Manfaat Daun Sirsak, Cara Mengolah, dan Khasiatnya

| |

Diantara banyak pohon yang ada, pohon sirsak adalah salah satu pohon yang mudah untuk ditemukan didaerah Indonesia. Namun, perlu anda ketahui bahwa tanaman ini awalnya berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buah ini rasanya manis dan asam namun menyegarkan. Sirsak biasa disebut juga dengan nangka bealenda.

Buah yang memiliki nama latin Annona Muricata L ini memiliki kandungan serat dan juga banyak karbohidrat (terutama fruktosa), vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2. Kandungan gizi dan senyawa pada sirsak mengandung banyak khasiat untuk kesehatan.

Daun sirsak menjadi populer karena terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa senyawa dalam sirsak mampu mengobati kanker. Kandungan Actogenin pada daun sirsak memiliki sifat sitotoksik yang dapat membunuh racun dalam tubuh. Pertumbuhan ATP (Adenosia trifosfat) yang merupakan sumber energi kanker untuk berkembang dapat dihambat oleh Actenogenin yang ada dalam kandungan kanker.

Dalam dunia kesehatan, produk alami dari tanaman sirsak telah dipercaya untuk mempertahankan kesehatan sejak lama. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa sisrsak dapat menjadi pilihan aman untuk pengobatan kanker. Namun, tetap saja sebaiknya ada meminta arahan dari doketer untuk penanganan masalah kanker.

Agar lebih jelas tentang manfaat daun sirsak anda bisa simak penjelasan lebih lanjut. Pada pembahasan ini akan dibahas tentang manfaat daun sirsak menurut kedokteran, manfaat daun sirsak untuk kecantikan, manfaat daun sirsak untuk kolestrol, manfaat daun sirsak untuk kista ovarum dan bagaimana mengolah daun sirsak untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Menurut Kedokteran

Daun sirsak mengandung banyak nutrisi yang dapat melindungi anda dari penyakit. Secara ilmiah, daun sirsak dapat membunuh sel-sel kanker. Rebusan daun sirsak dapat menghancurkan sel kanker dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker namun tanpa merusak sel-sel yang sehat. Manfaat daun kanker tak hanya itu, masih ada manfaat lainnya untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun sirsak menurut kedokteran.

1. Mengobati kanker

Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute membuktikan bahwa daun sirsak dapat membantu mengobati kanker. Kandungan daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan kaner dan menyembuhkan kanker dengan lebih cepat.

Senyawa Acetoneginin dalam daun sirsaklah yang membantu tubuh melawan sel kanker. Senyawa ini 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dalam hal melawan sel kanker. Bahkan daun sirsak dipercaya lebih cepat dan efektif menghambat sel kanker dibandingkan dengan melakukan kemoterapi.

Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara meminum air rebusan daun sirsak. Caranya sediakan daun sirsak sebanyak 10 lembar dan rebus dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga hanya tertinggal airnya saja.

Anda bisa minum air rebusan tersebut dalam keadaan dingin ataupun hangat. Anda bisa minum setiap pagi hari untuk manfaat optimal.

2. Mengobati penyakit paru – paru

Rebusan daun sirsak juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru basah maupun kering. Kandungan sirsak memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengobati penyakit paru-paru.

3. Meningkatkan kesuburan

Rebusan air daun sirsak ternyata dapat membantu anda meningkatkan produksi sperma pada kaum pria dan juga memperkuat rahim pada kaum wanita.

4. Mengobati diabetes

Daun sirsak memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan termasuk polifenol, sponin, dan bioflavonoid. Seperti yang telah diketahui bahwa ntioksidan tersebut dapat membantu anda melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan penyakit lain yang mengintai tubuh.

Senyawa dalam kandungan daun sirsak juga dapat dimanfaatkan oleh penderita diabetes karena dapat menstabilkan gula darah pada tubuh mausia menjadi normal.

5. Menghilangkan kutu

Daun sirsak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun tidak untuk serangga atau parasit sangat beracun. Oleh karena itu, daun sirsak dapat anda manfaatkan untuk menghambat dan membasmi kutu serta ketombe.

Anda dapat membuat rebusan daun sirsak dan gunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut untuk menghilangkan kutu.

manfaat daun sirsak

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Selain beberapa manfaat untuk kesehatan diatas, daun sirsak juga dapat digunakan untuk kolesterol. Kolesterol merupakan lilin seperti lemak yang dapat ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Kolsterol dalam tubuh sebagian besar berasal dari makanan yang anda makan. Makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kolesterol dalam darah menjadi tinggi.

Anda bisa memeriksakan kadar kolesterol untuk pencegahan terhadap penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Sebaiknya kdar kolesterol dalam darah diukur minimal 5 tahun sekali terutama orang dengan usia 20 tahun keatas.

Kolesterol sebenarnya memiliki fungsi penting dalam tubuh. Lipoprotein adalah jenis kolesterol yang sifatnya melindungi, biasa dikenal dengan istilah HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol yang baik. Fungsinya mengangkut kolesterol dari sel tubuh untuk dibawa kembali ke dalam hati dan akan dihancurkan. Sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat karena jumlahnya yang berlebihan.

LDL mengangkut kolesterol dari hati dibawa ke sel tubuh yang membutuhkannya. Jika zat ini berlebihan maka akan mengendap di dinding arteri dan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Kolesterol dalam tubuh sebaiknya berkisar antara 160 hingga 200 mg. Jika lebih dari 240 mg atau bahkan mencapai 500 mg dapat dikategorikan kolesterol berlebihan. Kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Misalnya penyakit kronis (jantung, stroke, diabetes, asam urat), kekurangan oksigen, terjadinya penyumbatan pembuluh darah, kesemutan dan menimbunnya lemak.

Faktor yang dapat memicu tingginya kolesterol adalah usia, pola makan, rokok, alkohol, diabetes, kurang berolahraga, gen atau keturunan, dan stress.

Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah daun sirsak. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak dapat mencegah dan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Adanya antioksidan dalam tubuh dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh dan mencegah tubuh kelebihan kolesterol.

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

Asam urat dapat terjadi pada siapa saja akibat terlalu banyak purin yang terpecahkan dalam tubuh. Asam urat tidak boleh anda remehkan karena dapat menjadi lebih parah dan menyebabkan penyakit ginjal dan jantung koroner jika dibiarkan begitu saja.

Beberapa tanda berikut dapat menjadi perhatian anda agar dapat melakukan pencegahan sebelum terjadinya asam urat, diantaranya adalah:

  • Rasa nyeri yang disertai linu, ngilu dan kesemutan pada persendian
  • Persendian mengalami pembengkakan dan peradangan dan akibatnya berwarna merah pada daerah persendian
  • Rasa nyeri tersebut biasa anda alami pada saat akan dan bangun tidur
  • Rasa nyeri terjadi berulang
  • Jika asam urat mulai parah maka sendi akan sakit saat digerakkan

Pada pria asam urat beresiko lebih besar karena pada wanita terdapat hormon estrogen yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Sedangkan pada wanita menopouse, resiko asam urat lebih tinggi.

Jika anda mengonsumsi alkohol terlalu sering sebaiknya anda kurangi karena dapat menimbulkan penyakit asam urat. Obat – obayan seperti thiazdie, cyclosporine, levodopa, niacin juga merupakan obat yang dapat memicu penyakit asam urat.

Maka dari itu, jika anda tidak ingin penyakit asam urat tersebut semakin parah maka anda dapat melakukan pengobatan secara tradisional dengan memanfaatkan daun sirsak. Kandungan flavonoid pada rebusan air daun sirsak yang bekerja sebagai antioksidan telah dilakukan sejak dulu untuk menurunkan kadar asam urat.

Selain itu rebusan tersebut dapat meredakan peregangan akibat peningkatan asam urat pada sendi. Namun komposisi ekstrak daun sirsak yang digunakan untuk menurunkan kadar asam urat belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya.

Anda sebaiknya juga imbangi dengan tidak mengonsumsi makanan yang menghasilkan zat purin karena zat purin adalah pemicu asam urat. Jika anda mengonsumsi alkohol sebaiknya kurangi atau lebih baik hindari dan berheti karena alkohol mengandung zat purin. Usahakan konsum 12 gelas air putih sehari dan anda juga bisa rutin minum susu.

Berat badan anda juga usahakan stabil untuk mengurangi resiko asam urat. Anda juga sebaiknya konsumsi multivitamin dna vitamin C karena daoat menghindarkan dari resiko serangan asam urat.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium

Ovarium adalah salah satu organ penting wanita yang letaknya ada pada kedua sisi rahim  dan termasuk bagian dari sistem reproduksi. Wanita setidaknya sekali dalam hidup mereka menderita kista. Pada beberapa kasus, kista tidak menimbulkan gejala dan rasa sakit. Namun anda dapat mengethahui tumbuhnya kista dengan memperhatikan beberapa tandanya.

Biasanya gejala kista ditandai dengan perut yang kembug atau bengkak, mual dan muntah, kelembutan payudara, sakit pada pungguh bawah atau paha, hubungan seksual yang menyakitkan, nyeri selama siklus menstruasi, gerakan usus yang menyakitkan, dll. Jika gejala tersebut disertai dengan nafas pendek, pingsan atau pusing, demam dan nyeri pada panggul yang parah sebaiknya anda segera lakukan penanganan secara medis.

Salah satu cara alternatif pengobatan untuk mengobati kista ovarium adalah dengan daun sirsak. Bahkan ada yang mengatakan jika zat pada daun sirsak bekerja 10.000 kali lebih kuat dibanding kemoterapi dan pengobatan lain.

Kandungan Acetogenin pada daun sirsak mampu membunuh sel-sel yang rusak dalam tubuh tanpa membunuh sel-sel yang sehat. Anda dapat membuat rebusan air daun sirsak. Namun pengobatan dengan rebusan daun sirsak tidak dengan 1 kali minum terus sembuh, melainkan harus dilakukan rutin dan teratur.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Setiap kaum hawa mendambakan penampilan yang oke setiap hari. Karena penampilan yang oke akan membuat lebih percaya diri. Berbagai cara dapat dilakukan oleh kaum hawa untuk melakukan perawatan. Dari sekian cara yang dapat anda lakukan untuk menunjang penampilan anda adalah dengan cara yang alami atau tradisional.

Disamping harganya yang bersahabat dengan kantong, tentunya akan aman dan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Terdapat berbagai macam tumbuhan yang memiliki khasiat untuk kecantikan. Salah satunya adalah daun sirsak. Selain untuk kesehatan, daun sirsak juga bermanfaat untuk kecantikan. Dengan menggunakan daun sirsak, tidak ada efek samping yang ditimbulkan dan tidak membuat orang ketergantungan sehingga aman.

Beberapa manfaat daun sirsak untuk kecantikan adalah:

  • Membuat langsing, karena daun sirsak dapat melancarkan pencernaan sehingga menjadi sehat. Anda akan membuang air besar secara lancar sehingga perut akan datar karena tidak ada timbunan lemak dalam tubuh.
  • Menghilangkan jerawat, dengan cara menggunakan masker daun sirsak uang aman untuk wajah karena tidak mengandug bahan kimia.
  • Menghilangkan flek hitam, dilakukan dengan cara membuat masker wajah dan dilakukan secara rutin sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal
  • Menghilangkan komedo, dengan cara menggunakan daun sirsak sebagai masker untuk wajah. Komedo yang menyebabkan wajah kusam dan kasar tentu membuat anda kadang tidak merasa percaya diri.
  • Mengencangkan kulit dan terlihat lebih muda, dengan membuat air rebusan daun sirsak dan mengonsumsinya secara rutin seminggu 1 atau 2 kali.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan

Air Rebusan Daun Sirsak

Air rebusan daun sirsak dapat membantuk anda mengobat asam urat, kolesterol, kista ovaroum dan beberapa penyakit lainnya. Cara membuat air rebusan dari daun sirsak ini cukup mudah untuk dilakukans sendiri di dalam rumah.

Anda dapat mengolah daun sirsak untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi dengan cara berikut:

  1. Siapkan daun sirsak secukupnya dan rebus dalam 1 gelas air hingga mendidih
  2. Tunggu hingga rebusan hingga yang air yang tersisa tinggal setengahnya saja
  3. Anda bisa minum saat hangat atau tidak panas dan konsumsi rutin dalam sekali 2 hari

Sebaiknya anda juga imbangi dengan memperbaiki pola hidup dan gaya hidup, rajin olahraga, sering minum air putih, menghindari makanan kolesterol jahat dan konsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Anda juga bisa mencoba membuat air rebusan daun sirsak dengan alternatif cara yang lain seperti berikut ini:

  1. Siapkan daun sirsak sebanyak 6 sampai 10 lembar lalu cuci sampai bersih dengan air yang mengalir
  2. Potong daun sirsak menjadi beberapa bagian agar zat kandungan dalam daun sirsak dapat keluar
  3. Potongan daun sirsak tersebut rebus dengan 400 ml air dan tunggu hingga hasil rebusan menyisakan air setengahnya saja
  4. Dinginkan lalu konsumsi. Agar mendapatkan manfaat yang optmal, konsumsi secara rutin air rebusan setiap hari. Anda bisa tambahkan 2 sdt madu jika anda tidak terlalu suka rasanya agar terasa sedikit lebih manis

Masker wajah daun sirsak

Anda dapat membuat masker wajah dari daun sirsak untuk membuat wajah anda menjadi lebih cerah dan bersih. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 8 lembar daun sirsak dan tumbuk hingga halus
  2. Tambahkan sedikit air lalu campurkan hingga rata
  3. Oleskan pada wajah anda dan tunggu hingga kering. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

Jika anda ingin menghilangkan flek hitam yang membuat wajah anda tidak putih, anda juga bisa memanfatakan daun sirsak sebagai masker wajah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan 10 lembar daun sirsak hijau tua dan cuci hingga bersih lalu haluskan dengan cara ditumbuk
  2. Campur dengan air mawar ataupun air rendaman mawar
  3. Aplikasikan pada wajah anda dan tunggu hingga kering. Kemudian jangan lupa bilas dengan air bersih

Anda juga bisa memanfaatkan masker wajah yang terbuat dari daun sirsak seperti diatas untuk membantu anda menghilangkan komedo dan juga menghilangkan jerawat serta beas jerawat yang mengganggu penampilan. Selain masker wajah, anda juga bisa mengonsumsi air rebusanya secara rutin 1 hari sebanyak 2 kali untuk mengatasi masalah kecantikan yang anda alami.

Namun anda juga harus perhatikan daun sirsak yang dibutuhkan dalah daun yang sudah tua, tempat merebusnya tidak terbuat dari tanah liat serta air untuk merebus tidak mengandung kaporit.

Artikel Lainnya

Leave a Comment