Apa Manfaat Sunblock? Lihat Selengkapnya disini

Cuaca yang panas bagi wanita adalah hal yang akan dihindari. Teriknya matahari membuat kulit menjadi lebih hitam, gosong atau malah belang. Daripada mengembalikan kulit belang ataupun gosong seperti semula, lebih baik sedikit repot dengan menyiapkan dan mengoleskan krim tabir surya.

Ketika anda liburan ke pantai, ataupun sekedar berenang, dan melakukan aktivitas di luar rumah dimana kulit terpapar langsung terik matahari sebaiknya memang menyiapkan krim tabir surya. Namun, masalahnya anda terkadang tidak mengetahui harus memakai produk seperti apa yang sesuai untuk kulit anda.

Sunblock adalah produk yang paling sering diketahui oleh masyarakat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Sunblock lebih direkomendasikan oleh kebanyakan orang sebagai perlindungan terbaik saat melakukan aktivitas berjam – jam di bawah paparan matahari secara langsung.

Namun, tidak semua sunblock akan dapat melindungi kulit anda dengan maksimal. Sunblock yang sebaiknya anda guakan memiliki fitur tahan air dengan jangkauan SPF 30 hingga 60. Selain itu, sunblock yang anda gunakan setidaknya mengandung komposisi penangkal UVA seperti oxybenzone, zinc oxide, titanium dioxide, dll.

Sunblock membangun lapisan diatas permukaan kulit untuk menghalangi kulit dari sinar matahari. Walaupun SPF tinggi, namun bukan berarti semakin kuat melindungi kulit anda dari terik matahari dan menghilangkan resiko kulit gosong.

Sunblock dengan SPF yang semakin tinggi lebih baik dalam melindungi kulit dari resiko kerusakan kulit jangka panjang, termasuk kanker kulit. Meskipun produk sunblock yang anda gunakan mengandung SPF tinggi, anda tetap perlu mengoleskan ulang secara merata setelah jangka waktu habis ataupun setelah berkeringan dan selesai berenang.

Sebaiknya anda mengoleskan sunblock pada seluruh badang untuk proteksi kulit anda dan menghindari dari resiko kulit yang tidak anda inginkan.

Manfaat Sunblock

Manfaat Sunblock untuk Wajah dan Badan

Sunblock atau tabir surya digunakan untuk melindungi kulit manusia dari bahaya radiasi akibat terpapar langsung sinar matahari. Jika menggunakan sunblock, maka sinar matahari sebelum mengenai kulit akan terpantul dan sinar UV terblokir sehingga tidak meresap ke kulit. Sunblock sendiri terdiri dari banyak macam dan cara penggunaan. Ada variasi sunblok yang digunakan dalam bentuk lotion, krim untuk jenis kulit normal dan kering, bentuk gel untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, dna variasi sunblock berbentuk spray.

Jika anda melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dalam waktu berjam – jam dan terkena sinar matahari, sebaiknya anda menggunakan sunblock untuk melindungi kulit anda. Karena sunblock memiliki beberapa manfaat untuk kulit wajah dan badan anda.

Berikut adalah manfaat sunblock untuk wajah dan kulit:

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Pada dasarnya, sinar UV atau ultraviolet merupakan sinar matahari yang sampai ke bumi. Sinar UV sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan yang umum diketahui adalah UVA dan UVB. Sinar matahari memang megandung vitami D yang membantu tubuh lebih mudah menyerap kalsium dan pembuatan tulang. Namun, kulit yang terpapar sinar UV yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa gangguan yang mungkin muncul jika terpapar sinar UV yang berlebihan adalah gangguan kulit kronis, gangguan kesehatan mata dan gangguan sistem kekebalan tubuh, perubahan degenaratif sel kulit dan pembuluh darah, dll.

Jika anda tidak ingin mengalami gangguan akibat terpapar sinar UV yang berlebihan, anda bisa menggunakan tabir surya. Sunblock adalah satu tabir surya yang bisa anda gunakan untuk melindungi kulit anda dari radiasi sinar matahari. Anda bisa memilih produk sunblock yang aman dan menggunakannya secara benar agar kinerja sunblock pada kulit anda optimal. Anda dapat memilih sunblock sesuai dengan jenis kulit anda.

Baca:   Cara Menghilangkan Komedo, Jenis, Obat dan Penyebabnya

2. Mencegah penuaan dini

Anda akan dikatakan penuaan dini ketika anda terlihat lebih tua dipandang usia anada sebenarnya. Selain pertambahan usia, kebiasaan sehari – hari anda dapat mempercepat proses penuaan dini. Salah satunya adalah terpapar sinar UV matahri. Jika anda sering terkena sinar matahari, jaringan elastis kulit anda dapat menjadi rusak dan mudah keriput sebelum waktunya. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan tabir surya sunblock untuk menghindari bahaya penuaan dini dengan kadar SPF minimal 15. Anda bisa gunakan sunblock sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan.

3. Terhindar dari resiko kanker

Selain penuaan dini, kulit yang terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi hitam dan meningkatkan resiko kanker kulit. Orang yang sering terkena sinar matahari lebih beresiko mengalami kanker kulit daripada yang jarang terkena paparan sinar matahari. Anda dapat menggunakan sunblock secara rutin setiap hari untuk melindungi kulit anda dan mencegar terjadinya gangguan termasuk kanker kulit.

4. Memberi kesehatan pada kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari dapat memberikan dampak buruk. Selain kulit menjadi lebih gelap, kulit bisa menjadi kemerahan, gatal, bengkak hingga muncul bintik-bintik.

Senyawa dalam sunblock berupa kolagen, keratin dan elastin adalah protein yang bagus untuk kesehatan kulit. Protein tersebut membantu kulih tetap sehat dna lembut. Selain itu, anda juga bisa menggunakn sunblock untuk kosmetik anda. Anda dapat tampil alami dan cantik seta permukaan kulit tetap terlindungi. Jika anda melakukan aktivitas diluar ruangan, anda bisa menggunakan sunblock tiap 2 jam sekali agar lebih maksimal.

Simak: info demam berdarah yang perlu diketahui

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Anda sudah tahu bagaimana bahayanya kulit yang terpapar sinar matahari berlebihan. Apakah anda sudah melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari yang berlebihan?

Kulit anda perlu dilindungi dari terik matahari, salah satu caranya adalah dengan menggunakan sun protection. Produk perlindungan kulit terhadap sinar matahari banyak dijual, mulai dari sunblock hingga sunscreen.

Serupa tapi sama, ternyata banyak orang tidak mengetahui jika sunblock berbeda dengan sunscreen. Anda harus memperhatikan produk apa yang anda butuhkan, termasuk mengetahui perbedaan sunblock dan juga sunscreen.

Apa itu Sunblock?

Sunblock merupakan salah satu tabir surya pelindung kulit dari sinar UV, bentuknya bisa berupa lotion atau spray. Sunblock memiliki kandung berupa mineral zinc oxide atau titanium dioxide.

Mineral tersebut bekerja dengan membangun dinding lapisan diatas permukaan kulit untuk menghalangi sinar matahari mengenai kulit. Tekstur sunblock lebih kental, warnanya seperti putih susu dan terlihat jelas oleh mata.

Jika anda memiliki akivitas diluar ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung dan berlangsung berjam-jam seperti bermain di pantai, maka anda bisa menggunakan sunblock.

Pilihlah sunblock dengan SPF 30 hingga 60.

Apa itu Sunscreen?

Suncreen adalah tabir surya yang berbentuk lotion cair kimiawi. Fungsinya adalah mengurangi penyerapan radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit.

Tekstur sunscreen lebih tipis dan tidak terlihat oleh mata. Anda bisa menggunakan sunscreen tiap 2 jam sekali. Karena sunscreen cenderung lebih mudah memudar jika terkena air, keringat dan juga sinar UV.

Baca:   Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Sunblock Untuk Remaja

Setiap orang memiliki sensitifitas kulit yang berbeda. Pada dasarnya, perempuan yang menginjak remaja mungkin lebih suka mencoba produk – produk untuk mengetahui produk mana yang lebih cocok untuk kulit mereka.

Tidak sedikit remaja putri yang mengalami masalah kulit akibat tidak mengetahui produk kecantikan yang sesuia dengan jenis kulit mereka.

Remaja putri yang aktif bergerak dengan segudang kegiatannya baik di sekolah ataupun di luar perlu memperhatikan pelindung kulit yang tepat untuk kulit remaja, termasuk sunblock yang tepat.

Apa Saja Merk Sunblock Yang Bagus?

Teriknya matahari dapat membuat kulit anda menjadi hitam dan kusam. Lebih parahnya, kulit yang terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, kulit harus terlindungi oleh bahaya sinar UV dengan memakai produk seperti sunblock.

Namun penggunaan sunblock tanpa diketahui kandungan dan tata cara pemakaian yang tepat, tidak akan memberikan manfaat yang optimal pada kulit anda.

Lalu, apa saja merk sunblock yang bagus untuk kulit anda?. Mari simak lebih lanjut.

1. Parasol 33 SPF

Parasol adalah sunblock yang sesuai untuk semua jenis kulit. Anda bisa mendapatkan sunblok ini baik secara offline maupun online. Harganya juga sangat terjangkau sekitar 60 ribuan.

Produk ini sudah bersertifikat halal, jadi sangat aman bila anda gunakan. Meskipun warnanya coklat, namun tidak membuat kulit anda menjadi cokelat karena langsung menyatu dengan kulit. Parasol mampu melindungi kulit anda selama 3 hingga 4 jam.

2. Nivea sun face protect and white SPF50 sunblock

Nivea sun face protect and white SPF50 sunblock dapat melindungi kulit wajah anda karena diperkaya dengan ekstrak Licorice. Selain itu produk ini mampu menjaga kulit anda tetap cerah, sehingga momen liburan tetap menyenangkan.

Tekstur produk ini tidak lengket, anti air dan mudah meresap kedalam kulit. Produk ini juga cocok untuk digunakan sehari – hari. Anda bisa gunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan ataupun sebelum make up.

3. Vaseline intensive care healthy sunblock SPF 30 lotion

Intensive care healthy sunblock SPF30 lotion mampu melindungi kulit anda dari sinar UVA dan UVB . Produk ini mengandung nutrisi yoghurt protein dan ekstrak aloe vera sehingga kulit akan tetap lembut dan segar.

Kandungan produk ini dapat mencegah pembentukan melanin sehingga kulit tidak menjadi gelap atau tidak merata. Harganya bervariatif tergantung ukurannya.

4. The face shop natural sun AQ Power Long Lasting Sun Cream SPF 45 PA+++

Jika biasanya sunblock wajah lebih fokus untuk melindungi kulit dari sinar UV, maka produk ini dapat digunakan secara bersamaan dengan make up.

Setelah anda menggunakan krim sunblok ini, anda dapat langsung merias wajah anda. Penggunaan produk dengan SPF 45 PA+++ bersama dengan make up membuat wajah anda tidak hanya tetap tampil cantik dengan make up namun juga terlindung dari sinar UV.

4. Papulex UV High Protection Cream SPF45+ For Acne Prone Scene

Jika kulit anda berjerawat ataupun berminyak, anda bisa menggunakan merk produk ini.

Produk ini mengandung bahan aktif Niacinamide yang berfungsi untuk mengurangi iritasi karena jerawat dan juga menyamarkan bekas jerawat serta tidak menyebabkan komedo. Produk ini juga bisa anda gunakan sebagai dasar tata rias.

Apa itu SPF dan Apa Gunanya?

Pada pembahasan diatas, anda sering menemukan SPF pada sunblock. SPF sendiri memiliki angka yang terera pada label produknya, misalnya SPF15, SPF30, SPF45, SPF50, dan lain sebagainya.

Baca:   Yuk, Kenali Penyebab Demam Berdarah dan Hindari!

Namun, apakah sebenarnya anda mengetahui, apakah SPF itu sendiri dan apa saja kegunaan SPF sebenarnya?

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yaitu ukuran seberapa baik suatu produk baik sunscreen ataupun sunblock dapat melindungi kulit dari radiasi matahari yang dapat membahayakan kulit.

Angka yang tertera pada label produk sunblock menunjukkan seberapa lama produk tersebut dapat melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari.

Jadi, misalnya jika kulit anda terkena sunburn akibat radiasi matahari dalam waktu 10 menit tanpa menggunakan sunblock, maka kulit anda dapat terpapar matahari tanpa terkena sunburn dengan selang waktu 150 menit atau 15 kali lebih lama saat menggunakan SPF15.

Berikut adalah beberapa kegunaan atau manfaat dari SPF:

1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Kandungan yang ada didalam SPF merupakan nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan tersebut akan membuat kulit anda terjaga serta selalu cerah dan bersih setiap saat. Oleh karena itu, SPF memiliki manfaat yang baik bagi kulit.

2. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit

Nutrisi termasuk berbagai vitamin dan juga mineral yang bagik untuk kesehatan kulit akan diserap lebih optimal jika menggunakan SPF, salah satunya adalah penyerapan vitamin E.

3. Menjaga kelembaban kulit dan mengurangi penggelapan

Cahaya matahri yang mengenai kulit tanpa SPF dapat menjadikan kulit kering dan gelap. Namun jika anda menggunakan krim SPF, kulit anda tetap terlindungi dan terjaga kelembabannya.

Kulit dengan krim SPF juga mampu mengurangi penggelapan wajah akibat kulit kusam dan terbakar.

4. Mencegah kerusakan kulit akibat radiasi

Paparan sinar IV dapat membuat kulit anda kering, pecah – pecah serta iritasi pada kulit. Jika anda mengoleskan krim SPF, kulit anda aka terlindungi sehingga terhindar dari kerusakan kulit akibat radiasi.

Jenis Sunblock

Pemakaian sunblock agar lebih optimal maka harus mengetahui jenis sunblock yangsesuai dengan kulit anda. Nah, berikut ini jenis – jenis sunblock yang sebaiknya anda perhatikan.

  • Sunblock Gel. Sunblock gel memiliki kandungan dasar air yang sangat cocok untuk kulit yang berminyak karena sunblock jenis ini akan cepet diserap kulit.
  • Sunblock cream. Sunblock cream sesuai untuk jenis kulit yang kering dan sensituf karena akan menyatu di kulit.
  • Sunblock lotion. Sunblock lotion cocok untuk kulit normal atau cenderung kering.
  • Sunblock spray. Jika kulit anda gelap, anda cocok memakai sunblock spray karena akan membuat kulit anda lebih cerah dan tidak pucat
  • Sunblock stick. Sunblock stick akan memberi perlindungan lebih lama karena padat dan tebal. Namun tidak dianjurkan untuk kulit berjerawat.

Sunblock Waterproof

Penggunaan sunblock tidak hanya terbatas pada saat anda akan pergi berlibur dipantai atau pada saat akan berenang. Anda bisa menggunakan sunblock setiap hari sebelum anda keluar rumah.

Manfaat sunblock sudah anda ketahu setelah membaca pembahasan diatas. Oleh karena itu, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk sunblock. Karena penggunaan sunblock berhubungan langsung dengan kulit yang bisa saja sensitif jika menggunakan suatu produk.

Istilah waterproof berbeda dengan istiah water resistant. Pada saat memilih sunblock, meskipun waterproof anda harus tetap harus mengoleskan ulang secara merata setiap 2 jam sekali atau setelah berkeringat.

Namun tak ada salahnya jika anda membeli produk sunblock waterproof yang akan memberi perlindungan lebih lama.

Demikian informasi seputar sunblock ini, semoga berguna untuk anda.

Artikel lainnya:

Leave a Comment