Khasiat Dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Menjaga kondisi kesehatan merupakan salah satu hal yang harus dilakuan oleh setiap orang meningat adanya permasasalahan pada tubuh dapat menyebabkan timbulnya gangguan yang cukup berarti terhadap berbagai proses dan aktivitas yang dijalani. Untuk dapat menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa bentuk permasalahan keseahtan tersebut, tentu ada beberapa cara yang dapat ditempuh mulai dari menjalani pola hidup sehat, menggunakan obat obatan medis sesuai rekomendasi dokter hingga mengkonsumsi obat obatan herbal.

Disekitar kita ada banyak obat obatan herbal yang menjadi salah satu cara pengobatan yang sudah banyak dikenal sejak dulu kala. Jamu merupakan jenis obat traditional yang paling lama dikenal dengan berbagai bahan rempah yang digunakannya.

Salah satu tanaman traditional yang juga dimanfaatkan sebagai obat herbal tersebut adalah kunyit. Empon emponan tersebut merupakan satu dari berbagai jenis bumbu yang digunakan dalam masakan serta diolah menjadi minuman jamu yang menyehatkan. Khasiat dan manfat kunyit sudah banyak diteliti di laboratorium untuk lebih mendapatkan detailnya dengan jelas.

khasiat dan manfaat kunyit

Kandungan Kunyit

Kunyit atau yang secara ilmiah dikenal dengan nama curcuma longa merupakan salah satu tanaman herbal asli dari asia tenggara. Kunyit termasuk dalam golongan jahe jahean atau zingiberaceae yang memiliki banyak nama lokal seperti kunir, koneng, janar, konyet, turmeric, hingga curcuma.

Karena masih dalam satu golongan yang sama, beberapa orang mungkin masih sering kebingungan dalam membedakan antara kunyi maupun jahe.

Beberapa kandungan senyawa dan zat yang terdapat di dalam kunyit sehingga mampu memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti :

  • Zat warna yang disebut kurkuminoid merupakan senyawa yang menghasilkan warna kuning tua yang alami. Kandungan dari kurkuminoid tersebut terdiri dari curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumi dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri yang terdiri dari seskuiterpen, alpha tumeron, kurlon kurkumol, bisabolen, zingiberin, humlen, aril kurkumen, atlanton, dan seskuifelladren.
  • Mineral seperti magnesium, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminum, dan bismult.
  • Senyawa lain seperti glukosa, pati, dammar, hingga arbinosa.

Kandungan dari kunyit yang disebutkan diatas tersebut tentu berbeda pada setiap jenis varian kunyit yang ada. Beberapa varian kunyit yang perlu diketahui seperti kunyit putih yang memiliki nama lain kunyit mangga yang memiliki warna daging dalam putih.

Ada juga kunyit kuning yang juga disebut sebagai temu putih dengan warna bagian dalamnya yang kuning.

Manfaat Kunyit

Adanya bahan bahan dan senyawa yang disebutkan diatas tersebut menjadikan kunyit memiliki beranekaragam manfaat yang positif dalam mendukung kondisi kesehatan tubuh. Manfaat manfaat yang sudah dikenal cukup lama tersebut sekarang ini sudah banyak yang terbukti secara ilmiah melalui berbagai jenis penelitian.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Cuka Apel Untuk Pengobatan Alami

Berikut beberapa manfaat kunyit yang perlu diperhatian dengan baik dalam penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat kunyit putih

Kunyit putih atau zedoaria merupakan jenis kunyit yang di masyarakat sudah mulai jarang digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Kunyit putih lebih banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam bentuk pengobatan alami untuk penyakit tertentu.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kunyit putih tersebut diantaranya seperti obat alergi secara alami, bersifat antimikroba dan antijamur, digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah munculnya kanker, penawar racun gigitan ular, serta mampu membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

2. Manfaat kunyit kuning

Selain kunyit putih, kita mungkin lebih mengenal kunyit kuning karena masih sering digunakan dalam berbagai macam jenis masakan. Selain untuk memasak, kunyit kuning juga memiliki banyaka manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat yang terdapat di dalam kunyit kuning diantaranya seperti memiliki sifat antiperadangan, senyawa zat warnanya merupakan antioksidan yang dapat mencegah munculnya reaksi radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab kanker, membantu dalam mencegah munculnya penyakit jantung, serta digunakan juga sebagai salah satu bahan untuk menunda penuaan dini.

3. Manfaat kunyit asam

Manfaat yang beragam dari kunyit tersebut awalnya muncul karena kunyit merupakan salah satu bahan dalam proses pembuatan jamu traditional yang disebut kunyit asam. Kunyit asam menjadi jamu dengan rasa yang asam dan menghangatkan bagi tubuh.

Kunyit asam memiliki beberapa manfaat diantaranya seperti meredakan nyeri haid atau datang bulang pada wanita, bertindak sebagai antioksidan seperti manfaat kunyit pada umumnya, serta dapat dijadikan sebagai salah satu jenis minuman yang membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Manfaat air kunyit

Jenis pengolahan kunyit yang paling mudah adalah memeras kunyit yang sudah diparut untuk menjadi air kunyit. Air yang dihasilkan tersebut harus direbus sebelum dapat dikonsumsi demi memperoleh manfaat tertentu.

Beberapa manfaat air kunyit tentu hampir sama dengan manfaat kunyit secara umum karena memang bahan dasar air kunyit tersebut adalah kunyit itu sepenuhnya.

Air kunyit yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah munculnya penuaan dini pada wajah.

5. Manfaat kunyit untuk wajah

Kunyit bukan hanya dikenal sebagai tanaman obat herbal yang memiliki kesehatan bagi tubuh dalam mengatasi beberapa jenis penyakit namun juga dapat membantu menjaga kecantikan kulit wajah.

Kunyit digunakan sebagai masker untuk wajah karena beberapa manfaat diantaranya seperti mengobati jerawat yang tentunya sangat menganggu di wajah, mengangkat kulit mati yang akan membantu wajah tampak lebih cerah dan bersih, membantu mengurangi kulit wajah yang berminyak, serta mengurangi bulu dan mengatasi pigmentasi pada wajah.

Baca:   Cara Pencegahan Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

6. Manfaat kunyit untuk kecantikan

Selain untuk kecantikan wajah yang disebutkan diatas, kunyit juga memiliki dampak negatif bagi kecantikan lainnya.

Beberapa manfaat kecantikan lainnya yang dapat diperoleh dari kunyit diantaranya seperti menghaluskan kulit tumit dan siku yang sering menjadi kasar, mengangkat kulti mati pada wajah, senyawa perwarnanya dapat digunakan untuk mewarnai rambut secara alami, serta membantu dalam mengatasi ketombe dan rambut rontok.

7. Manfaat kencur dan kunyit

Hampir semua jenis empon emponan yang digunakan sebagai bumbu dapur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti kencur dan kunyit. Kombinasi antara kencur dan kunyit tentu akan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kunyit dan kencur tersebut diantaranya seperti meningkatkan imunitas tubuh, mencegah kanker, mengatasi flu dan batuk, hingga menghangatkan tubuh dilingkungan yang dingin.

8. Manfaat susu kunyit

Adanya berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh dari kunyit menjadikan ektraknya sekarang ini banyak dimasukan sebagai bahan aktif dalam beberapa bentuk sediaan seperti sabun hingga susu.

Susu kunyit tentu memiliki manfaat yang sama dengan kunyit seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun dengan adanya susu, selain menambah manfaat juga dapat membantu menjadikan rasa dari minuman herbal tersebut lebih enak ketimbang hanyak mengkonsumsi air kunyit saja.

9. Manfaat kunyit putih untuk kanker

Seperti yang sudah dijelaskan pada uraian sebelumnya, kunyit memiliki manfaat untuk membantu mencegah dan mengatasi kanker yang terjadi pada tubuh.

Manfaat pencegahan kunyit terhadap penyakit kanker tersebut karena kandungan antioksidan kurkumin yang tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam bentuk paparan radikal bebas serta proses oksidasi yang menjadi penyebab kanker. Penelitian kunyit sebagai obat kanker terus dilakukan agar dapat benar benar mampu dimanfaatkan mengatasi salah satu penyakit mematikan tersebut.

10. Manfaat kunyit putih untuk kista

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaingan dan tumbuh di ovarium maupun otak. Kista tentu merupakan salah satu kondisi permasalahan tubuh yang harus diatasi agar tidak berkembang menjadi kanker. Selain melalui pengobatan medis, upaya untuk mengatasi kista dapat didukung dengan mengkonsumsi kunyit sepanjang hari.

Sifat antioksidan dan antikanker yang terdapat di dalam kunyit dapat membantu mengatasi kista pada tubuh wanita secara efektif jika digunakna dengan konsisten.  Kencur masih merupakan obat tambahan yang dapat dikonsumsi dengan tetap meneruskan pengobatan medis.

Baca:   Tips Cara Rambut Cepat Panjang Secara Alami

Efek Samping Kunyit

Jika melihat penjelasan mengenai manfaat dari kunyit yang disebutkan diatas tersebut, ada banyak dampak positif yang dapat dirasakan oleh tubuh. Meksipun ada banyak dampak positif tersebut, setiap orang tetap perlu memperhatikan adanya efek samping dari kunyit yang tidak dikonsumsi dengan benar.

Beberapa efek samping dari kunyit tersebut diantaranya seperti :

  • Gangguan pencernaan, efek samping pertama yang dapat muncul dari kunyit unyuk tubuh adalah menyebabkan resiko terganggunya pencernaan seperti diare, mual dan muntah, perut kembung, dan lain sebagainya.
  • Memicu reaksi alergi, selain mampu mengatasi reaksi alergi dari dalam tubuh, kunyit dapa memicu muntulnya reaksi alergi pada mereka yang memiliki kondisi kulit snesitif.
  • Detak jantung abnormal, meskipun dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung, konsumsi kunyit yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya detak jantung abnormal yang pastu diwaspadai oleh mereka dengan riwayat penyakit jantung.
  • Efek samping lainnya, beberapa efek samping yang juga dapat muncul diantaranya seperti gangguan pada kantung empedu, kontraksi uterus, gangguan hati, serta dapat mengurangi kesuburan pada pria.

Cara Mengkonsumsi kunyit

Seperti dalam penjelasan diatas, khasiat dan manfaat kunyit tersebut dapat diperoleh ketika dikonsumsi dengan benar. Konsumsi kunyit yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam bentuk efek samping yang juga sudah diuraikan dalam ulasan diatas. Efek samping dapat dicegah ketika penggunan kunyit benar.

Ada dua bentuk cara mengkonsumsi kunyit dan memanfaatkannya yakni dengan :

1. Menjadikan kunyit ramuan traditional

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi kunyit dan memperoleh manfaatnya adalah dengan menjadikan kunyit dalam bentuk minuman herbal.

Minuman herbal dari kunyit dapat diperoleh dengan memeras air kunyit parut dan merebusnya agar matang sebelum mengkonsumsi ramuan tersebut. Dalam pembuatan ramuan tradisional kunyit, ada beberapa bahan tambahan yang dapat dimasukan mulai dari lemon, jahe, kencur, madu, hingga susu.

2. Membobokan kunyit parut pada bagian yang diharapkan

Selain dikonsumsi secara langsung, beberapa manfaat topikal dari kunyit harus dipalikasikan langung di daerah yang memang diharapkan atau sedang ada masalah. Contohnya seperti menjadikan kunyit sebagai masker wajah, mengoleskan parutan kunyit pada sikut dan dengkul, atau mengaplikasikannya di daerah luka.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat kunyit yang perlu diperhaitkan oleh setiap orang selain digunakan sebagai bumbu dalam berbagai macam oalahan makanan. Pemanfaatkan kunyit sebagai obat traditional ini sudah dikenal cukup lama yang dapat diketahui dari banyaknya jamu dengan bahan dasar kunyit seperti contohnya kunyit asam.

Semoga artikel ini berguna untuk anda.

Artikel lainnya:

Leave a Comment