Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Minyak zaitun telah diketahui oleh banyak orang memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Minyak zaitun dapat ditemukan dengan mudah dibeberapa toko yang menjual obat-obatan ataupun produk kecantikan. Minyak ini telah banyak diketahui dan dipercaya orang untuk mengobati berbagai masalah mereka memang relatif aman digunakan.

Selain sebagai pengobatan untuk kesehatan dan kecantikan, minyak zaitun juga bisa dipakai untuk masak, sabun dan juga bahan bakar untuk lampu minyak.

Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang minyak yang memiliki banyak khasiat ini, anda bisa simak lebih lanjut pembahasan berikut.

Asal Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah dikenal sebagai minyak yang menyehatkan. Namun, apakah anda tahu asal minyak zaitun itu sendiri?

Minyak zaitun yang kini populer di dunia sekarang ini, menurut penelitian terbaru ditemukan di Israel 8000 tahun yang lain. Hal ini dibuktikan pada abad ke 6 sebelum Masehi  telah ditemukan sisa-sisa pot tanah liat kuno dengan residu minyak zaitun didalamnya.

Bukti itulah yang menjadi saksi penggunaan minyak zaitun di negeri tersebut. Tim peneliti secara tidak sengaja menemukan sisa tembikar di daerah Israel pada tahun 2013 dan berada dalam sebuah galian. Pada temuan tembikar tersebut ditemukan adanya kandungan minyak zaitun yang melapisi hampir semua bahan tembikar.

Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan bekerja sama dengan peneliti dari Hebrew University of Jerusalem Institute of Earth Science untuk memastikan hasil penelitian sebelumnya. Mereka mendapati bahwa minyak tersebut telah ada dari ribuan tahun silam sejam zaman perunggu kuno.

Hasil penelitian menyatakan bahwa selama kurang lebih 8000 tahun lamanya minyak zaitun dapat melindungi tembikar. Namun, belum dapat diketahui bagaimana pada zaman perunggu orang-orang menemukan dan membuat kandungan minyak zaitun. Tetapi, ada kemungkinan besar jika minyak zaitun dihasilkan dari kacang-kacangan dan tanaman lain yang tumbuh.

Kandungan Dalam Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal juga dengan olive oil. Minyak ini terbuat dari buah zaitun (Olea Europaaa) yang mengandung lemak tak jenuh. Minyak ini telah dipakai di zaman Mesir Kuno karena memiliki banyak khasiat yang aman digunakan serta tidak menimbulkan efek samping.

Namun, perlu anda ketahui apa saja kandungan yang ada pada minyak zaitun. Berikut akan dibahas kandungan pada minyak zaitun:

1. Squalene

Kandungan squalene pada minyak zaitun cukup tinggi diantara minyak nabati lainnya. squalene adalah cairan organik bentuknya encer dan memiliki banyak sekali manfaat terhadap sistem imun kekebalan tunuh manusia.

Zat ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku insulin pada penderita diabetes. Selain itu, squalene juga mengandung antioksidan yang dipercaya dapat mengatasi kolesterol tinggi.

2. Zat besi

Minyak zaitun ternyata juga mengandung zat besi walaupun tidak terlalu tinggi. Anda dapat mencampurkan minyak zaitu dengan beberapa makanan ataupun sayuran seperti paprika, salad, telur, kismis, biji-bijian, kacang-kacangan, daging merah dan lain sebagainya dimana makanan dan sayuran tersebut mengandung kandungan zat besi yang tinggi.

Agar membantu zat besi terserap dengan baik kedalam tubuh, anda juga bisa mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran dengan kandungan vitamin C.

3. Kalsium

Kandugan kalsium pada minyak zaitun juga tidak terlalu tinggi sama halnya dengan kandungan zat besi. Anda juga bisa menambahkan dengan berbagai macam makanan ataupun minuman yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Fungsi kalsium dalam tubuh adalah membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dalam tubuh juga bekerja untuk mencegah terjadinya tulang keropos dan tulang patah.

Kalsium membantu menyimpan kandungan glikogen sehingga tubuh tidak terus menerus merasa lapar. Selain itu, kalsium dapat membantu menjaga kelancaran kerja sistem syaraf, otak dan juga otot.

4. Polifenol

Tidak seperti kandung kalsium dna zat besi, kandungan polifenol pada minyak zaitun cukup tinggi. Fungsi polifenol dalam tubuh adalah sebagai zat antioksidang yang dapat melindungi tubuh anda dari radikal bebas.

Biasanya minyak zaitun yang memiliki kandungan kadar polifemol tinggi akan mengalami sedikit perubahan rasa menjadi lebih tajam, keras dan pahit.

5. Potassium

Kandungan potassium pada minyak zaitun berfungsi untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal dan mengubah gula menja energi. Sehingga zat sodium dalam tubuh dapat keluar.

Tubuh yang kekurangan potassium akan menyebabkan otot melemah, tidak teraturnya otot jantung, tekanan darah menjadi naik bahkan juga gangguan ginjal.

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria

Jika anda telah mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada minyak zaitun, maka sekarang anda juga harus mengetahui manfaat minyak zaitun itu sendiri. Minyak zaitun adalah minyak ajaib nabati yang memiliki banyak khasita.

Minyak zaitun juga memiliki manfaat khusus untuk pria. Adapun manfaat minyak zaitun untuk pria, adalah sebagai berikut:

  • Minyak zaitun dapat meningkatkan stamina pria termasuk pada saat berhubungan.
  • Pelumas saat berhubungan suami istri sehingga meningkatka gairah saat berhubungan dan mencegah terjadinya cedera pada kulit alat vital pria
  • Meningkatkan stamina lelaki di sel-sel saraf
  • Mencegah terjadinya ejakulasi dini yang membuat kurang percaya diri

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Masalah pada rambut bisa terjadi pada siapa. Tak heran jika berbagai cara dilakukan demi mendapatkan rambut ideal sesuai yang diinginkan.

Namun, tahukah anda jika minyak zaitun dapat membantu anda mengatasi masalah kesehatan rambut anda?

Berikut ini akan dibahas apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut dan bagaimana cara menggunakannnya.

1. Menyuburkan rambut

Setiap orang ingin senantiasa memiliki rambut yang subur dan juga lebat. Minyak zaitun dapat membantu anda mewujudkannya. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker alami dan membuat rambut anda tumbuh subur dan sehat. Apalagi tidak ada efek samping yang ditimbulkannnya.

Cara menggunakannya adalah dengan menghangatkan minyak zaitun sebelum digunakan. Aplikasikan minyak zaitun tersebut pada seluruh bagian rambut termasuk akar rambut. Anda juga bisa beri pijatan halus dan biarkan sekitar 30 menit. Jika sudah, jangan lupa bilas dengan air hingga bersih.

2. Menghilangkan uban

Kandungan alami pada minyak zaitun juga dapat membantu anda menghilangkan uban yang mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri anda.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada seluruh bagian rambut. Berikan pijatan sebentar dan bungkus rambut dengan handuk yang kering. Lalu diamkan semalaman dan bersihkan rambut dengan shampo keesokan harinya. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan uban sebelum anda pergi.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Baik pria maupun wanita dapat mengalami masalah rambut rontok. Anda dapat mengatasi rambut rontok secara alami dengan minyak zaitun.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan dengan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan. Lalu aplikasikan pada kulit kepada dan pijat secara pelan selama 15 menit. Bungkus rambut anda menggunakan handuk kering dan biarkan semalaman. Lalu bersihkan rambut dengan shampoo sampai bersih keesokan harinya.

4. Mengatasi rambut bercabang

Rambut bercabang adalah masalah yang banyak dialami orang-orang. Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada seluruh bagian rambut. Lalu diamkan sekitar 30 hingga 60 menit. Kemudian bilas dengan air hangat atau dengan menggunakan shampo dengan formula ringan.

5. Anti ketombe

Minyak zaitun mengandung sifat anti dandruff atau anti ketombe sehingga sesuai bagi anda yang memiliki masalah ketombe. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker untuk rambut.

Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun 4 sendok makan dengan minyak almond sebanayak 2 sendok makan. Aplikasikan pada seluruh bagian rambut dan beri pijatan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air dan shampoo sampai bersih.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Payudara

Minyak zaitun memang mengandung banyak khasiat. Selain beberapa manfaat diatas, masih ada manfaat lain minyak zaitun untuk payudara.

Nah, apa saja manfaat minyak zaitun untuk payudara dan bagaimana cara penggunaanya?

1. Menjaga kelembaban payudara

Minyak zaitun memiliki kandungan untuk melembabkan payudara. Kelembaban payudara adalah salah satu faktor kesehatan payudara dna bebas dari bakteri serta penyakit – penyakit lain.

Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun di payudara dan usahakan rutin menggunakannya agar senantiasa menjaga kelembaban.

2. Membersihkan payudara

Minyak zaitun dapat berfungsi untuk mengangkat sel – sel mati pada kulit. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan payudara.

Cara penggunaanya cukup mudah, tinggal aplikasikan pada payudara, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan.

3. Mencegah dan mengobati kanker pada payudara

Pada minyak zaitun juga mengandung phytochemical yang dapat bekerja untuk menolak dan menghambat terjadinya kanker payudara.

Anda dapat secara rutin menggunakan minyak zaitun untuk mencegah terjadinya kanker payudara dengan cara mengoleskannya di payudara.

4. Membantu membesarkan payudara

Anda bisa membesarkan payudara dengan cara alami yang tidak mahal dan dengan resiko yang kecil daripada operasi yang memiliki resiko cukup besar.

Cara penggunaanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada payudara dan diiringi dengan pijatan memutar. Lakukan hal tersebut selama 15 menit. Anda bisa melakukan pemijatan dan pengolesan minyak zaitun selama 2 hari sekali agar mendapatkan hasil optimal.

5. Mencegah dan mengobati kista payudara

Minyak zaitun juga mampu mencegah dan mengobati penyakit kista pada payudara anda.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir

Selain manfaat untuk kesehatan, minyak zaitun juga dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan.

Berikut ini akan dibahas manfaat minyak zaitun untuk bibir serta bagaimana cara menggunakannya

1. Membuat bibir menjadi lebih tampak merah alami

Warna bibir dapat tampak hitam akibat beberapa faktor seperti penggunaan kosmetik berbahan kimia, paparan asap rokok, dll. Kandungan minyak zaitun dapat membantu anda membuat bibir menjadi segar dan tampak merah.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdt minyak zaitun dengan madu dalam suatu gelas. Lalu aplikasikan pada bibir yang sudah dibersihkan serta beri pijatan halus agar meresap dengan baik. Kemudian diamkan selama beberapa waktu dan cucu dengan air hingga bersih.

2. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

Minyak zaitu dapat membantu mengangkat selu kulit yang telah mati pada biir anda sehingga bibir tampak lembut dan halus.

Caranya adalah denga mencampur 1 sdt minyak zaitun dengan gula dan aduk hingga berbentuk seperti pasta. Lalu aplikasikan selama 3 menit pada bibir yang sudah dibersihkan dengan sikat gigi yang dicelup pada air hangat. Kemudian bilas dengan air hangat dan handuk yang lembut.

3. Menjaga kelembaban bibir

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulit.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir yang telah dibersihkan dengan air hangat lalu dikerigkan. Beri pijatan lembut dan biarkan sampai esok hari lalu bersihkan.

4. Meremajakan bibir

Minyak zaitun dapat meremajakan bibir anda dengan cara mencampur minyak zaitun dengan pisang yang telah dihaluskan dan aduk hingga rata.

Aplikasikan pada bibir dan beri pijatan halus dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berminyak

Minyak zaitun dapat digunakan untuk wajah berminyak. Kulit berminyak merupakan akibat kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum berlebih. Tersumbatnya pori-pori pada kulit berminyak dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun pada wajah anda yang berminyak namun tidak dalam waktu yang lama.

Anda bisa gunakan dalam beberapa menit untuk melembabkan kulit wajah berminyak sehingga tidak menimbulkan jerawat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

Minyak zaitun mengandung antibakteri dan antiradang yang ampuh untuk mengatasi jerawat dengan alami. Caranya dengan mengolaskan minyak zaitun pada wajah dan beri pijatan halus agar sirkulasi darah menjadi lancar dan sifat antibakterinya membunuh penyebab jerawat.

Anda bisa lakukan sebelum tidur dan diamkan semalaman. Lalu bilas pada keesokan harinya.

Minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang dapat mencegah munculnya jerawat serta mengatasi noda bekas jerawat.

Manfaat minyak zaitun untuk Ibu Hamil

Minyak ajaib ini juga bermanfaat untuk ibu hamil. Minyak zaitun mengandung vitamin B, E dan mineral lainnya. Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil adalah:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Ibu hamil sering mengalami sembelit dan dapat diatasi dengan minyak zaitun.

Caranya dengan konsumsi minyak zaitun yang mampu mencerna makanan dengan baik didalam usus.

2. Mengatasi kram di kaki

Ibu hamil sering mengeluh kaki kram karena perkembangan janin dalam kandungan yang memberi tekanan.

Caranya dengan memijat kaki dengan minyak zaitun dan lakukan pada titik yang benar.

3. Sumber nutrisi

Nutrisi minyak zaitun dapat membantu ibu hamil untuk mencegah penyakit mulai dari serangan jantung, kanker, anemia, dll dengan cara konsumsi secara rutin minyak zaitun.

4. Mengatasi stretch mark

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun yang megandung vitamin E pada kulit yang terkena stretch mark secara rutin sehingga akan membantu garis-garis halus menjadi pudar.

Efek Samping Minyak Zaitun

Disamping ada banyak manfaat, ada juga efek negatif yang muncul jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan.

Berikut adalah efek samping dari minyak zaitun yang dapat muncul:

1. Menyebabkan alergi

Alergi berupa gatal kemerahan dapat muncul jika konsumsi minyak zaitun dalam takaran yang tidak wajar. Selain itu, alergi juga dapat muncul pada saat penggunaan diluar tubuh seperti lotion dan sabun.

2. Menurunkan tekanan darah

Minyak zaitu dapat menimbulkan efek berupa tersumbatnya kantung empedu penyebab batu empedu. Hal tersebut dapat terjadi jika pengunaan minyak zaitun yang berlebihan.

3. Diare

Lemak tinggi pada minyak zaitun dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare karena sifat pencahar yang kuat dari minyak zaitun jika dikonsumsi dalam jumlah besar

4. Tinggi kalori

Konsumsi berlebih minyak termasuk minyak zaitun dapat menambah berat badan anda karena sumber utama kalori adalah minyak.

Demikian informasi seputar manfaat minyak zaitun yang kami kumpulkan, semoga bisa berguna untuk anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.