Khasiat Dan Manfaat Jahe Untuk Pengobatan Herbal

Pengobatan herbal merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak lama bahkan oleh nenek moyang kita yang sekarang ini terus berkembang lebih baik karena adanya teknologi yang terus terbarukan untuk menjadikan tanaman obat herbal lebih berkhasiat dan memberikan efek nyata secara klinis. Penelitaian terhadap obat herbal sampai saat ini masih terus berlangsung guna menemukan berbagai macam jenis tanaman dengan kandungannya masing masing yang berfungsi untuk mengatasi penyakit tertentu atau meningkatkan kesehatan.

Dari berbagai macam jenis obat herbal yang banyak digunakan manfaat serta khasiatnya, ada banyak jenis tanaman berupa empon empon yang biasanya dipakai sebagai bumbu masakan yang salah satunya akan dijelaskan dalam artikel ini, yakni manfaat jahe.

Tanaman yang dikenal sebagai salah satu bumbu dalam berbagai olahan makanan tersebut memang sudah lama menjadi bahan dalam pengobatan herbal. Jahe sering diseduh menjadi minuman yang dapat memberikan efek menghangatkan tubuh. Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat jahe untuk kesehatan.

khasiat dan manfaat jahe

Kandungan Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale dari golongan Zingiberaceae yang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal dalam berbagai pengobatan tradisional.

Rimpang jahe dapat dikenali dari bentuknya seperti jemari yang menggembung di bagian tengahnya dan tentunya berasa pedas jika dirasakan.

Berikut beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam jahe sehingga menjadikannya memiliki khasiat atau manfaat tertentu bagi tubuh seperti :

  • Zingeron, merupakan senyawa keton yang memberikan rasa pedas dominan yang khas dari jahe. Selain zingeron, senyawa lain yang juga memberikan efek pedas pada jahe adalah oleoserin.
  • Minyak Atsiri. Sebagai temu temuan, jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup banyak diantaranya seperti kamfena, limonen, borneol, seskuiterpen, zingiberen,  sineol, sitral, zingiberal, dan felandren.
  • Antioksidan, didalam jahe juga terdapat senyawa fenolik yang memiliki kandungan antioksidan melebihi kemampuan dari tokoferol seperti (6)-gingerol, (6)-shogaol, diarilheptanoid dan curcumin yang biasanya terdapat dalam tanaman temu temuan.
  • Kandungan gizi lainnya, selain senyawa senyawa penting yang disebutkan diatas, jahe juga mengandung gizi yang umum seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, mineral fosfor, kalsuim, magnesium, zat besi, dan lain sebagainya.

Khasiat dan Manfaat Jahe

Dengan adanya kandungan senyawa aktif dan gizi yang disebutkan diatas, jahe memiliki beranekaragam khasiat dan manfaat yang hingga saat ini terus diteliti untuk dibuktikan kebenaran dari manfaat yang sudah dipercaya sejak dulu secara medis dan ilmiah.

Untuk lebih memahami fungsi dan efek jahe bagi kesehatan, berikut penjelasan mengenai manfaat dan khasiat dari jahe dalam ulasan di bawah ini.

Baca:   Apa Manfaat Sunblock? Lihat Selengkapnya disini

1. Manfaat jahe merah

Jahe sebagai rimpang herbal memiliki beberapa jenis yang berbeda satu sama lain.  Jahe merah merupakan jenis jahe yang belakangan ini banyak diminati karena dipercaya memiliki manfaat yang lebih baik dan rasa pedasnya yang lebih kuat.

Beberapa manfaat dari jahe merah diantaranya seperti:

  • menghangatkan tubuh saat berada di lingkungan yang terlalu dingin,
  • membantu mengatasi kondisi masuk angin,
  • pengobatan tradisional beberapa jenis gangguan kesehatan seperti pusing dan batuk,
  • mengatasi mual,
  • membantu meningkatkan nafsu makan,
  • menjaga kesehatan jantung,
  • menurunkan nafsu makan,
  • dan mencegah munculnya kondisi radang usus yang tentu berbahaya bagi pencernaan.

2. Manfaat jahe putih

Selain jahe merah yang disebutkan diatas,  jahe yang paling umum digunakan sebagai bumbu dalam beberapa jenis masakan adalah jahe putih. Perbedaan jahe merah dan jahe putih terletak pada bagian kulit luarnya sesuai dengan sebutan warnanya. Jahe putih memiliki rasa yang kurang pedas dibandingkan dengan jahe merah namun tetap memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh.

Khasiat dan manfaat jahe putih diantaranya seperti:

  • membantu mengatasi permasalahan pada saluran pencernaan,
  • membantu dalam proses detoksifikasi tubuh
  • mencegah masalah pada kulit,
  • mencegah munculnya kanker yang menyerang tubuh,
  • serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3.  Manfaat jahe untuk wajah

Selain bermanfaat bagi kesehatan organ dalam tubuh,  jahe juga dikenal sebagai salah satu bahan yang memiliki manfaat terkait dengan wajah.

Manfaat dari jahe untuk wajah diantaranya seperti:

  • membantu dalam mempercepat penyembuhan luka yang muncul pada kulit wajah,
  • dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengatasi kondisi jerawat,
  • mengatasi dan mencegah kulit terbakar atau dalam istilahnya disebut sebagai sunburn,
  • mengatasi kondisi kulit yang terlalu kering,
  • mengontrol minyak berlebih di wajah,
  • mencerahkan kulit dan mencegah penjualan atau kulit yang keriput,
  • menyamarkan bekas luka,
  • membantu mengurangi kantong mata,
  • serta mencegah munculnya perbedaan warna kulit wajah yang dapat menganggu penampilan.

4. Manfaat wedang jahe

Air jahe atau wedang jahe merupakan minuman yang diolah dengan cara merebus jahe yang sudah di geprek untuk mengeluarkan minyak atsiri nya. Konsumsi air jahe secara rutin setia harinya dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh,  mencegah tumbuhnya kanker, menjadikan kondisi jantung selalu dalam keadaan yang sehat.

Selain manfaat jangka panjang tersebut, air jahe juga dapat digunakan untuk membantu dalam mengatasi kondisi badan yang sedang kurang fit, menghangatkan tubuh di lingkungan yang memang cukup tinggi, hingga membantu dalam mengatasi kondisi masuk angin maupun batuk serta tenggorokan yang gatal. Mengkonsumsi air jahe secara rutin memang menjadi salah satu pilihan cara untuk mendapatkan kondisi kesehatan tubuh yang lebih baik.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Kita

5. Manfaat jahe untuk diet

Seperti yang disebutkan diatas, salah satu manfaat dari jahe yang masih belum banyak diketahui adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan sehingga kerap kali digunakan sebagai menu dalam berbagai bentuk atau jenis diet. Konsumsi air jahe dapat membantu dalam menyehatkan dan melancarkan proses pada sistem pencernaan.

Efek thermal dari konsumsi jahe secara konsisten dapat membantu meng efisienkan metabolisme tubuh, memberikan rasa kenyang yang lebih lama, serta menjadikan proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi lebih optimal sehingga berat badan dapat turun serta terjaga. Banyak orang yang sudah membuktikan adanya manfaat dari jahe dalam membantu menurunkan berat badan secara efektif.

6. Manfaat jahe untuk kecantikan

Dalam beberapa penjelasan diatas, jahe juga memiliki manfaat lain selain untuk mendukung kondisi kesehatan tubuh yang salah satunya adalah berkaitan dengan kecantikan.

Manfaat jahe untuk kecantikan diantaranya seperti;

  • menjadi masker untuk wajah agar terlihat lebih sehat dan menarik serta terbebas dari beberapa permasalahan kulit,
  • mencegah terjadinya penuaan dini,
  • mengatasi dan menyembuhkan beberapa luka di tubuh yang dapat mempengaruhi penampilan,
  • serta membantu dalam proses pengangkatan sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

7. Manfaat masker jahe

Masker jahe merupakan salah satu bentuk produk yang diolah dari jahe untuk membantu memberikan manfaat yang positif bagi wajah.

Manfaat Masker jahe antara lain:

  • dapat membantu dalam mencerahkan kulit wajah,
  • mengangkat sel kulit mati,
  • mencegah kerutan dan penuaan dini,
  • mengatasi maupun mencegah munculnya kulit wajah yang berjerawat,
  • menjadikan wajah lebih bercahaya,
  • membantu dalam mengatasi munculnya kantung mata,
  • membantu dalam mengatasi kondisi wajah yang flek atau bintik hitam dan adanya perbedaan warna kulit pada wajah,
  • serta mengatasi kulit wajah yang terlalu berminyak.

8. Manfaat jahe untuk ibu hamil

Konsumsi jahe pada ibu hamil terkadang menjadi sebuah larangan atau pantangan karena adanya rasa pedas dan panas yang dihasilkan ketika mengkonsumsinya. Anggapan tersebut ternyata salah karena jahe dapat memberikan manfaat yang baik bagi ibu hamil ketika dikonsumsi dengan tepat.

Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh jahe untuk ibu hamil diantaranya seperti mengontrol kadar gula darah untuk mencegah terjadinya gestational diabetes, membantu dalam mengurangi munculnya rasa nyeri dan heartburn, meningkatkan penyerapan nutrisi untuk ibu hamil, serta membantu menyembuhkan batuk dan pilek secara alami.

9. Manfaat jahe untuk pria

Selain beberapa manfaat untuk kesehatan yang disebutkan diatas, jahe juga dapat digunakan untuk mengukung kondisi kesehatan seksual pada pria.

Beberapa manfaat jahe untuk pria dewasa diantaranya seperti meningkatkan vitalitas pria, membantu menjadikan kualitas sperma lebih baik dan berkualitas, mencegah terjadinya infertilitas pada pria, menurunkan resiko terjadinya kanker prostat maupun permasalahan prostat lainnya, serta membantu dalam mengatasi kondisi disfungsi ereksi pada pria secara alami.

Baca:   Berbagai Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Permanen

10. Manfaat sereh dan jahe

Jahe dapat memberikan manfaat yang lebih besar ketika dikombinasikan dengan bahan lain yang juga memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh yang salah satunya adalah sereh dan jahe.

Beberapa manfaat yang positif bagi tubuh dari minuman berbahan sereh dan jahe diantaranya seperti detoksifikasi racun di dalam tubuh, menurunkan berat badan yang baik untuk mendukung proses diet, membantu dalam memberikan relaksasi dalam tubuh, mengurangi munculnya bau pada mulut, bersifat antioksidan, sebagai obat alami batuk, flu, dan radang tengorokan, serta menjaga kesehatan penceranaan.

11. Manfaat susu jahe

Minuman jahe yang juga paling sering dikonsumsi adalah susu jahe yang disajikan dalam kondisi hangat. Susu jahe lebih banyak dimanfaatkan untuk membantu memberikan rasa hangat pada tubuh yang sedang tidak dalam kondisi baik maupun kedinginan saat berada dilingkungan yang memiliki suhu dingin.

Cara mengkonsumsi jahe

Mengkonsumsi jahe harus dilakukan dengan tepat dan benar sehingga manfaat yang seharusnya. Mengkonsumsi jahe yang paling umum dilakukan adalah dengan menyeduhnya menggunakan air panas.

Jika jahe yang digunakan merupakan jahe segar maka sebaiknya pukul pukul jahe hingga minyak atsirinya keluar terlebih dahulu dan pastinya jumlah yang dimasukan tidak banyak karena rasa pedas yang dihasilkan oleh jahe. Selain diseduh, jahe juga dapat digunakan sebagai bahan topikal maupun masker untuk manfaat tertentu.

Efek samping jahe

Seperti yang dijelaskan diatas, konsumsi jahe sebaiknya diperhatikan dengan benar agar manfaatnya dirasakan. Selain itu, konsumsi jahe yang salah juga dapat menimbulkan beberapa kondisi efek samping yang tentunya tidak diharapkan terjadi.

Beberapa efek samping konsumsi jahe diantaranya seperti :

  • Rasa pedas dan panas yang berelebihan terutama di saluran pencernaan atau yang paling terasa di lambung.
  • Meningkatkan sirkulasi darah yang menjadikannya tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kondisi aliran darah yang terganggu seperti sedang menjalani terapi pembekuan darah.
  • Konsumsi berlebihan pada ibu hamil karena dapat menyebabkan menurunnya penyerapa zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak.
  • Berinteraksi dengan obat tertentu untuk menurunkan efektifitasnya seperti beberapa obat obata hipertensi.

Itulah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Selain memiiki manfaat, jahe harus dikonsumsi dengan baik dan tidak berlebihan serta dipertimbangkan terlebih dahulu karena dapat memberikan efek samping pada kondisi orang tertentu.

Artikel lainnya:

Leave a Comment