Khasiat Dan Manfaat Pisang Baik Buah ataupun Bagian Lainnya

Makanan yang dikonsumsi oleh manusia menjadi hal penting dalam kebutuhan hidup agar dapat berlangsung dengan baik. Konsumsi makanan tertentu akan dapat memberikan dampak terhadap tubuh karena kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya baik positif maupun negatif. Setiap manusia berbagai usia tentu membutuhkan makanan untuk dapat tetap menjaga fungsi dan kinerja organ di dalam tubuh agar tetap hidup.

Makanan dapat menjadi salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh yang mampu membuat tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain berdampak positif, beberapa jenis makanan juga dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh terutama untuk kondisi orang tertentu. Untuk dapat menjaga kondisi kesehatan tentu hal yang paling utama adalah mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Ada banyak pilihan makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia salah satunya buah buahan. Dalam pembahasan kali ini, buah pisang menjadi titik focus yang akan diulas terkait dengan kandungan dari buah pisang dan khasiat serta manfaatnya. Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi di masyarakat bahkan kerap menjadi bahan dalam upacara tertentu.

Berikut penjelasan lengkap mengenai khasiat dan manfaat buah pisang dalam ulasan di bawah ini.

khasiat dan manfaat pisang

Kandungan Pisang

Hampir semua orang tentu tahu apa itu buah pisang dan pastinya pernah merasakan rasa dari buah tersebut. Pisang merupakan jenis tumbuhan terna berdaun besar dan termasuk dalam suku Musaceae. Bagian tanaman pisang yang paling sering dikonsumsi adalah buahnya.

Pisang merupakan jenis buah yang tidak tumbuh secara musiman dan dapat di panen kapanpun. Buah pisang menjadi salah satu jenis buah konsumsi paling banyak di dunia bukan hanya Indonesia.

Selain sebagai buah konsumsi, pisang memiliki dampak positif lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Dampak positif pisang bagi kesehatan kebanyakan dikarenakan adanya senyawa aktif dan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang tersebut.

Beberapa kandungan dalam buah pisang diantaranya seperti karbohidrat, vitamin C, kalsium, mangan, vitamin B6, serta, dan beberapa nutrisi serta senyawa lainnya.

Simak juga: cara mengobati jerawat

Jenis Pisang

Dalam perkembangannya kita dapat menemui ada banyak jenis pisang yang dapat dikonsumsi berasal dari berbagai daerah baik lokal maupun import. Jenis jenis pisang tersebut memiliki perbedaan satu sama lain mulai dari bentuk, warna, hingga rasa buahnya.

Berikut beberapa jenis pisang konsumsi yang cukup popular dikenal di masyarakat diantaranya dalam penjelasan di bawah ini.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Jahe Untuk Pengobatan Herbal

1. Pisang Cavendish

Pisang dengan kualitas yang baik dari segi bentuk, warna, tekstur kulit pisang, dan juga kelembutan daging buahnya.

Pisang Cavendish merupakan jenis bisang yang banyak dijual di supermarket dulunya, namun sekarang sudah diperdagangkan juga di tradisional.

2. Pisang Susu

Jenis pisang lainnya yang juga cukup popular adalah pisang susu. Pisang yang memiliki ukuran buah paling kecil diantara jenis pisang lain tersebut sangat digemari oleh anak anak karena teksturnya mirip Cavendish namun dengan rasa manis, lembut, dan creamy.

3. Pisang Raja

Pisang raja menjadi jenis yang paling mudah ditemui di pasar traditional.

Pisang raja memiliki daging buah yang tebal dan padat sehingga sering kali dijadikan bahan dalam berbagai bentuk olahan seperti es pisang ijo dan nagasari.

4. Pisang Ambon

Pisang ambon menjadi jenis pisang yang memiliki nilai harga paling murah di pasaran. Pisang ambon memiliki daging buah yang lembut dan pulet serta memiliki warna kuning pucat.

Yang khas dari pisang ini adalah baunya yang wangi.

5. Jenis pisang lainnya

Masih banyak jenis pisang lain yang ada di pasaran dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Beberapa pisang tersebut diantaranya seperti pisang kepok, pisang tanduk, pisang nangka, dan pisang mas.

Khasiat Dan Manfaat Pisang

Dengan adanya kandungan senyawa dan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang maupun bagian tumbuhan lainnya, ada banyak manfaat dari pisang untuk manusia.

Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat pisang dalam penjelasan di bawah ini yang mungkin belum banyak diketahui dengan detail.

1. Manfaat buah pisang

Bagian dari tanaman pisang yang paling dikenal manfaatnya tentu adalah buah pisang. Buah yang kaya akan kandungan nutrisi, vitamin, maupun mineral tersebut sangat baik dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah pisang diantaranya sebagai sumber mineral seperti kalsium dan magnesium, membantu memperlancar pencernaan tubuh, serta meningkatkan stamina tubuh saat berolahraga.

Selain manfaat yang disebutkan diatas tersebut, buah pisang yang bisa dikonsumsi secara lansung maupun di olah menjadi makanan tertentu.

Beberapa manfaat lain dari buah pisang diantaranya sebagai sumber serat tinggi, membantu meredakan nyeri ulu hati, mencegah tukak lambung, menurunkan resiko terjadinya penyakit stroke, serta membantu dalam menurunkan tekanan daras secara alami.

2. Manfaat daun pisang

Bagian dari tanaman pisang lainnya yang dapat dimanfatkan selain buah adalah daun. Daun pisang lebih banyak dikenal sebagai pembungkus makanan alami. Ternyata selain manfaat tersebut, ada banyak dampak positif lain yang dapat diperoleh dari daun pisang.

Baca:   Tips Cara Rambut Cepat Panjang Secara Alami

Beberapa dampak positif tersebut dapat membantu menjadikan tubuh lebih sehat dan mencegah beberapa penyakit yang membahayakan.

Beberapa manfaat positif dari daun pisang untuk tubuh diantaranya seperti memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol demam, efektif dalam menyembuhkan disentri, mempercepat proses penyembuhan luka, membantu menjadikan rambut lebih halus dan lembut, menyeimbangkan berat badan, serta menjadikan kulit lebih sehat.

3. Manfaat jantung pisang

Jantung pisang merupakan bagian bunga dari tanaman pisang yang belum menjadi buah.

Jantung pisang memiliki beberapa manfaat positif bagi tubuh diantaranya seperti membantu menangkal radikal bebas, menyembuhkan infeksi, meningkatkan air susu ibu menyusui, mengatasi kondisi anemia, membantu mengatasi pendarahan pada wanita yang sedang memasuk masa atau fase menstruasi.

4. Manfaat kulit pisang

Kulit buah pisang ternyata juga memiliki banyak manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh meskipun terkadang menjadi bagian yang pasti akan terbuang.

Beberapa manfaat positif bagi tubuh tersebut diantaranya seperti membantu memutihkan gigi, mengurangi keriput di wajah, mengatasi permasalahan jerawat, membantu dalam mengatasi insomnia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga membantu mencegah terjadinya kanker.

5. Manfaat pelepah pisang

Pelepah pisang meurpakan bagian batang pisang yang berlapis lapis. Bagian pelepah tersebut ternyata juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pelepah pisang diantaranya seperti membantu menjaga kadar gula darah, membersihkan infeksi, baik untuk membantu proses detox, mengurangi asam lambung, serta mencegah terjadinya batu ginjal.

6. Manfaat pisang ambon

Pisang ambon merupakan salah satu jenis pisang yang dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Beberapa dampak positif pisang ambon diantaranya seperti sebagai sumber eletrolit dan energi bagi tubuh, dapat menjadi antasida alami untuk mengatasi masalah asam lambung, mengatasi depresi, kaya akan antioksidan, serta membantu dalam meringankan gejala PMS yang terjadi pada wanita.

7. Manfaat pisang kepok

Selain pisang ambon, pisang kepok juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat pisang kepok diantaranya seperti membantu meringankan gejala pre menstruasi syndrome pada wanita, meringankan kondisi gejala depresi, meningkatkan metabolisme tubuh, melindungi jantung dari berbagai macam bentuk permasalahan berbahaya, serta mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit.

8. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil

Dalam penjelasan diatas, disinggung bahwa ada manfaat positif dari buah pisang khususnya untuk ibu hamil.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah pisang diantaranya seperti membantu mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil, menjaga ibu hamil dari radikal bebas, serta membantu menjadikan perkembangan janin di dalam kandungan selalu normal.

Baca:   Minuman yang Bisa Membantu Atasi Gejala Demam Berdarah

9. Manfaat buah pisang untuk pria

Buah pisang ternyata juga memiliki manfaat positif bagi kesuburan pria.

Beberapa manfaat pisang untuk kesuburan pria diantaranya seperti mencegah kram otot saat berhubungan, meningkatkan kualitas dan kuantitas dari sperma, membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi, meningkatkan gairah dan stamina seksual, membantu penyembuhan masalah oligosperma.

Cara Mengolah Pisang

Untuk dapat memperoleh manfaat dari pisang, perlu adanya pengolahan yang benar sesuai dengan peruntukannya.

Pengolahan pisang disesuaikan dengan bagiannya masing masing seperti dalam penjelasan manfaat diatas yakni buah, daun, jantung, kulit, dan pelepah.

Berikut penjelasan mengenai proses pengolahan pisang berdasarkan bagian bagiannya.

  1. Buah Pisang, buah pisang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan maupun dijadikan toping dalam berbagai jenis kue. Es pisang hijau, bolu pisang, smoothies, hingga nagasari merupakan contoh pengolahan buah pisang.
  2. Daun Pisang, daun pisang yang kebanyakan digunakan sebagai pembungkus alami tersebut dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh dengan cara membuat air rebusan daun pisang.
  3. Jantung Pisang, pengolahan jantung pisang yang sederhana adalah dijadikan berbagai macam jenis sayur olahan seperti lodeh atau juga dijadikan botok.
  4. Kulit Pisang, kulit pisang dapat diolah menjadi rebusan air kulit pisang atau dengan membuat jus dari kulit pisang dan mengkonsumsinya untuk mendapatkan dampak positif yang ada.
  5. Pelepah Pisang, bagian batang pisang tersebut dikenal dapat dikonsumsi dan di daerah jawa tengah diolah menjadi gudeg pelepah pisang yang cukup terkenal.

Efek Samping Pisang

Selain dapat memberikan banyak manfaat positif seperti dalam penjelasan diatas, buah pisang ternyata juga dapat memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh terutama ketika dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan untuk kondisi kesehatan tertentu pada seseorang.

Berikut ini beberapa efek samping pisang yang perlu diperhaitkan dengan baik.

  • Tryptopan dalam buah pisang dapat menyebabkan rasa kantuk.
  • Xeniobiotik di dalam buah pisang yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terjaidnya ketidakseimbangan hormon.
  • Pisang mengandung gula alami glukosa yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula di dalam darah.
  • Beresiko menyebabkan terjadinya kerusakan saraf.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat pisang yang perlu diperhatikan. Bukan hanya buahnya saja, pisang memiliki banyak bagian tumbuhan lain yang juga dapat memberikan dampak positif bagi manusia baik itu kesehatan maupun hal lainnya.

Khasiat dan manfaat pisang dari berbagai bagian tumbuhannya dapat membantu memberikan dampak yang positif bagi tubuh maupun hal hal lainnya.

Leave a Comment