Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Secara Alami

Sudah seharusnya kesehatan menjadi bagian utama yang harus selalu dijaga oleh setiap individu agar dapat tetap dalam kondisi yang prima. Dengan kesehatan yang prima dan terjaga tersebut maka tubuh dapat beraktivitas secara maksimal sesuai dengan kebutuhan masing masing individu. Selain itu, kesehatan yang terjaga juga akan menjadikan tubuh lebih siap terhadap ancaman lingkungan yang semkin hari terus berbahaya.

Untuk dapat memiliki kondisi kesehatan tubuh yang baik dan selalu terjaga maka harus ada usaha yang dilakukan oleh setiap individu manusia. Beberapa usaha tersebut sebenarnya tergabung dalam gaya atau pola hidup sehat. Gaya hidup sehat belakangan ini sangat populer di masyarakat mengingat semakin peduli dan pahamnya setiap individu terkait pentingnya sebauh kesehatan bagi kehidupan.

Dalam menjaga kesehatan dan mengatasai beberapa jenis permasalahannya, ada dua pilihan yang dapat digunakan yakni dengan metode pengobatan medis maupaun pengobatan traditional yang sudah berkembang sejak dulu kala. Di sekitar kita, ada banyak tumbuhan dan tanaman dengan khasiat positif bagi kesehatan yang salah satunya adalah daun sirih.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai khasiat dan manfaat daun sirih dalam penjelasan di bawah ini.

khasiat dan manfaat daun sirih

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih yang yang dikenal dengan nama ilmiah Piper beetle ini sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai fitofarmaka atau tanaman obat. Daun yang diperoleh dari tanaman merambat ini sudah sangat identik dengan aktivitas menginang dengan campuran bahan lain seperti gambir, pinang, tembakau, dan kapus,  memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan nutrisi umum yang terdapat di dalam daun sirih diantaranya seperti air, karbohidrat, protein, serat pangan, dan mineral. Beberapa jenis mineral yang terdapat di dalam daun sirih membantu dalam memenuhi kebutuhan harian tubuh seperti potasium, kalsium, fosfor, zat besi, dan sodium.

Daun sirih juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin B1, B3, B12, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Daun sirih juga memiliki kandungan senyawa aktif yang menjadikannya memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Beberapa kandungan senyawa aktif di dalam daun sirih tersebut diantaranya seperti tanin dan polivenolad yang bersitfat antioksidan, serta saponin dan minyak atsiri yang memiliki sifat antiseptik.

Kedua sifat antikosidan dan antiseptik dari daun sirih tersebutlah yang menjadi dasar manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirih

Dengan adanya kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang disebutkan diatas tersebut, daun sirih dapat memberikan dampak posifit bagi kesehatan tubuh.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Kopi Untuk Pria dan Wanita

Untuk memberikan pemahaman terkait khasiat dan manfaat daun sirih baik yang sudah diketahui maupun yang belum dipahami secara baik, berikut penjelasan mengenai dampak positif dari daun sirih untuk tubuh dalam ulasan dan uraian di bawah ini.

1. Manfaat daun sirih merah

Daun sirih kebanyakan dikenal memiliki warna hijau, namun ada juga daun sirih yang berwarna merah. Kandungan nutrisi dan bahan aktif yang terdapat di dalam daun sirih merah maupun daun sirih hijau hampir sama dan tidak ada perbedaan yang berarti.

Keduanya sama sama dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh hanya saja bentuk dari daun dan tanamannya yang tidak sama.

Beberapa manfaat daun sirih merah tersebut diantaranya seperti sebagai bahan antiseptik untuk tubuh, membantu dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan daerah kewanitaan, menjaga kesehatan saluran pencernaan, membantu mengatasi bau badan dan jerawat yang membandel, menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, dan baik untuk kesehatan jantung terutama untuk penderita penyakit jantung koroner.

2. Manfaat daun sirih hijau

Seperti yang sudah disinggung diatas, ada dua jenis daun sirih yang sekarang ini dimanfaatkan oleh masyarakat baik itu daun sirih merah yang manfaatnya sudah disebutkan maupun daun sirih hijau.

Beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh dari daun sirih hijau tidak jauh beda dengan daun sirih merah diantaranya seperti bersifat sebagai antiseptik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, rongga mulut, dan daerah kewanitaan.

Manfaat lain dari daun sirih hijau seperti mencegah terjadinya penyakit kanker karena sifat antioksidannya, membantu dalam menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus tipe 2, mempercepat penyembuhan luka bakar, dan mengatasi mimisan.

Selain manfaat tersebut, danu sirih juga banyak digunakan untuk mengobati sakit perut, tekanan darah tinggi, gusi berdarah, obat gatasl, inflamasi bagian prostat, obat batuk, hingga alternatif untuk pengobatan tumor.

3. Manfaat rebusan daun sirih

Cara pemanfaatan yang utama dari daun sirih adalah dengan membuat rebusan dari daun tersebut. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari rebusan air sirih diantaranya seperti membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh, kesehatan pencernaan, kesehatan rongga mulut, dan kesehatan bagian intim kewanitaan.

Rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk, menurunkan tekanan darah, dan kadar gula darah, mencegah kanker, hingga membantu dalam mengurangi bau badan.

4. Manfaat daun sirih untuk mata

Bagian tubuh yang juga dapat memperoleh dampak positif dari daun sirih adalah mata. Beberapa manfaat positif dari daun sirih untuk mata yang utama adalah membantu mengatasi mata merah karena iritasi maupun disebabkan oleh karena infeksi bakteri.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Cuka Apel Untuk Pengobatan Alami

Untuk memperoleh manfaat tersebut cukup dengan memanfaatkan rebusan air daun sirih yang sudah dingin langsung ditetaskan pada bagian mata. Pastikan air daun sirih dalam kondisi dingin sebelum digunakan secara langsung pada bagian mata.

5. Manfaat rebusan daun sirih untuk miss v

Seperti yang sudah dijelaskan dalam uraian khasiat dan manfaat daun sirih dalam penjelasan diatas, salah satu yang kerap dimanfaatkan masyarakat adalah dampak positifnya bagi kesehatan bagian intim kewanitaan.

Beberapa manfaat daun sirih untuk miss V wanita diantaranya seperti menjaga kesehatan miss V agar tidak mudah terkena infeksi, menjadikan miss V tidak bau, mencegah dan mengatasi keputihan serta penyakit leukorrhea. Manfaat rebusan daun sirih untuk miss V pada wanita ini sudah sangat lama dikenal.

6. Menghilangkan bau mulut dengan daun sirih

Menghilangkan bau mulut merupakan salah satu manfat yang dapat diperoleh dari daun sirih. Untuk dapat menghilangkan bau mulut dengan daun sirih maka dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yakni dengan mengunyah daun sirih bersih setiap hari atau berkumur dengan air rebusan daun sirih.

Dengan cara tersebut maka bakteri bakteri yang menyebabkan munculnya bau mulut akan hilang. Selain bau mulut, daun sirih juga dapat membantu menghilangkan bau badan.

7. Manfaat daun sirih untuk wajah

Dalam pembahasan diatas, kebanyakan daun sirih dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kondisi kesehatan. Ada manfaat lain dari daun sirih yang juga seharusnya dapat dimanfaatkan yakni untuk wajah.

Beberapa manfaat daun sirih untuk wajah diantaranya seperti membantu dalam mengatasi wajah yang berjerawat, menjadikan wajah tampak lebih sehat, membantu dalam mengatasi beberapa permasalahan lain yang dapat terjadi pada wajah seperti munculnya luka bakar maupun jenis luka fisik lainnya.

8. Daun sirih untuk jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu manfaat utama dari daun sirih untuk wajah adalah membantu dalam mengatasi kondisi jerawat. Khasiat dan manfaat daun sirih tersebut dapat diperoleh karena sifat antimiroba, antiseptik , dan antibakeri yang dimiliki oleh daun sirih.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut sangat sederhana yakni hanya dengan mencuci muka secara rutin menggunakan rebusan air daun sirih. Penggunaan rebusan air daun sirih hanya saat sudah dingin agar tidak menyebabkan rasa panas di wajah.

9. Apa manfaat daun sirih untuk ikan cupang

Selain bermanfaat secara positif untuk kesehatan manusia, daun sirih juga banyak dimanfaatkan untuk hewan peliharaan yang salah satunya adalah ikan cupang.

Beberapa manfaat daun sirih untuk ikan cupang diantaranya seperti mengatasi infeksi bakteri yang terdapat di kulit ikan cupang, mencegah adanya parasit yang merugikan bagi pertumbuhan ikan cupang, meningkatkan kesehatan cupang, mengembalikan nafsu makannya, hingga menjaga kualitas dari air kolam ikan cupang.

Baca:   Berbagai Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

Simak juga: Cara menghilangkan jerawat lengkap

Cara Menggunakan Daun Sirih

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih yang benar, maka penggunaannya pun juga harus dilakukan secara tepat. Penggunaan yang tepat akan menjadikan daun sirih dapat memberikan manfaat positif tanpa menimbulkan resiko dampak efek samping yang merugikan.

Ada dua bentuk penggunaan daun sirih yang biasanya digunakan yakni dengan membuat ramuan dari rebusan daun sirih maupun menggunakannya secara langsung ke bagian tubuh yang bermasalah dengan sebelumnya menumbuk atau melumatnya.

Cara merebus daun sirih yang benar, Salah satu hal yang harusnya diperhatikan untuk dapat menjadikan daun sirih memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh maka cara merebus daun sirih untuk membuat ramuan sirih haruslah benar.

Untuk dapat memberikan manfaat yang positif baik untuk diminum maupun penggunaan topikal secara prinsip, cara merebus daun sirih yang benar adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu, merebusnya secara perlahan dengan api kecil, biarkan sampai setengah dari air yang digunakan menguap.

Efek Samping Daun Sirih

Seperti yang sudah disinggung diatas, daun sirih selain dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh ada juga efek samping yang beresiiko muncul. Resiko munculnya efek samping dari daun sirih akan sangat besar ketika penggunaannya tidak tepat.

Beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh daun sirih diantaranya seperti menyebabkan iritasi, menimbulkan rasa perih, dan memicu munculnya bau yang kurang sedap bagi sebagian orang.

Efek samping daun sirih bagi rahim, salah satu efek samping yang sangat dihindari atas penggunaan daun sirih bagi tubuh adalah dampak buruknya terhadap bagian vital dan sensitif dari wanita yakni rahim.

Efek yang paling nyata dari daun sirih dengan sifat antiseptiknya bagi rahim adalah dapat membunuh semua bakteri yang terdapat di sana termasuk bakteri bakteri baik yang perannya penting bagi kesehatan rahim dan vagina wanita.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun sirih yang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanalan obat. Manfaat daun sirih sangatlah luas karena adanya kandungan senyawa aktif yang disebutkan dalam ulasan diatas.

Untuk dapat mendapatkan manfaat yang sudah dijelaskan diatas dari daun sirih, penggunaannya harus dilakukan secara benar agar tidak meningkatkan resiko terjadinya efek samping dari daun sirih yang merugikan dan menganggu.

Leave a Comment