Manfaat Temulawak ; Khasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan

Tanaman temulawak tentu pernah kita dengar sebagai salah satu jenis herbal yang banyak digunakan untuk membantu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh agar tidak mudah mengalami berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan. Temulawak yang secara ilmiah disebut dengan nama latin  Curcuma zanthorrhiza, sudah lama dijadikan salah satu obat herbal tradisional yang digunakan oleh masyarakat untuk membantu dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang karena kondisi lingkungan sekarang yang sangat rentan dan mudah menyebabkan seseorang mengalami sakit. Kesehatan menjadi penting bagi tubuh manusia mengingat dengan kondisi tubuh yang sehat berbagai macam bentuk aktivitas dapat dijalani dengan lancar.

Untuk membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh yang baik salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ramuan tradisional temu lawak.

khasiat dan Manfaat Temulawak

Perbedaan Temulawak Dan Kunyit

Sebagai salah satu dari rimpang rempah temulawak kerap kali sulit dibedakan dengan tanaman rimpang lainnya terutama kunyit. Hal ini disebabkan oleh karena bentuk fisik dari temulawak yang hampir sama dengan kunyit. Kemampuan untuk membedakan temulawak dan kunyit lebih sulit lagi ketika jarang berinteraksi dengan kedua rempah tersebut.

Berikut ini beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari temulawak dan kunyit..

  1. Dari warnanya, temulawak dapat dibedakan dengan kunyit dari warnanya dimana temulawak memiliki warna kuning orange yang lebih pudar ditambah dengan kombinasi guratan hitam. Kunyit yang sama sama berwarna kuning orange di dalamnya berbeda dari temulawak dari segi warna kuning yang sangat mencolok.
  2. Perbedaan rasa, perbedaan lain dari temulawak dan kunyit terletak pada rasanya dimana kunyit berasa sedikit manis sedangkan temulawak lebih ke rasa pahit pahang.
  3. Perbedaan Aroma, selain rasa dan warnanya, perbedaan lain dari temulawak dan kulit terletak pada aromanya. Kunyit beraroma beraroma sangat khas dan kuat sedangkan temulawak lebih mengarah pada akar yang tidak berbau khas serta kurang tajam.
  4. Bentuk daunnya, sebagai rimpang yang sama sama masuk dalam keluarga zingiberaceae tentu memiliki bentuk yang sama persis. Dari segi bentuknya,daun dari temulawak berbeda dengan daun dari kunyit yang memiliki garis hitam di tengahnya.

Simak: berbagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Kandungan Temulawak

Sebagan tanaman obat yang dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh, temulawak tentu memiliki kandungan senyawa aktif di dalamnya. Seperti minyak menguap fellandrean dan turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, kurkuminoid, foluymetik karbinol.

Kesemua senyawa kimia aktif tersebut dapat  membantu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh dengan dampak yang berbeda beda.

Baca:   Berbagai Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Permanen

Selain memiliki kandungan bahan aktif yang disebutkan diatas, secara umum temulawak juga memiliki komposisi nutrisi.

Nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram temulawak diantaranya seperti protein sebesar 9,68 gram, 3,25 gram lemak, 67,14 gram karbohidrat, serta serta yang jumlahnya 22,7 gram. Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap serta beberapa vitamin.

Kegunaan Temulawak

Sebagai salah satu tanaman obat, tentu temulawak banyak digunakan untuk berbagai macam bentuk olahan obat traditional yang bermanfaat bagi keseahatan. Bentuk olahan obat berbahan dasar temulawak seperti kapsul temulawak, ramuan jamu temulawak, temulawak yang dikeringkan, dan lain sebagainya.

Selain digunakan untuk olahan obat traditional, temu lawak juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu dan minuman yang menyegarkan maupun sebagai bumbu dalam masakan.

Manfaat Temulawak

Seperti yang sudah banyak disinggung dalam pembahasan diatas, temulawak banyak memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Manfaat positif bagi kesehatan tubuh tesebut sudah sangat dikenal luas oleh setiap orang dan digunakan sejak zaman dahulu bahkan sering menjadi objek penelitian. Berbagai macam bentuk manfaat yang dimiliki oleh temulawak, disebabkan karena adanya kandungan nutrisi maupun senyawa aktif di dalamnya.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat temulawak yang baik

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh

Khasiat dan manfaat temulawak yang dapat diperoleh tubuh dibagi menjadi dua yakni manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh dan manfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat dari temulawak sebagai tanaman obat herbal bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti diiuraikan dibawah ini.

1. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Manfaat temulawak untuk kekebalan tubuh dapat diperoleh karena kandungan beberapa senyawa aktif antioksidan dan vitamin. Dengan kondisi kekebalan tubuh yang lebih baik maka berbagai macam jenis penyakit yang ada disekitar tubuh manusia dapat ditangkal dan tidak akan menyerang.

2. Menambah nafsu makan

Manfaat lain dari tanaman obat temulawak yang baik untuk kesehatan lainnya adalah membantu dalam meningkatkan nafsu makan. Dengan manfaat tersebut, orang tua kerap kalli memberikan ramuan jamu temulawak untuk membantu menjaga anak memiliki nafsu makan yang baik.

3. Mengatasi masuk angin

Masuk angin merupakan kondisi kumpulan gejala yang menjadikan tubuh terasa kurang sehat dan tidak nyaman. Masuk angin kerap terjadi di masyarakat dan sering diatasi dengan cara kerokan. Selain kerokan, masuk angin dapat diusir dengan mengkonsumsi jamu temulawak hangat.

4. Membantu mengatasi gangguan pada pencernaan

Selain manfaat yang disebutkan diatas, temulawak juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah gangguan pada pencernaan tubuh. Beberapa masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan mengkonusmsi temulawak diantaranya seperti kram perut, perut kembung, diare, dan bahkan dispepsia.

Baca:   Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

5. Manfaat kesehatan lalinnya

Beberapa manfaat lain yang juga dapat diperoleh dari rimpang herbal temulawak selain manfaat diatas seperti membantu mencegah terjadinya kanker, membantu mengatasi radang pada persendian, serta mempengaruhi proses metabolisme lemak di dalam tubuh.

Manfaat temulawak untuk kecantikan

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan diatas, temulawak juga dapat memberikan manfaat positif bagi kecantikan dan bahkan kerap di jadikan bahan dalam berbagai bentuk produk perawatan tubuh.

Beberapa khasiat dan manfaat temulawak untuk kecantinakan diantarnaya seperti dalam penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat temulawak untuk wajah

Manfaat pertama temulawak untuk kecantikan adalah memberikan dampak positif bagi wajah. Beberapa manfaat positif dari temulawak untuk wajah diantaranya seperti membantu dalam mengatasi jerawat yang membandel di wajah, menyamarkan noda hitam yang ada di wajah, menghaluskan kulit, meremajakan kulit wajah, mencegah terjadinya penuaan pada wajah, serta mengecilkan pori pori di wajah agar tidak mudah berminyak.

2. Manfaat toner temulawak

Temulawak juga dapat digunakan sebagai toner bagi wajah. Toner merupakan cairan yang digunakan untuk menghilangkan kotoran di wajah dan membantu membersihkan sisa make up. Ramuan air temulawak dapat digunakan sebagai toner yang efektif dalam membantu menjadikan kulit wajah lebih bersih dan bebas dari kotoran baik itu debu maupun sisa make up.

Cara Pakai Atau Mengolah Temulawak

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh maupun dampaknya untuk kecantikan, temulawak harus digunakan dengan cara yang benar. Dengan cara pemanfaatan yang baik maka manfaat yang ada dari temulawak tentu akan diperoleh secara maksimal.

Beberapa cara pakai atau mengolah temulawak yang baik dam cukup sering dilakukan dimasyarakat diantaranya seperti :

1. Minuman dan jamu temulawak

Bentuk pengolahan yang paling umum pada temulawak adalah minuman atau jamu dengan bahan dasar temulawak. Membuat minuman maupun jamu temulawak cukuplah mudah yakni hanya dengan memarut temulawak hingga halus lalu tambahkan air matang ke dalamnya dan biarkan sesaat. Setelah itu peras temulawak untuk dapat mengeluarkan air yang digunakan sebagai minuman dan jamu berbahan dasar temulawak yang dapat memberikan banyak efek positif bagi kesehatan tubuh.

Sejauh ini sudah banyak bermunculan bubuk temulawak instan untuk diolah menjadi minuman maupun jamu secara mudah hanya dengan menyeduhnya saja.

2. Cream temulawak

Selain digunakan sebagai toner yang dijelaskan manfaatnya dalam uraian diatas, temulawak juga dapat diolah menjadi cream yang baik untuk membantu memberikan dampak positif bagi kecantikan wajah dan kulit.

Baca:   Cara Pencegahan Demam Berdarah Pada Anak dan Umum

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat cream dari temulawak tersebut. Pembuatan cream temulawak terbilang cukup mudah dan bisa dibuat sendiri dirumah untuk manfaat tertentu

Beberapa langkah yang perlu diperhaitkan dalam cara membuat cream temulawak diantaranya dimulai dengan membersihan temulawak hingga benar benar bersih, keringkan temulawak dibawah sinar matahari langsung lalu kemudian tumbuh hingga haus dan menjadi bubuk temu lawak.

Setelah menjadi bubuk, ambil beberapa bagian temulawak dan tambahkan 1 kuning telur dan satu sendok teh minyak zaitun lalu aduk hingga merata, Cream yang dibuat langsung dari temulawak sebaiknya digunakan segera tanpa harus menyimpannya.

3. Bedak temulawak

Selain dimanfaatkan dalam bentuk minuman maupun jamu traditional, temulawak banyak mnejadi dasar dalam pembuatan beberapa produk kecantikan lain selain toner dan masker atau cream.

Bentuk olahan untuk kecantikan yang cocok berbahan dasar temulawak lainnya adalah bedak. Jenis sediaan bedak temulawak tersebut dapat membantu dalam mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi di wajah.

Untuk menjadikan temulawak menjadi bedak tentu ada beberapa cara yang perlu diperhatikan karena bisa dibuat sendiri dirumah. Bedak temulawak dibuat pertama tama dengan mengeringkan temulawak yang sudah bersih hingga benar benar kering lalu mengilingnya hingga halus.

Bentuk bubuk temulawak terebut sudah dapat disebut sebagai bedak temulawak dengan hanya menambahkan tepung beras dan minyak zaitun.

Efek Samping Temulawak

Selain dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan, temulawak ternyata juga memiliki beberapa efek samping yang dapat terjadi pada kondisi tertentu.

Konsumsi temulawak secara berlebihan menjadi tidak baik untuk tubuh dengan adnaya efek samping tersebut. Kondisi efek samping dari temulawak tersebut harus dapat dihindari.

Beberapa efek samping yang dapat muncul pada temulawak ketiika dikonsumsi terlalu berlebihan dan tidak benar seperti memicu terjadinya iritasi pada lambung maupun permasalahan pencernaan yang menganggu, menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat tanpa beraktivitas berat, menimbulkan rasa mual dan keinginan untuk muntah setelah mengkonsumsinya, meningkatkan terjadinya infeksi kandung kemih, serta tidak baik untuk penderita kerusakan ginjal, kerusakan maupun kelainan liver, individu yang obesitas, serta berbahaya bagi ibu hamil.

Itulah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat temulawak yang sudah dikenal sejak lama sebagia salah satu rimpang herbal obat tradisional di masyarakat. Bukan hanya diiolah sebagai tanaman obat traditional, temulawak sekaran juga banyak menjadi bahan utama maupun tambahan produk produk kesehatan seperti kapsul, teh temulawak, dan lain sebagainya.

Leave a Comment