Manfaat Teh Hijau dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Menjaga kondisi kesehatan merupakan suata hal yang tentunya wajib untuk dilakukan ditengah tengah kondisi lingkungan sekarang. Perkembangan lingkungan yang sekarang semakin tidak menentu dan banyak meningkatkan resiko penyakit menjadikan aktivitas menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan berbagai macam bentuk aktivitas yang fokus menjaga kondisi kesehatan tersebut maka resiko untuk mengalami penyakit berbahaya dapat dihindari.

Ada Berbagai bentuk aktivitas yang dapat dilakuan untuk menjaga dan memperhatikan kondisi kesehatan yang utamanya adalah dengan menjalani pola hidup secara sehat. Selain melakukan aktivias pola hidup sehat, mengkonsumsi multivitamin maupun ramuan herbal tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan seseorang.

Salah satu bahan herbal yang dikenal sangat bermanfaat positif bagi kesehatan adalah teh hijau. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat dan manfaat teh hijau, perhatian ulasan di bawah ini.

Khasiat Dan Manfaat Teh Hijau

Apa itu teh hijau?

Sebelu membahas lebih jauh mengenai manfaat dari teh hijau maka perlu adanya penjelasan yang mungkin beberapa orang belum memahaminya terkait apa itu teh hijau. Teh hijau berbeda dengan teh hitam yang banyak dikonsumi secara umum di masyarakat.

Perbedaan teh hijau dan teh hitam tersebut terletak pada proses pengolahannya meskipun berasal dari bahan baku yang sama yakni daun teh.

Teh hijau dihasilkan dari proses pengolahan yang sederhana tanpa melewati proses fermentasi yang terjadi pada teh hitam. Tanpa adanya proses fermentasi dan oksidasi pada daun teh tersebut menjadikan teh hijau memiliki khasiat dan manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan teh hitam.

Hal ini dikarenakan proses pengolahan teh hijau lebih mampu mempertahankan nutrisi dan antioksidan di dalam teh dibandingkan dengan teh hitam.

Baca juga: tips dan cara menghilangkan jerawat

Kandungan teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai teh kesehatan dengan banyak manfaat dan dampak positifnya bagi tubuh. Khasiat dan manfaat teh hijau tersebut disebabkan oleh karena kandungan didalamnya.

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam teh hijau tersebut diantaranya seperti kafein yang sama dengan kopi dan tanin sebagai bahan aktif dari sifat teh hijau sebagai antioksidan, antibakteri, hingga sebagai detokifikasi racun yang terdapat di dalam tubuh.

Selain kandungan kafein dan tanin, teh hijau juga memiliki beberapa senyawa lain yang terdapat di dalamnya seperti vitamin C, E, vitamin B yang lengkap yakni vitamin B, B2, niasin, hingga asam pantotenat.

Kalsium, kalium, seng, nikel, molibdenum, asam amino thenine, klorofil, dan bahan saponin merupakan andunan lain dari teh hijau yang juga memiliki manfaat serta dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Cuka Apel Untuk Pengobatan Alami

Manfaat teh hijau

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, teh hijau memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh karena kandungan senyawa aktif di dalamnya.

Untuk memahami dengan baik manfaat serta khasiat yang dimiliki oleh teh hijau maka perhatikan penjelasan dalam uraian di bawah ini.

1. Manfaat teh hijau untuk diet

Khasiat dan manfaat teh hijau yang pertama adalah untuk membantu dalam proses diet yang bertujuan menurunkan berat badan serta meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Manfaat penurunan berat badan dengan mengkonsumsi teh hijau tersebut dapat diperoleh karena teh membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh agar dapat berlangsung lebih optimal. Manfaat tersebut dikarenakan adanya senyawa katekin di dalam teh hijau yang dapat mengatur metabolisme terutama terhadap lemak.

Selain katekin, kafein yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menjadi stimulus pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh.

2. Manfaat minum teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau sudah menjadi suatu hal yang dipercaya manfaatnya sejak lama karena berbagai kandungan senyawat aktif di dalam teh tersebut. Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang memiliki khasiat positif bagi tubuh dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Beberapa manfaat minum teh hijau yang dapat diperoleh diantaranya seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, membakar lemak, menetralisir racun racun yang terdapat di dalam tubuh, hingga mampu mencegah terjadinya beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

3. Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang paling memiliki manfaat berlimpah bagi kondisi kesehatan tubuh dibandingkan dengan jenis jenis teh lainnya. Beberapa manfaat positit bagi kesehatan tubuh dari teh hijau tersebut diantaranya seperti membantu mengatasi herpes, mengobati flu, mencegah terjadinya penyakit kanker, menetralisir racun dan senyawa berbahaya di dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol sebagai lemak jahat bagi tubuh, mencegah penyakit alzheimer dan kanker, serta meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara signifikan.

4. Manfaat teh hijau untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kondisi kesehatan tubuh yang sangat melimpah, teh hijau juga dapat memberikan dampak positif terhadap kecantikan. Beberapa dampak positif yang dapat dimanfaatkan dari teh hijau untuk kecantikan tersebut diantaranya seperti :

  • Mengatasi jerawat, teh hijau sangat ampuh dalam membantu mengatasi jerawat karena adanya sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antiseptik.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan rusak, mengkonsumsi teh hijau atau menggunakan maskernya secara rutin dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Mengurangi kantung mata, salah satu kondisi yang dapat menyebabkan kecantikan berkurang adalah karena adanya kantung mata di wajah. Untuk mengatasinya maka dapat dengan menggunakan masker teh hijau yang didukung dengan konsumsi teh hijau secara rutin.
  • Manfaat lainnya, menjaga kelembapan kulit, menghaluskan kulit, meremajakan kulit, serta mencerahkan kulit.
Baca:   Cara Menghilangkan Komedo, Jenis, Obat dan Penyebabnya

5. Manfaat teh hijau untuk wajah

Teh hijau yang dikenal memiliki manfaat positif bagi kecantikan secara spesifik dapat memberikan dampak positif pada wajah. Beberapa manfaat dari teh hijau baik yang dikonsumsi secara rutin maupun yang digunakan sebagai masker wajah diantaranya seperti menghaluskan, mencerahkan, dan melembabkan kulit wajah, mengatasi kantung hitam mata, membantu untuk menghilangkan jerawat pada mata, serta sebagai masker pelindung wajah.

6. Manfaat ampas teh hijau

Jika khasiat dan manfaat yang disebutkan diatas merupakan dampak positif yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi minuman teh hijau, ternyata ampas dari teh hijau juga memiliki manfaat baik. Beberapa manfaat dari ampas teh hijau yang dapat dimanfaatkan diantaranya seperti :

  • Masker wajah, ampas teh hijau masih memiliki kandungan senyawa akitf dan nutrisi yang tetap dapat memberikan manfaat yang sama dengan hasil seduhan teh hijau. Salah satunya manfaat dari ampas teh hijau adalah dapat digunakan sebagai masker wajah.
  • Mengatasi kantung mata, manfaat lain dari ampas teh hijau adalah untuk membantu menghilangkan kantung mata yang terbentuk akibat kurang tidur dan kurang istirahat.
  • Mengobati bisul, bisul merupakan kondisi peradangan pada kulit akibat bakteri yang biasanya cukup menyakitkan sebelum pecah. Untuk membantu mengatasi bisul maka dapat dengan memanfaatkan ampas teh hijau yang diolesan pada bagian bisul.
  • Manfaat lainnya, seperti mencerahkan kulit wajah, membantu merangsang rambut untuk tumbuh, menghilangkan bau, dan memulihkan kulit bekas terbakar sinar matahari. Manfaat manfaat tersebut dapat diperoleh dengan hanya menggunakan ampas dari teh hijau tanpa bahan tambahan lainnya.

Cara Mengkonsumsi teh hijau yang benar

Seperti yang dijelaskan diatas, teh hijau memiliki segudang manfaat dengan berbagai kandungan senyawa aktif dan nutrisinya. Untuk bisa merasakan khasiat dan manfaat teh hijau tersebut maka cara mengkonsumsinya harus tepat dan benar. Ada dua cara dalam memanfaatkan teh hijau yakni dengan memium hasil seduhannya maupun mengolahnya menjadi masker teh terutama untuk kecantikan. Berikut beberapa ulasan penting terkait cara pengguaan dan pemanfaatan teh hijau agar bermanfaat.

Waktu terbaik minum teh hijau

Teh hijau dapat memberikan manfaat yang positf dengan hanya mengkonsumsinya secara rutin dalam bentuk seduhannya. Untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi tubuh maka waktu mengkonsumsi seduhan teh hijau harus diperhatikan dengan baik dan benar. Waktu terbaik minum teh hijau adalah saat jam 10 pagi hingga jam 11 malam, satu atau dua jam setelah atau sebelum makan, sesaat sebelum menjalani aktivitas olah raga dan tidur.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Masker teh hijau

Selain dikonsumsi secara langsung dalam bentuk seduhan teh hijau, untuk dapat memperoleh manfaat dari teh kesehatan tersebut maka dapat juga dengan membuat masket dari teh hijau. Masker teh hijau banyak dimanfaatkan untuk memperoleh manfaat dalam hal kecantikan. Berikut penjelasan mengenai beberapa cara yang dapat dilakuikan untuk membuat masker teh hijau yang baik dalam penjelasan di bawah ini.

  1. ampas teh hijau selama satu malam sebelum diproses menjadi masker
  2. Tambahkan beberapa bahan pelengkap ke dalam ampas teh tersebut seperti madu dan perasan air lemon
  3. Masker siap digunakan dengan cara mengoleskannya keseluruh bagian wajah hingga merata
  4. Tunggu 5 – 10 menit hingga masker tersebut kering
  5. Bilas dan bersihkan menggunakan air hangat.
  6. Gunakan masker wajah sebanyak dua kali seminggu untuk memperoleh manfaat dair teh hijau.

Efek samping teh hijau

Dalam ulasan diatas memang lebih banyak menjelaskan terkait khasiat dan manfaat teh hijau yang ternyata sangat melimpah bagi kesehatan tubuh. Dibalik manfaat tersebut, ternyata ada efek samping teh hijau yang dapat terjadi pada seseorang. Beberapa bentuk efek samping yang dapat terjadi dari konsumsi teh hijau yang salah tersebut diantaranya seperti :

  • Kerusakan hari, konsumsi katekin dalam jumlah secara berlebihan yang terdapat di dalam teh hijau dapat memicu kondisi kerusakan hati yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Masalah pada pencernaan seperti mual dan muntah, diare, dan perut  yang tiba tiba terasa mulas serta ingin buang air besar.
  • Defisiensi zat besi, kandungan tanin dan poifenol pada teh hijau dipercaya dapat menyebabkan penyerapan zat besi dari makanan menjadi berkurang.
  • Efek samping lainnya, diantaranya seperti pusing atau sakit kepala, gangguan tidur, gangguan kadar gula darah, hingga dapat memicu terjadinya osteoporosis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat teh hijau yang merupakan salah satu jenis teh dengan manfaat melimpah dan beragam bagi kesehatan tubuh. Selain untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, teh hijau juga memiliki banyak manfaat lain terutama dalam hal kecantikan wajah serta kulit yang sudah terbukit. Manfaat dan khasiat dari teh hijau sampai saat ini terus diteliti secara ilmiah untuk mendapatkan bukti bukti yang memang mendasar dari adanya dampak positif teh hijau.

Leave a Comment