidan, rutin, salisilat, asam caffeic, fitonutrien, beberapa jenis flavonoid, asam laurat, serta vitamin. Komponen bahan aktif yang terdapat di dalam daun salam diantaranya seperti a-pinene, chavicol, ß-pinene, linalool, metil chavicol, neral, a-terpineol, geranyl asetat, eugenol, limonene , dan myrcene.

Selain kandungan bahan aktif, daun salam memiliki beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh. Beberapa nutrisi yang terdapat di dalam daun salam tersebut untuk 100 gram daun diantaranya seperti lemak sebanyak 8 gram, protein sebanyak 8 gram, karbohidar sebanyak 75 gram, serat pangan 26 gram, vitamin A, B6, B12, C, dan beberapa mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi. Dalam 100 gram daun salam tersebut juga mengandung kalori kurang lebih sebanyak 331 Kkal.

Baca:   Manfaat Teh Hijau dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam

Adanya bahan aktif dan komponen nutrisi yang terdapat di dalam daun salam dalam penjelasan diatas menjadikannya memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut penting untuk diketahui agar dapat menjadikannya sebagai salah satu bahan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tetap dalam keadaan yang prima.

Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun salam diantaranya seperti :

1. Manfaat daun salam untuk wanita

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari daun salam adalah untuk kesehatan wanita. Manfaat daun salam untuk wanita tersebut diantaranya seperti membantu meredakan stres sebagai kondisi yang kerap kali terjadi pada wanita.

Selain itu, daun salam juga bermanfaat terkait dengan kecantikan yakni sebagai stem kulit agar lebih bersih dan tanpak muda. Daun salam untuk kesehatan wanita juga dapat membantu melancarkan serta mengatasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan menstruasi.

2. Manfaat daun salam dan sereh

Selain dimanfaatkan secara tunggal atau sendiri, daun salam kerap dikombinsaikan dengan bahan lainnnya yang salah satunya adalah kombinasi salam dan sereh. Beberapa manfaat dari kombinsai tersebut yang baik untuk kesehatan tubuh dalam mencegah dan membantu mengatasi penyakit tertentu.

Beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dengan daun salam dan sereh tersebut seperti diabetes atau kencing manis, penyakit jantung koroner, asam urat, kolesterol tinggi, kondisi sindrom metabolik, sleep apnea, obesitas, dan juga kanker.

3. Manfaat daun salam kering

Untuk memudahkan pemanfaatannya dan agar daun salam tidak busuk dalam penyimpanan maka dibuatlah daun salam dalam bentuk keringnya. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun salam kering tersebut tentunya sangat positif bagi keseahtan.

Manfaat daun salam kering seperti menjaga kondisi kesehatan pencernaan, meringankan gejala flu dan demam, membantu mengatasi infeksi pada tubuh, mencegah dan meredakan stres. Selain itu, daun salam kering juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi insomnia, membantu mengobati diabetes, dan lain sebagainya.

4. Manfaat daun salam untuk diet

Manfaat lain dari daun salam yang tidak secara langsungn membantu menjaga kesehatan adalah untuk aktivitas idet. Diet merupakan salah satu bentuk aktivitas yang dilakukan dengan tujuan utama menurunkan berat badan dan menjadikan tubuh lebih tambah ideal serta sempurna.

Daun salam ternyata dapat menjadi salah satu jenis bahan tambahan dalam menu diet yang efektif dan efisien. Manfaat daun salam untuk diet adalam mempercepat peluruhan lemak di dalam tubuh serta menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan secara umum selama aktivitas diet.

Baca:   Cara Pencegahan Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

5. Manfaat daun salam untuk asam urat

Bagi penderita asam urat, daun salam sudah cukup familiar dengan khasiat dan manfaatnya yang membantu mengatasi kondisi asam urat tinggi di dalam tubuh.

Daun salam yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu menjaga agar tidak terjadi lonjakan kenaikan kadar asam urat di atas ambang batas normalnya. Tingginya nilai kadar asam urat diatas nilai normalnya menjadi pemicu munculnya berbagai macam reaksi dan gejala asam urat yang menganggu dan menyakitkan.

6. Manfaat daun salam untuk darah tinggi

Seperti yang dijelaskan diatas, daun salam memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh terutama dalam mencegah dan membantu mengatasi beberapa jenis penyakit berbahaya yang dapat terjadi.

Salah satu manfaat daun salam tersebut adalah untuk menjaga tekanan darah selalu dalam kondisi yang stabil dan tidak mudah mengalami kenaikan. Kenaikan tekanan darah atau kondis hipertensi menjadi salah satu penyebaba penyakit penyakit berbahaya bagi tubuh sehingga harus dihindari dan dijaga agar tekanan darah tetap normal.

7. Manfaat daun salam untuk menstruasi

Dalam uraian diatas, daun salam untuk kesehatan wanita terkait dengan siklus menstruasi yang hanya terjadi pada wanita saja dan tidak untuk pria.

Manfaat daun salam untuk menstruasi adalah membantu dalam memperlancar menstruasi yang tidak teratur dan mencegah terjadinya bebagai macam kondisi berbahaya bagi proses menstruasi yang terjadi pada setiap wanita.

8. Manfaat daun salam untuk kanker

Dalam berbagai penelitian, kandungan bahan aktif di dalam daun salam kerap kali dihubungkan dengan kanker yang merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi tubuh hingga dapat mematikan.

Bukan hanya mencegah terjadinya penyakit kanker saja, ramuan daun salam menjadi salah satu jenis obat herbal alami yang dapat digunakan dalam pengobatan kanker dan tumor ataupun kista. Sifat dari manfaat daun salam untuk kanker tersebut adalah mendukung proses pengobatan.

9. Manfaat daun salam untuk diabetes

Diabetes secara definisi merupakan kondisi yang dapat terjadi pada seseorang akibat adanya peningkatan kadar gula di dalam darah. Daun salam untuk penderita diabetes dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi serta bisa dikonsumsi secara ruting setiap harinya untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah sebagai pemicu munculnya bebagai gejala penyakti diabetes.

10. Manfaat rebusan daun salam

Rebusan daun salam merupakan salah satu jenis pengolahan dari daun salam yang memang dikhususkan sebagai obat traditional. Rebusan daun salam tersebut memiliki khasiat dan manfaat daun salam yang sudah disebutkan diatas yakni mengenai kondisi peningkatan kesehatan tubuh serta membantu dalam mengatasi berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya bagi keseahan sesorang.

Baca:   Berbagai Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

Untuk dapat memanfaatkannya, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan lebih mengenai cara dan efek samping dari daun salam yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Menggunakan Daun Salam

Untuk mendapatkan manfaat yang disebutkan diatas maka cara penggunaan daun salampun harus diperhatikan dengan benar. Dalam pemanfaatannya, cara penggunaan daun salam sebenarnya sangat sederhana dan sama seperti dengan penggunaan daun berkhasiat positif bagi kesehatan lainnya.

Untuk dikonsumsi, daun salam dapat direbus dalam sejumlah air hingga jumlah air menyusut. Sedangkan untuk menggunakan daun salam dalam pengobatan luar maka dapat secara lansung menempelkan daun salam yang telah diremas secukupnya ke bagian yang ingin diobati.

Cara perebusan daun salam yang lebih lengkap yakni dengan memasukan 10 lembar daun salam ke dalam tiga gelas penuh air. Rebus daun salam yang terdapat di dalam 3 gelas air tersebut sampai dengan bersisa hanya satu gelas air saja.

Hasil rebusan tersebut apat menjadi ramuan herbal daun salam yang bisa dikonsumsi secara ruting dengan manfaat tertentu. Jumlah 1 : 3 digunakan juga dalam perebusan berbagai jenis tanaman dan daun herbal lainnya.

Efek Samping Daun Salam

Meskipun sebagai salah satu bahan herbal yang tidak memiliki banyak efek buruk ketika digunakan, tetap saja ada resiko penggunaan daun salam yang harus diperhatikan dengan baik.

Beberapa hal yang dapat menjadi efek samping dari daun salam ketika salah dalam penggunaannya diantaranya seperti :

  • Gangguan saluran pencernaan yang tentunya akan cukup menganggu terutama ketika pengolahannya tidak benar dan tidak diperhatikan kebersihannya.
  • Reaksi alergi terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki riwayat alergi
  • Radang pada saluran pencernaan yang cukup akut
  • Infeksi kulit yang merupakan bagian dari reaksi alergi untuk penggunaan daun salam secara topikal atau obat luar
  • Asma dan sesak nafas sehingga sebaiknya hindari penggunaannya untuk para penderita penyakit asma agar tidak menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun salam yang perlu diperhatikan. Daun salam merupakan salah satu bagian dari ramuan herbal bermanfaat yang memiliki banyak dampak positif.

Manfaat dan dampak positif dari daun salam diatas dapat diperoleh karena adaya kandungan bahan aktif dan nutrisi di dalamnya. Daun salam memang sudah dikenal cukup lama sebagai bagian dari tanaman obat meskipun secara penggunaannya lebih sering dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dan bahan tambahan dalam pengolahan berbagai jenis makanan.

Leave a Comment