Khasiat Dan Manfaat Kopi Untuk Pria dan Wanita

Tidak menutup kemungkinan seseorang dapat mengalami kondisi permasalahan kesehatan dalam kesehariannya. Kondisi permasalahan kesehatan tersebut dapat menyebabkan setiap aktivitas yang dijalani menjadi terganggu bahkan terkadang dapat juga berubah menjadi suatu kondisi yang berantakan. Dengan kondisi tersebut maka menjaga kondisi kesehatan tubuh menjadi suatu hal yang penting dilakukan.

Menjaga kesehatan menjadi suatu hal yang akan terus dibutuhkan mengingat kondisi lingkungan sekitar tempat hidup manusia akan lebih mengacam dan rentan serta beresiko meningkatkan terjadinya permasalahan kesehatan atau penyakit tertentu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh dan yang paling utama adalah dengan menjalani pola hidup secara sehat.

Menjalani pola hidup sehat merupakan tren yang sekarang sudah sangat dipahami dengan baik oleh beberapa individu mengingat kesadaran akan kondisi lingkungan yang semakin kurang baik untuk kehidupan manusia. Pola hidup sehat dapat dijalani dengan cara memperhatikan kebersihan diri, mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan berbahaya, berolahraga, dan tetap memberikan waktu bagi tubuh beristirahat dengan cukup.

Diantara beberapa aktivitas yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh diatas, konsumsi makanan dan minuman tertentu sangat penting untuk dijalani secara konsisten tiap harinya. Salah satu jenis minuman dan bahan yang banyak memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh adalah kopi.

Untuk lebih memahami dengan baik khasiat dan manfaat kopi, perhatikan beberapa ulasan di bawah ini.

khasiat dan manfaat kopi

Sejarah Kopi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat kopi yang positif bagi tubuh, pemahaman secara mendalam terkait dengan kopi dapat menjadi bahan informasi menarik untuk diketahui.

Dalam sejarahnya, kopi pertama kali diketahui berasal dari benua afrika tepatnya di Negara Ethiopia pada abad ke 9 dimana seorang pemuda menemukan adanya khasiat dari biji bijian yang ditemuka di semak belukar.

Di abad ke 10, kopi menjadi komoniditi dagang bagi beberapa suku di Ethiopia yang terus berkembang ke daerah lain. Di abad ke – 17, kopi dibawa ke Negara India untuk ditanam disana. Perkebunan kopi di India menjadi daya tarik seorang belanda yang kemudian tertarik untuk membudidayakannya. Dari peristiwa tersebut, kopi terus banyak disebarkan ke seluruh penjuru Eropa melalui para pedagan dari Venezia.

Setelah menyebar luar di benua Eropa, kopi menjadi salah satu gaya hidup dan tren dikalangan penduduk eropa. Di tahun 1637, kedai pertama kopi dibuka di Inggris dengan nama penny universities.

Kopi terus berkembang ke Negara Eropa lainnya dan akhirnya oleh penjajah Belanda juga dibawa ke Indonesia. Tanah nusantara yang subur menjadikan kopi dapat tumbuh dengan baik hingga saat ini sebagai salah satu minuman paling popular di kalangan masyarakat.

Baca:   Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Beserta Efek Sampingnya

Simak: berbagai tips menghilangkan jerawat dan bekasnya

Jenis Kopi

Perkembangan kopi yang dibawa oleh para pedagang ke berbagai benua untuk ditanam disana hingga ke Indonesia, menjadikan munculnya banyak jenis kopi yang sekarang ini kita ketahui.

Berikut ini beberapa jenis kopi yang kita kenal sekarang ini.

1. Kopi Arabika

Merupakan jenis kopi yang paling banyak ditanam di Dunia termasuk juga Indonesia. Kopi arabika menjadi jenis kopi yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia.

Harga biji kopi arabika lebih mahal dibandingkan kopi robusta dan liberika serta menjadi kopi yang paling banyak menguasai pasar di seluruh dunia. Minuman kopi yang dihasilkan dari biji arabika memiliki rasa yang lebih mengarah pada rasa asam buah buahan.

2. Kopi Robusta

Jenis kopi selanjutnya yang juga sangat dikenal di masyarakat adalah kopi robusta. Jenis kopi robusta yang paling terkenal di pasar kopi dunia adalah kopi luwak dari Indonesia dan kopi kape alamid dari Filipina.

Kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Berbeda dengan kopi arabika, rasa dari kopi robusta lebih mengarah pada rasa kacang yang pahit dibandingkan asam.

3. Kopi Liberika

Jenis kopi lain yang mungkin belum banyak diketahui adalah kopi liberika yang berasal dari Negara Liberia, Afrika Barat.

Kopi liberika dapat dikenal dari jenis buah, daun, dan pohonya yang lebih besar dibandingkan dengan kopi arabika dan robusta. Kelebihan kopi liberika ini adalah kemampuannya untuk berbuah sepanjang tahun dan tumbuh di lingkungan dataran rendah.

4. Kopi Ekselsa

Kopi ekselsa merupakan jenis kopi yang berasal dari Afrika Barat dan pertama kali ditemukan di danau chad. Kopi jenis ekselsa ini sangat cocok dibudidayakan pada daerah dataran rendah yang basah.

Kopi yang mudah ditemukan di daerah kabupaten tanjung jabung provinsi jambi ini memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap hama dibandingkan jenis kopi lainnya.

Kandungan Kopi

Kopi merupakan jenis biji bijian yang banyak dimanfaatkan sebagai minuman dengan kandungan kafein yang cukup untuk membantu menjadikan seseorang tidak mudah mengantuk dan terjaga sepanjang malam.

Selain kafein, ada beberapa kandungan lain yang terdapat di dalam biji kopi dengan fungsi dan manfaatnya masing masing. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam kopi juga berfungsi untuk memberikan rasa tertentu dalam jenis minuman popular tersebut.

Baca:   Berbagai Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Permanen

Beberapa kandungan di dalam secangkir kopi tersebut yang berasal dari bijinya diantaranya seperti quanic acid yang menyebabkan rasa asam pada kopi dan senyawa ethypenol sebagai pemberi aroma khas pada kopi.

Selain itu, kopi juga memiliki kandungan senyawa lainnya seperti dimethyl disulfate, trigonelline sebagai senyawa kopi yang bermanfaat melindungi gigi, serta niacin sebagai senyawa yang kurang baik bagi tubuh karena dapat menyerap vitamin.

Manfaat Kopi

Kopi bukan hanya dikenal sebagai biji bijian yang dapat membantu menjadikan seseorang terjaga karena kandungan kafeinnya. Beberapa senyawa aktif yang terdapat di dalam biji kopi maupun kafein itu sendiri juga memiliki beberapa manfaat yang positif.

Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat kopi yang mungkin belum banyak diketahui dalam ulasan di bawah ini.

1. Manfaat masker kopi

Masker yang dibuat dari bahan kopi dapat memberikan manfaat positif bagi kecantikan wajah.

Beberapa manfaat masker kopi diantaranya seperti membantu mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, mengecilkan pori pori, mengencangkan wajah, meregenerasi sel kulit yang mati, hingga dapat membantu mencegah penuaan dini.

2. Manfaat minum kopi

Mengkonsumsi kopi dapat membantu mengusir kantuk dan memberikan manfaat positif lainnya. Kopi dalam sebuah penelitian dapat membantu dalam meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki kondisi mood yang buruk.

Selain itu, minum kopi juga dapat membantu dalam mencegah penyakit parkinson, mengurangi resiko terjadinya diabetes, dan membantu meredakan rasa sakti kepala.

3. Manfaat kopi pahit

Bagi beberapa orang, konsumsi kopi terkadang lebih disuakai rasa asliniya tanpa ada penambahan gula. Konsumsi kopi pahit tersebut lebih baik ketimbang harus menambahkan gula karena dapat menjadikan peran kopi dalam mengurangi resiko diabetes terjadi.

Manfaat lain dari kopi pahit diantaranya seperti membantu dalam mengurangi kerusakan fungsi kognitif, membantu menjaga kesehatan tulang, serta mencegah terjadinya penyakit parkinson dan alzheimer.

4. Manfaat kopi hijau

Dalam perkembangan kopi, kita terus diperkenalnya dengan jenis jenis kopi baru yang unik termasuk kopi hijau. Kopi hijau merupakan jenis kopi yang dikonsumsi tanpa proses roasting atau pemangangan terlebih dahulu. Manfaat kopi hijau yang paling di carai adalah membantu dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, manfaat lain kopi hijau diantaranya seperti bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan mood, serta menurunkan tekanan darah.

5. Manfaat kopi untuk kulit

Selain dikonsumsi, kopi banyak juga dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kondisi kecantikan tubuh.

Beberapa manfaat kopi untuk diet yang berkaitan dengan kecantikan diantaranya seperti membersihkan sel kulit mati, mengatasi jerawat yang terjadi di kulit wajah, sebagai anti penuaan kulit, serta membantu dalam meningkatkan kondisi kesehatan kulit.

Baca:   Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda

6. Manfaat kopi untuk kecantikan

Kopi banyak dikaitkan sebagai salah satu bahan yang memberikan dampak positif pada kecantikan. Kopi dikenal memiliki manfaat yang luas pada kecantikan.

Beberapa manfaat kopi untuk kecantikan diantaranya meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini, mengatasi mata panda, menghaluskan kulit, dan menghilangkan sel kulit mati.

7. Manfaat daun kopi

Kebanyakan dari kita mengetahui hanya biji kopi saja yang dimanfaatkan, ternyata daun dari tanaman kopi tersebut juga bermanfaat. Daun kopi banyak diolah menjadi teh untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Beberapa manfaat daun kopi untuk kesehatan diantaranya seperti mengandung antioksidan yang tinggi, bertindak sebagai antiinflamasi, mencegah diabetes, mengatasi kondisi stres, serta dapat membantu dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

8. Manfaat kopi untuk rambut

Selain untuk kulit seperti yang dijelaskan dalam uraian diatas, kopi ternyata juga dapat memberikan manfaat positif bagi rambut.

Beberapa manfaat kopi untuk rambut diantaranya seperti dapat digunakan sebagai kondisioner, mengangkat kulit kepala kering, mencegah terjadinya kerontokan rambut, pewarna rambut alami, membantu menjaga sirkulasi peredaran darah di kepala, serta membantu dalam memperbaiki tekstur rambut.

Cara Mengkonsumsi / Menggunakan Kopi

Dengan dampak positif yang cukup banyak dalam penjelasan diatas, kopi harus dikonsumsi atau digunakan secara benar. Penggunaan yang benar dapat membantu memaksimalkan manfaat yang ada dan menghindari terjadinya efek samping bagi tubuh.

Mengkonsumsi kopi sebaiknya dilakukan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan atau dapat juga dengan menjadikannya sebagai masker kopi untuk memberikan manfaat positif bagi kecantikan.

Efek Samping Kopi

Meskipun dalam penjelasan diatas diketahui bahwa kopi memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan maupun kecantikan, tetap saja ada beberapa efek samping yang dapat muncul ketika penggunannya salah atau terlalu berlebihan.

Berikut ini beberapa efek samping kopi yang perlu diperhatikan dengan baik.

  • Kopi dapat merusak gigi dan menyebabkan terbentuknya karang gigi serta menjadikan gigi berwarna kunig jika dikonsumsi terlalu banyak.
  • Kafein terlalu berlebihan dapat menyebakan seseorang mengalami gangguan tidur seperti insomnia.
  • Kopi dapat menyebabkan inkontinensia atau tidak dapat mengontrol buang air kecil, menganggu pencernaan, menyebabkan sakit kepala, hingga menyebabkan masalah kesuburan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat kopi sebagai salah satu biji populer untuk dimanfaatkan sebagai minuman pengusir kantuk. Melalui penjelasan manfaat yang ada, kopi bukan hanya minuman anti ngantuk saja namun juga ada beberapa dampak positif lainnya.

Meskipun bermanfaat, tetap saja konsumsinya tidak boleh berlebihan mengingat adanya efek buruk yang dapat terjadi.

Leave a Comment