Berbagai Khasiat Dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Sehari-hari

Dengan kondisi lingkungan hidup yang semakin buruk belakangan ini, menjaga kesehatan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Keadaan tersebut diperparah dengan adanya fenomena alam yang menunjukan bahwa bumi tidak lagi sepenuhnya sehat untuk manusia. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang individu manusia dalam menjaga kondisi kesehatannya agar selalu dalam keadaan yang prima.

Beberapa cara yang dimaksud tersebut tentu secara garis besar adalah menjalani hidup dengan pola dan gaya yang sehat. Dalam pola dan gaya hidup yang sehat tersebut ada aktivitas tertentu yang menjadi dasar dalam kegiatan sehari hari. Untuk menjaga kesehatan melalui gaya hidup sehat, seseorang harus menjaga pola makannya, memberikan waktu istirahat yang cukup, serta rajin untuk berolahraga secara rutin.

Selain menjalani aktivitas dalam gaya hidup sehat, cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal tertentu dengan manfaat dan dampak positifnya bagi kesehatan. Lidah buaya merupakan salam satu tanaman yang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tumbuhan  yang dapat dimanfaatkan untuk dampak positifnya bagi kesehatan tubuh.

Untuk lebih memahami Kadungan, khasiat dan manfaat lidah buaya maka perhatikan uraian di bawah ini.

manfaat lidah buaya

Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya yang secara ilmiah disebut sebagai Aloe vera. Tanaman yang memiliki bentuk seperti batang panjang dengan bagian dalam yang lunak, berlendir, dan transparan tersebut menjadi bahan aktif dalam berbagai macam produk perawatan kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga dapat dikonsumsi secara langsung yang sudah sejak lama dikenal menjadi tumbuhan yang memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Dampak positif dari lidah buaya dapat diperoleh karena kandungan bahan aktif di dalamnya. Dua bahan aktif utama dalam lidah buaya tersebut adalah mannose-6-phosphate dan beberapa polisakarida. Batang lidah buaya yang memiliki perbandingan 98,5% air sehingga terlihat transparan dan lunak seperti jeli. Selain bahan aktif yang disebutkan tersebut, lidah buaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya.

Vitamin yang melimpah pada lidah buaya diantaranya seperti vitamin A, C, E, dan B12 yang baik untuk kesehatan. Kandungan lainnya seperti mineral zat besi, selenium, magnesium, kalsium, kromium, potasium, dan zinc. Selain mineral dan vitamin, lidah buaya juga mengandung antioksidan, serat, asam amino essensial, serta asam folat dan kolin meskipun dalam jumlah yang sedikit dan tidak dominan.

Manfaat Lidah Buaya

Adanya kandungan lidah buaya yang disebutkan diatas dapat berperan sebagai bahan aktif dalam setiap manfaat dan khasiat yang ada. Lidah buaya dengan bahan aktifnya tersebut sudah dikenal sejak lama bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan.

Baca:   Cara Pencegahan Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

Berikut lebih jelasnya mengenai khasiat dan manfaat lidah buaya baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan dalam uraian di bawah ini.

1. Manfaat lidah buaya untuk wajah

Manfaat pertama lidah buaya yang berkaitan dengan kecantinkan adalah untuk wajah. Khasit dan manfaat lidah buaya untuk wajah tersebut salah satunya adalah untuk membantu menghilangkan jerawat sebagai permasalahan yang kerap kali terjadi di wajah.

Selain membantu dalam mengatasi jerawat, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pencuci wajah agar tampak lebih segar dan tentunya lebih cerah. Lidah buaya juga dapat membantu menghaluskan kulit wajah dan menyembuhkan luka yang terjadi pada bagian wajah.

2. Manfaat lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya untuk rambut sudah dimanfaatkan sejak lama bahan menjadi bagian dari berbagai produk perawatan rambut.

Beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut tersebut diantaranya seperti membantu mengatasi ketombe, melembabkan rambut, serta menutrisi rambut sehingga menjadikannya tampak lebih sehat.

3. Manfaat lidah buaya untuk pria

Selain untuk rambut dan wajah, lidah buaya secara spesifik juga bermanfaat untuk kesehatan pria. Beberapa khasiat dan manfaat lidah buaya untuk pria tersebut diantaranya digunakan sebagai bahan untuk gel pencukur rambut di wajah, perawatan rambut, membantu mempercepat penyembuhan luka, serta sebagai masker mata.

4. Manfaat lidah buaya untuk wanita

Manfaat lainnya dari lidah buaya secara spesifit juga dapat memberikan dampak positif terhadap wanita secara langsung. Manfaat yang dapat diperoleh seorang wanita dari penggunaan lidah buaya sesuai peruntukannya tersebut sangat berkaitan dengan kondisi kecantikan.

Beberapa manfaat lidah buaya diantaranya seperti membantu merawat wajah, kulit, dan rambut, menghilangkan strech mark, menjadikan siku dan lutut tidak hitam, serta sebagai alas make up.

5. Manfaat lidah buaya untuk kulit

Kulit menjadi salah satu bagian yang juga dapat memproleh dampak positif dari lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk kulit tersebut diantaranya seperti membantu menyembuhkan bekas luka pada kulit, meringankan peradangan yang muncul, menjadikan kulit lebih cerah, melembabkan kulit, dan dapat membantu menjadikan kulit lebih halus.

6. Manfaat lidah buaya sebagai obat

Selain untuk kecantikan, secara umum lidah buaya juga bermanfaat bagi kesehatan untuk membantu mengatasi beberapa penyakit dan bersifat sebagai obat herbal.

Beberapa penyakit yang dapat teratasi dengan bantuan lidah buaya tersebut diantaranya seperti mengobati sembelit, luka bakar, menyembuhkan luka pada kulit, mengatasi masalah pada pencernaan, serta mencegah iritasi pda mulut.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Kopi Untuk Pria dan Wanita

7. Manfaat lidah buaya untuk bulu mata

Dalam penjelasan diatas, disinggung bahwa lidah buaya memiliki manfaat yang positif untuk rambut di tubuh yang salah satunya juga dapat berdampak pada bulu mata.

Manfaat lidah buaya untuk bulu mata yang utama adalah membantu memanjangkan bulu mata secara alami. Bulu mata yang lebih panjang akan terlihat lentik dan tentunya menjadikan penampilan serta kecantikan yang dimiliki tentu lebih maksimal.

8. Manfaat lidah buaya untuk alis

Salah satu bagian bulu dan rambut pada wajah lainnya yang juga dapat memperoleh dampak positif dengan memanfaatkan lidah buaya adalah alis. Alis merupakan bagian bulu yang terdapat diatas mata.

Manfaat lidah buaya untuk alis yang utama adalah membantu menjadikan lebih lebat karena lidah buaya dapat memberikan nutrisi pada pertumbuhan rambut di alis. Dengan bentuk yang lebih lebat maka alis mudah ditata untuk menjadikan kecantikan seseorang semakin meningkat.

9. Manfaat lidah buaya untuk bibir

Lidah buaya memang sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan yang memang dapat memberikan dampak yang positif terhadap wajah. Salah satu bagian wajah yang juga dapat memperoleh dampak positif tersebut adalah bibir.

Bibir yang merupakan bagian dari mulut tentu kerapkali mengalami luka ataupun iritasi. Adanya lidah buaya dapat membantu mengatasi luka dan isitasi pada bibir termasuk mengatasi kondisi sariawan.

10. Manfaat lidah buaya untuk mata

Dengan berbagai manfaat yang ada, tak salah jika lidah buaya disebut sebagai salah satu tanaman obat herbal istimewa. Selain manfaat yang disebutkan diatas, manfaat lainnya adalah untuk menjaga kondisi kesehatan mata.

Selain itu, manfaat lidah buaya untuk mata adalah membantu dalam mengatasi mata merah dan mengurangi kondisi mata yang berkantung hitam akibat kurang tidur.

11. Manfaat jus lidah buaya

Salah satu bentuk pengolahan lidah buaya yang paling mudah adalah membuatnya menjadi jus. Dengan mengkonsumsi jus tersebut secara rutin maka dapat membantu menjadikan tubuh lebih memiliki kondisi kesehatan yang terjaga dengan baik.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Untuk mendapatkan manfaat yang diharapakan terjadi dalam uraian diatas, cara penggunaan dan pegolahan lidah buaya tentu harus tepat. Pengolahan yang tepat akan dapat menjadikan lidah buaya tetap memiliki kandungan nutrisi dan bahan aktif yang nantinya akan memberikan manfaat tertentu.

Pengolahan lidah buaya harus memperhatikan peruntukannya baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh bagian dalam. Ada dua cara mengolah yang umum dilakukan pada tanaman lidah buaya yan dijelaskan dibawah ini.

1. Masker Lidah Buaya

Bentuk pengolahan yang umum dari lidah buaya yang pertama adalah membuatnya menjadi masker. Pengolahan menjad masker lidah  buaya tersebut sangat erat kaitannya dengan manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Baca:   Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan atau Tanpa Olahraga

Cara pembuatan masker lidah buaya sangat sederhana dan mudah untuk diikuti yakni hanya dengan mencampurkan gel lidah buaya segar yang sudah dipisahkan dengan kulitnya yang ditambah dengan bahan lain seperti kunyit, madu, dan air tawar hingga tercampur merata. Setelah tercampur maka masker lidah buaya tersebut dapat digunakan.

2. Jus Lidah Buaya

Selain digunakan sebagai masker, lidah buaya juga dapat dikonsumsi secara langsung agar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan yang dijelaskan diatas.

Untuk mempermudah cara mengkonsumsinya maka lidah buaya sering sekali di jadikan jus. Pembuatan jus lidah buaya tentu juga sama mudahnya dengan pembuatan masker dar lidah buaya yang kebanyakan ditunjukan untuk kecantikan.

Cara pembuatan jus lidah buaya tersebut dilakukan pertama tama dengan mengupas beberapa batang lidah buaya hingga menyisakan bagian gel yang transparan saja. Kupas hingga bersih dan sampai tidak ada lapisan hijau maupun lapisan kuning dari lidah buaya. Setelah dikupas, cukup masukan dalam blender dan lalu buatlah jus. Beberapa bahan tambahan seperti buah dan madu dapat ditambahkan untuk memberikan cita rasa lebih enak.

Efek Samping Lidah Buaya

Hampir semua jenis tanaman herbal tidak memiliki efek samping berarti yang berbeda dengan obat obatan medis. Meskipun begitu, tetap saja ada resiko dampak buruk bagi tubuh dengan adanya pemicu lain yang tidak secara langsung karena lidah buaya tersebut. Efek samping akan kerap muncul karena penggunaan yang salah.

Beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh karena lidah buaya diantaranya seperti :

  • Gangguan dan iritasi pada usus karena gel yang terdapat di dalam lidah buaya untuk sebagian orang tertentu
  • Memperburuk wasir sehingga sebaiknya dihindari pada penderitanya untuk tidak mengkonsumsi lidah buaya
  • Efek buruk bagi ibu hamil hingga dapat menyebabkan resiko terjadinya keguguran serta buruk untuk ibu menyusui
  • Selain wasir, lidah buaya sebaiknya juga dihindari oleh setiap penderita penyakit ginjal karena dapat memperparah penyakit yang di derita
  • Mempengaruhi kadar gula di dalam darah sehingga sebaiknya dihindari menjelang proses operasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kandungan, khasiat dan manfaat lidah buaya yang perlu diperhatikan sebagai salah satu tanaman herbal berkhasiat positif bagi tubuh.

Dengan melihat manfaat yang ada dalam uraian diatas, lidah buaya dapat dikonsumsi untuk membantu dalam pengobatan penyakit tertentu ataupun dimanfaatkan secara rutin guna menjaga kondisi kesehatan tubuh agar dapat tetap prima dan tidak mudah mengalami gangguan.

Leave a Comment