Review Power Bank Terbaik Dan Tips Memilih Merk

Bagi sebagian orang, power bank menjadi salah satu hal yang wajib dibawa kemana-mana. Keberadaan benda yang satu ini seringkali ‘menyelamatkan‘ kita.

Saat ini hampir tiap orang memiliki smartphone. Sejalan waktu, fungsi, kualitas, dan spesifikasi dari smartphone semakin bagus. Tapi ada satu hal yang sepertinya masih kurang optimal; Daya baterai dari smartphone. Dalam pemakaian intensif, rata-rata smartphone baik android ataupun Apple (iPhone) tidak bertahan terlalu lama.

Bete juga kan disaat diperlukan, ternyata malah lowbat alias habis baterai?

Disinilah power bank terasa berguna banget. Dengan adanya power bank, kita bisa mengisi baterai smartphone dimanapun dan kapanpun. Kita bisa beli benda ini dengan mudah sekarang.

Jangan Tertipu Power Bank Palsu

Meskipun demikian tetap harus hati-hati jangan sampai tertipu (saya pribadi juga pernah tertipu).

Tertipu bagaimana?

Dulu, saya pernah tertarik membeli power bank berkapasitas besar dengan harga murah. Dengan polosnya tergoda penawaran powerbank Asus 10.000 mAh dengan harga hanya Rp 125.000 saja. Pada dasarnya sih saya tahu itu barang palsu. Mana ada power bank bermerk bagus dengan kapasitas besar dijual hanya segitu? Tapi tetap saya beli dengan alasan hanya akan dipakai sekali-kali saja saat darurat.

Ternyata saat dipakai power bank ini hanya mampu mengisi baterai smartphone 3000 mAh saya satu setengah kali saja. Benar sekali, pengisian kedua malah tidak sampai full padahal kondisi power bank baru beberapa hari dan baterai penuh. Hal yang bikin kesal lagi, power bank Asus abal-abal ini sukses membuat baterai hp saya rusak. Yang ini salah sendiri sih, sudah tahu abal-abal masih terus dipaksakan dipakai.

Nah, di artikel ini saya mencoba mengumpulkan berbagai informasi seputar power bank terbaik untuk anda. Semoga info yang kami tulis bisa berguna.

Cara Memilih Power Bank Yang Bagus

Bagaimana cara memilih power bank yang bagus? Tentunya kita ngga mau uang kita terbuang percuma saat beli power bank. Biarpun bagi sebagian orang jumlahnya kecil, tapi tetap aja terasa nyesek ya kalau salah beli.

Biar ngga mengalami salah beli seperti saya, ada baiknya anda lihat-lihat dulu hal yang perlu diperhatikan sebelum beli powerbank. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih power bank terbaik. Semoga beberapa hal ini bisa jadi panduan buat anda nanti.

Kapasitas Power Bank

Hal pertama yang perlu diperhatikan, tentukan dulu berapa kapasitas power bank yang kita perlukan.

Saat ini kapasitas power bank di pasaran sudah beragam sekali. Mulai dari 3000 mAh, 5000 mAh, 10.000 mAh, bahkan kapasitas diatas 20.000 mAh juga sudah banyak tersedia.

Cara paling simpel dalam menentukan kapasitas power bank yang mau dibeli adalah dengan melihat kapasitas dari baterai smartphone kita.

Misalnya saja kapasitas baterai HP kita adalah 2100 mAh, tentunya akan lebih baik kalau kita beli powerbank yang bisa dipakai untuk ngecas smartphone kita 2-3 kali. Power bank dengan kapasitas 10.000 mAh keatas bakal jadi pilihan terbaik.

Perlu diingat, menghitung kapasitas powerbank tidak selalu sama dengan berapa kali bisa dipakai mengisi baterai hp anda. Misal power bank kapasitas 10.000 mAh, tidak berarti power bank ini akan bisa mengisi baterai handphone 2000 mAh 5 kali. Pasti dibawahnya. Jika ada sebagian daya yang hilang saat proses charging adalah sesuatu yang wajar.

Ada baiknya kita memilih power bank dengan kapasitas terbesar yang bisa kita beli sesuai dengan budget masing-masing. Tanggung soalnya kalau cuma beli yang kapasitas kecil

Fitur Power Bank Tambahan

Hal kedua yang perlu anda lihat adalah fitur tambahan dalam powerbank. Terutama fitur keamanan.

Beberapa fitur power bank yang bisa anda jadikan pertimbangan antara lain;

  • Fitur over charging protection. Dengan adanya fitur ini, power bank akan secara otomatis berhenti mengisi daya saat baterai di gadget kita sudah penuh. Hal ini bisa mencegah baterai gadget/smartphone kita cepat rusak/menggelembung karena terus-terusan nyambung ke power bank saat sudah penuh. Biasanya, kerusakan baterai di hp terjadi karena di cas lama menggunakan powerbank yang tidak punya fitur over charging protection.
  • Fitur high temperature protection. Fitur yang satu ini bisa melindungi gadget kita dari panas saat charging. Secara otomatis akan mereduksi panas saat proses charging gadget atau smartphone dilakukan.
  • Fitur short circuit protection. Fitur ini berguna untuk menjaga gadget dari kerusakan karena hubungan pendek arus listrik saat sedang di cas.
    Selain itu, sering juga power bank memiliki fitur dan fungsi tambahan lainnya. Misalnya senter. Banyak powerbank sekarang yang menyematkan senter kecil sebagai salah satu tambahan. Ada juga casing hp yang merangkap mejadi power bank.

Sebagai saran saja, prioritaskan pada fitur over charging protection. Sebisa mungkin power bank yang akan kita beli punya fitur ini. Fitur sisanya sesuaikan dengan budget dan kebutuhan saja.

Pelengkapan Bawaan/Aksesoris

Pastikan juga anda lihat perlengkapan bawaan dari power bank saat beli nanti. Power bank dengan aksesoris bawaan yang bagus tentunya bakal jadi nilai tambah.

Perlengkapan bawaan ini bisa berupa kabel-kabel konektor, ada bawaan charger desktop (AC adaptor) atau tidak, wadah/bungkus power bank, dan lain sebagainya. Saat beli, pastikan juga semua aksesoris tersebut dalam kondisi baik dan bekerja.

Biasanya kita mendapatkan kabel micro USB. Nah sedikit saran saja, pastikan kabelnya berkualitas bagus ya. Jika ragu, saat charging gadget ada baiknya menggunakan kabel usb bawaan smartphone atau gadget kita.

Garansi Resmi Pembelian

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah garansi pembelian. Sebisa mungkin anda memilih power bank yang menawarkan garansi yang jelas dan mudah di proses.

Pastikan juga garansi yang diberikan penjual adalah garansi resmi. Garansi power bank yang berlaku di kita biasanya antara 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Lihat juga proses garansinya seperti apa; apakah ganti baru atau di service.

Biasanya garansi resmi hanya dikeluarkan oleh produsen yang berkualitas, sehingga hal ini bisa kita jadikan indikator bagus atau tidaknya power bank yang kita pilih.

Desain Power Bank

Dulu, power bank kapasitas besar identik dengan bentuk yang besar juga. Sekarang beda lagi. Banyak produsen yang mengeluarkan desain power bank yang slim, bahkan mungil.

Desain power bank yang slim atau kecil tentunya bakal mempermudah saat kita bawa kemana-mana. Ngga bakal terlalu makan tempat juga di tas kita nantinya.

Selain ukuran, berat dari power bank juga bisa anda jadikan pertimbangan. Hanya saja sekarang sepertinya bobot power bank masih cukup berat. Mungkin kedepannya bakal keluar produk yang slim dengan bobot ringan.

Jenis Baterai/Cell Yang Digunakan

Rata-rata powerbank berkualitas menuliskan jenis cell atau baterai apa yang dipakai. Misalnya yang terkenal adalah Cell samsung, dipakai dibeberapa merk powerbank seperti Romoss. Atau Cell Sanyo yang dipakai di powerbank Enerpad.

Ada baiknya anda lihat juga jenis baterai yang digunakan oleh power bank pilihan. Sebisa mungkin kita pilih merk powerbank yang menggunakan cell yang sudah terbukti bagus.

Lihat Merk Power Bank Dan Harganya

Merk power bank terkemuka biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan merk yang tidak jelas. Memang sih harganya relatif lebih mahal, tapi sepadan dengan kualitas yang kita dapatkan.

Merk terkemuka di produk power bank seperti Xiaomi, Vivan, Robot, Asus, Sony, Advan, Hippo, ataupun Samsung saya pikir bisa kita jadikan atokan saat membeli. Tapi seiring waktu, banyak juga muncul merk-merk yang lain.

Anda bisa saja memilih merk yang baru/masih asing di telinga kita. Tapi pastikan lihat dulu review kualitasnya di internet. Harga biasanya memang berbanding lurus dengan kualitas. Tapi anda harus berhati-hati juga dengan barang palsu.

Hindari Produk Palsu

Sudah lumrah dipasaran beredar jenis produk palsu atau KW dari merk yang terkenal. Untuk power bank, saya pikir ada baiknya kita menggunakan produk asli. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Seringkali produk palsu tidak memiliki feature keamanan seperti yang aslinya. Misalkan fitur over charging protection. Di produk abal-abal, sering juga fitur ini ditulis padahal dia ngga ada. Akhirnya yang terjadi seperti yang saya alami, baterai HP malah cepat rusak/kembung.

Tips untuk menghindari powerbank palsu dengan cepat;

  • Harga. Kalau ada merk terkenal berharga miring, hati-hati saja.
  • Tempat membeli. Pastikan anda membeli dari toko yang terpercaya, dan sudah punya reputasi. Jika membeli online, lebih baik beli dari toko online terkemuka atau dari marketplace yang bagus.

Daftar Merk Power Bank Yang Bagus Dan Populer

Memilih merk power bank yang bagus biasanya akan menentukan kualitas. Power bank dari merk ternama biasanya sudah banyak digunakan, dan memiliki standar kualitas tinggi.

Itu sebabnya, jika anda akan membeli powerbank, direkomendasikan untuk memilih produk dari merk ternama. Harganya memang sedikit lebih mahal, tapi lebih memuaskan.

Nah, berikut ini adalah beberapa merk power bank populer yang banyak digunakan.

1. Power bank ASUS

ASUS sudah dikenal sebagai merk yang memiliki kualitas tinggi. Wajar saja jika line up power bank ASUS juga memiliki standar kualitas yang tinggi pula. Produk powerbank ASUS memiliki banyak model dengan harga yang cukup terjangkau. Berbagai feature canggih juga sudah dijejalkan dalam setiap tipenya.

Beberapa feature umum dari power bank ASUS antara lain:

  • Temperature protection. Menjaga suhu baterai agar tidak cepat panas.
  • Reset protection. Power bank dapat di reset ke kondisi semula jika terdapat masalah.
  • Short sircuit protection. Dapat mencegah korslet dari hubungan arus pendek.
  • Over charge protection. Dapat memutuskan listrik sendiri saat gadget yang anda cas dengan powerbank ASUS sudah penuh.
  • Input over voltage protection. Melindungi daru tegangan input berlebihan.
  • Output over voltage protection. Melindungi gadget yang di cas dari tegangan output berlebih.
  • Cell PTC (Positive Temperature Coefficient) Protection. Mencegah kerusakan perangkat jika terjadi kondisi temperature baterai yang panas.
  • Adapter protection. Menjaga suhu kabel pada suhu yang aman.
  • JEITA Protection. Menstabilkan arus dengan berdasarkan pada suhu sekitar.

2. Power Bank Vivan

Power Bank VIVAN termasuk salah satu merk powerbank terbaik yang banyak digunakan. Merk powerbank Vivan bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor powerbank lokal dengan kualitas tinggi/premium.

Beberapa kelebihan dari power bank VIVAN antara lain:

  • Rata-rata memiliki garansi 6 bulan replace unit.
  • Memiliki banyak model original dan variatif.
  • Unit powerbank dilengkapi dengan kabel berkualitas tinggi untuk pengecasan.
  • Di uji tegangan dan dipersiapkan khusus untuk handphone dengan voltase yang tepat.
  • Menggunakan cell baterai samsung dan grade A lithium.
  • Memiliki daya baterai yang murni.
  • Banyak di ditiru kompetitor, membuktikan populernya merk powerbank VIVAN di masyarakat.

3. Power Bank UNiQue

Power bank UNiQue memiliki beragam tipe yang ditawarkan. Merk powerbank UNiQue lebih mengedepankan fungsi, sehingga cenderung berdesain sederhana. Meskipun demikian, setiap tipe dirancang dengan desain yang tetap menarik.

Selain dari faktor desain, power bank UNiQue juga memiliki beragam fitur tambahan yang bagus. Rata-rata merk ini menggunakan desain persegi panjang yang elegan dengan bobot yang ringan.

Dengan bobot rata-rata 0.4 kg dan desain yang kompak, membuat powerbank merk UNiQue enak untuk dibawa kemanapun dan tidak menyita ruang banyak.

4. Power Bank Xiaomi

Merk Xiaomi sekarang sudah dikenal sebagai salah satu merk berkualitas tinggi. Meskipun demikian, tetap di bandrol dengan harga yang murah.

Demikian juga dengan produk power bank Xiaomi. Produk powerbank Xiaomi memiliki desain yang kokoh, bagus dengan fitur yang cukup lengkap.

Dengan menggunakan aluminium pada bagian luar, tipe powerbank Xiaomi dapat menahan benturan lebih bagus. Selain itu juga efektif mengurangi panas saat digunakan untuk mencharge perangkat handphone atau gadget anda.

Powerbank ini menggunakan baterai li-On keluaran Samsung dan LG, sehingga kualitasnya terjaga. Selain itu, di desain juga agar bisa mengisi baterai gadget anda dengan cepat dan efisien.

5. Power Bank Romoss

Power bank romoss memiliki fitur fast charging yang bagus. Selain itu juga di desain dengan bentuk yang ramping sehingga cocok untuk dibawa kemanapun.

Hal lainnya adalah dengan tersedianya dua port kabel pada power bank romoss. Sehingga anda bisa mengisi baterai dua gadget sekaligus dalam waktu bersamaan. Tentunya, hal ini juga di dukung dengan kapasitas powerbank romoss yang besar.

Feature lainnya yang tidak kalah penting adalah adanyar fasiltias auto cut. Dengan fitur canggih ini, pengisian daya akan berhenti otomatis saat baterai handphone anda penuh.

Selain itu, fitur auto cut juga akan mengamankan gadget anda dari korsleting pada unit power bank romoss.

6. Power Bank Delcell

Power bank delcell memiliki banyak kelebihan, antara lain;

  • setiap powerbank delcell memiliki kapasitas real sesuai dengan yang tertera.
  • memiliki lampu yang sangat terang.
  • dibuat dengan bahan ABS plastik yang kuat terhadap suhu panas.
  • memiliki proteksi keamanan berupa fitur auto cut.

Tipe-tipe pada power bank delcell memiliki desain yang ringan dan tipis. Pembuatannya juga melewati proses quality control yang ketat sehingga produk akhir yang dijual berkualitas tinggi.

7. Power Bank Zola

Merk power bank zola mungkin masih belum begitu dikenal jika dibandingkan dengan merk powerbank lainnya. Meskipun demikian, merk powerbank zola juga memiliki fitur yang mumpuni. Hal ini juga didukung dengan desain yang cantik.

Salah satu tipe nya, powerbank zola corona, memiliki kapasitas yang cukup besar dengan fitur tambahan yang cukup lengkap.

Salah satu fiturnya adalah torch atau lampu. Power bank zola memiliki lampu yang bisa digunakan untuk senter dengan nyala yang cukup terang.

8. Power Bank Hippo

Powerbank Hippo termasuk salah satu merk powerbank yang banyak dibeli masyarakat. Harganya memang cukup murah, dan memiliki feature yang cukup lengkap.

Beberapa keunggulan power bank Hippo antara lain :

  • memiliki garansi yang cukup panjang. Dengan garansi selama 12 bulan, tentunya menjadi nilai lebih tersendiri.
  • memiliki kapasitas real. Apa yang tertulis di setiap tipe, sesuai dengan kondisi aslinya.
  • menggunakan baterai cell yang berkualitas tinggi sehingga lebih tahan lama.
  • adanya fitur protection yang lengkap ; short sircuit protection, over charging protecion, dan temperature protection.
    dilengkapi kabel data berkualitas tinggi.
  • punya sertifikasi standar keamanan Eropa dan Amerika yang bagus dan menjamin kualitas.
  • adanya layanan after sale.

Nah, daftar diatas merupakan daftar merk power bank yang bagus yang kami kumpulkan. Jika anda berniat untuk membeli powerbank, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli salah satu dari merk powerbank terbaik di atas.