Minuman yang Bisa Membantu Atasi Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah atau yang dikenal dengan demam dengue adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk. Nyamuk ini bisa menyebarkan virusnya melalui air liur dengan cara menggigit kulit manusia. Penyakit ini bisa disertai dengan gejala demam, pusing, hingga menyebabkan trombosit turun.

Nah, ada beberapa cara alami untuk mengatasi gejala penyakit ini. Dibawah ini ada penjelasan tentang beberapa minuman yang bisa atasi gejala demam berdarah dengue. Di simak, ya!

Penyakit ini memiliki gejala yang meliputi timbulnya demam tinggi secara tiba-tiba, sakit tubuh, sakit kepala, nyeri otot, hingga menurunnya trombosit. kamu juga mungkin akan melihat ruam yang terlihat seperti campak jika menderita demam berdarah. Demam berdarah dengue bisa saja menjadi parah jika tidak diobati dengan serius.

Simak: semua hal seputar penyakit Demam Berdarah

Selama demam berdarah dengue, pasien menghadapi perdarahan dan penurunan dalam jumlah trombosit mereka. Berikut adalah beberapa minuman yang populer dan efektif yang dapat kamu minum jika terjadi demam berdarah.

Air kelapa - minuman mengatasi demam berdarah

Minuman Yang Bisa Meringankan Gejala Demam Berdarah

1. Air Putih yang Cukup

Keringat berlebihan saat demam berdarah dapat menyebabkan dehidrasi yang ekstrem. Maka itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak cairan dan tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah air secara berkala untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

Tetap terhidrasi juga mengurangi gejala sakit kepala, serta kram otot, lho. Ketika kamu menderita demam berdarah, racun dalam tubuh memperumit dampak dari patogen virus. Air juga membantu mengeluarkan racun berlebih ini dari tubuh kamu untuk membantu pemulihan.

Baca juga: berbagai gejala demam berdarah dengue

2. Jambu Biji

Mengatasi demam berdarah dapat dilakukan dengan memakan jambu biji. Manfaat kesehatan jambu biji untuk demam berdarah telah terbukti, sehingga banyak dokter menyarankan pasien untuk mengkonsumsi banyak jambu biji atau jus jambu biji karena mengingat bahwa demam berdarah tidak memiliki obat khusus. Buah dengan nama latin Psidium guajava sangat kaya akan vitamin A, C, mineral dan zat lainnya.

Secara kimia, jambu biji, daun jambu biji, dan kulit kayu mengandung tannin. Bahkan, dalam daun jambu biji juga mengandung berbagai asam, seperti asam ursolat, apsidiol, kra togo lat, oleanolik, gu javelin.

Selain itu, manfaat kesehatan jambu biji juga kaya serat, yang diketahui dapat mencegah kanker saluran pencernaan dan menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin C dalam jambu biji lima kali lebih banyak dari pada jeruk. Kandungan vitamin C dalam jambu biji mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari anak usia 13-20 tahun mencapai 80-100 mg per hari serta orang dewasa yang mencapai 70-75 mg per hari.

Dalam mengobati demam berdarah, tidak hanya buah jambu yang digunakan, tetapi juga daun jambu biji. Sekarang bahkan sedang dikembangkan jus daun jambu biji sebagai obat untuk mengatasi virus dengue. Daun jambu biji sepertinya bisa jadi pencegah demam berdarah. Meski masih uji klinis, daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping.

3. Jus Daun Pepaya

Salah satu minuman yang bisa atasi gejala demam berdarah dengue adalah jus daun pepaya. Daun pepaya dikenal sebagai obat alami untuk demam berdarah. Daunnya memiliki campuran nutrisi dan senyawa organik yang membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Daun pepaya juga memiliki tingkat vitamin C yang tinggi yang merangsang sistem kekebalan tubuh sedangkan antioksidan membantu mengurangi stres dan menghilangkan racun dari tubuh. Yang perlu kamu lakukan adalah meminum sari yang dikeluarkan dari jus daun pepaya tersebut.

Nutrisi hadir dalam daun pepaya telah terbukti membantu mengurangi efek buruk demam berdarah. Ada cukup bukti untuk menunjukkan efek yang bermanfaat dari jus pepaya dalam pengobatan demam berdarah.

Simak: ciri nyamuk penyebab demam berdarah

4. Daun Kemangi

Daun kemangi adalah ramuan ajaib yang tidak hanya membantu selama demam berdarah, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh kamu secara keseluruhan.

Mengunyah 5-6 daun kemangi meningkatkan kekebalan dan telah direkomendasikan sebagai pengobatan yang efektif untuk demam berdarah. Daun kemangi memiliki minyak esensial dengan sifat insektisida alami yang menahan agar virus tersebut tidak semakin parah.

5. Jus jeruk

Jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu mengobati gejala sekunder demam berdarah. Jus jeruk juga membantu menghilangkan virus dengue. Minuman ajaib ini akan mempromosikan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh, meningkatkan buang air kecil, sehingga melepaskan racun dari tubuh.

Jus jeruk juga memperbaiki sel-sel tubuh kamu, karena mengandung vitamin C yang sangat penting dalam menciptakan kolagen.

6. Air kelapa

Demam berdarah sering menyebabkan dehidrasi. Air kelapa adalah salah satu makanan terbaik untuk pasien demam berdarah karena merupakan sumber air alami, mineral esensial dan elektrolit.

Asupan itu membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh. Dengan demikian, air kelapa adalah salah satu hal yang harus kamu sertakan dalam list cairan saat memulihkan diri dari demam berdarah.

Simak: mengenali penyebab demam berdarah

7. Teh herbal

Teh herbal dapat membantu mengurangi gejala demam berdarah. Ada beberasa dalam teh herbal seperti rasa kapulaga, peppermint atau jahe. Nah, jahe memiliki karakteristik anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi demam berdarah.

Teh herbal yang diseduh dengan daun Euphorbia hirta atau tanaman asma membantu mengobati demam berdarah.

8. Air Jahe

Pasien yang menderita demam berdarah membutuhkan banyak cairan untuk mengatasi efek penyakitnya.

Air jahe dapat membantu mengurangi efek mual yang sering dialami oleh penderita demam berdarah.

9. Daun Nimba

Daun nimba dikenal karena khasiat obatnya. Dedaunan ini dapat membantu membatasi pertumbuhan dan penyebaran replikasi virus tipe-2 dengue.

Untuk alasan ini, Mimba adalah salah satu solusi alami paling penting untuk demam berdarah.

10. Rumput Barley

Rumput barley adalah obat lain yang mungkin sangat membantu dalam mengobati demam berdarah dengan kemampuannya untuk meningkatkan jumlah trombosit darah kamu.

Ini memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang dapat melawan infeksi virus yang menyebabkan demam berdarah dan meningkatkan kekebalan kamu secara keseluruhan.

Baca: cara mencegah demam berdarah 

11. Air Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat obat dan digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit. Sebagian besar manfaat ini disebabkan oleh adanya kurkumin di dalamnya. Fungsi imunomodulator dari curcumin membantu dalam meningkatkan kekebalan kamu, sementara sifat antivirusnya membantu dalam memerangi akar penyebab (infeksi virus) dari demam berdarah.

Demam berdarah dapat menjadi serius jika tidak dirawat tepat waktu. Jadi, mulailah segera dan jaga kebersihan rumah dan lingkungan kamu untuk melindungi diri dan orang yang kamu cintai dari infeksi mematikan ini. Dan jika kamu terinfeksi, segera dapatkan perawatan dari dokter dan pengobatan alami ini yang bisa berguna untuk mempercepat pemulihan kamu.

Simak: makanan penunjang penyembuhan DBD

Nah, itulah minuman yang bisa atasi gejala demam berdarah dengue. Semoga informasi diatas bisa membantu menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kamu, ya!

Artikel lainnya:

Leave a Comment